Prebiotik dan Probiotik

SehatFresh.com – Manfaat kesehatan dari makanan sumber probiotik seperti yoghurt tentunya sudah sering kita dengar. Mengonsumsi makanan probiotik saja ternyata belum cukup. Agar bakteri baik bisa berkembang biak di dalam usus, kita juga perlu mengonsumsi prebiotik. Saat ini, produk probiotik dan prebiotik digunakan secara luas, untuk pengobatan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Makanan probiotik dan prebiotik dapat meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme yang sehat dalam tubuh.

Tubuh berisi miliaran bakteri yang membantu Anda tetap sehat. Populasi bakteri terbesar dapat ditemukan dalam usus. Bakteri tersebut membantu dalam mencerna makanan. Jika komunitas bakteri dalam usus terganggu, Anda mungkin mengalami masalah saluran pencernaan. Dalam hal ini, makanan atau suplemen sumber probiotik atau prebiotik dipercaya dapat membangun kembali keseimbangan bakteri usus yang sehat.

Menurut World Health Organization, WHO, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang berdampak positif bagi kesehatan. Meski sebagian besar probiotik adalah bakteri, ada juga strain ragi yang bermanfaat bagi tubuh. Anda dapat menemukan probiotik dalam banyak produk makanan, termasuk produk susu dan kedelai yang difermentasikan. Probiotik juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen.

Prebiotik adalah zat yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh. Sederhananya, prebiotik adalah makanan untuk probiotik dan bakteri sehat dalam tubuh. Probiotik mikroorganisme hidup, sedangkan prebiotik tidak hidup. Kebanyakan prebiotik adalah karbohidrat yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Prebiotik dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik yang sudah hidup dalam tubuh serta membantu pertumbuhan dan pemeliharaan probiotik.

Meski memiliki banyak perbedaan, probiotik dan prebiotik memiliki manfaat kesehatan yang sama karena keduanya berperan dalam meningkatkan populasi bakteri sehat dan ragi dalam tubuh. Bakteri sehat dapat membentuk perisai pelindung di saluran pencernaan dari ancaman bakteri dan virus berbahaya. Adanya bakteri yang sehat juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima dan siaga dalam menanggapi berbagai ancaman yang membahayakan kesehatan. Probiotik dan prebiotik sangat berguna untuk mengisi kembali komunitas bakteri sehat setelah gangguan seperti infeksi atau penggunaan antibiotik.

Selama ini, orang cenderung menjadikan yoghurt sebagai sumber probiotik yang utama. Padahal, ada banyak makanan dan minuman lain yang juga mengandung probiotik, yaitu susu kedelai, susu yang difortifikasi, tahu, tempe, kefir dan acar. Untuk sumber prebiotik, Anda dapat memperolehnya secara alami dari buah-buahan dan sayuran seperti tomat, pisang, blueberry, bawang putih dan bawang bombay.

Sumber gambar : heavenlyblush.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY