PROLACTINOMA

DEFINISI
Prolactinoma adalah suatu kondisi di mana biasanya tumor jinak (adenoma) dari kelenjar pituitari di otak kelebihan hormon prolaktin. Efek utama dari peningkatan prolaktin adalah penurunan kadar hormon seks, estrogen dalam perempuan dan testosteron dalam pria.

Walaupun prolactinoma tidak ganas, dapat mengganggu pandangan Anda, menyebabkan ketidaksuburan dan menghasilkan efek lainnya. Prolactinoma adalah salah satu beberapa jenis tumor yang dapat mengembangkan dalam kelenjar di bawah otak Anda.

Dokter seringkali secara efektif memperlakukan prolactinoma dengan obat untuk mengembalikan kadar prolaktin secara normal. Operasi untuk mengangkat tumor hipofisis juga dapat menjadi pilihan untuk mengobati prolactinoma.

GEJALA
Terkadang, mungkin tidak ada terlihat tanda-tanda atau gejala dari prolactinoma. Ketika ada tanda-tanda dan gejala, hal ini mungkin disebabkan oleh prolaktin yang berlebihan dalam darah (hiperprolaktinemia) atau, jika tumor besar, dari tekanan tumor pada jaringan sekitarnya. Karena peningkatan kadar hormon prolaktin menyebabkan gangguan sistem reproduksi (hipogonadisme), beberapa tanda dan gejala prolactinoma yang spesifik untuk perempuan atau laki-laki.

PENYEBAB
Prolactinoma adalah salah satu jenis tumor yang berkembang di kelenjar hipofisis. Penyebab tumor ini masih belum diketahui. Kelenjar pituitari berbentuk kacang , kelenjar kecil ini terletak di dasar otak. Meskipun ukurannya kecil, kelenjar pituitari mempengaruhi hampir setiap bagian dari tubuh Anda. Hormon yang, seperti prolaktin, membantu mengatur fungsi penting seperti pertumbuhan, tekanan darah dan reproduksi. Penyebab lain yang mungkin menyebabkan prolaktin berlebihan termasuk obat-obatan, jenis tumor hipofisis, kelenjar tiroid kurang aktif, cedera dada, kehamilan dan menyusui.

FAKTOR RISIKO
Prolactinomas terjadi paling pada wanita yang beruia antara 20 dan 50 tahun. Gangguan ini langka pada anak-anak.

KOMPLIKASI
Komplikasi prolactinoma termasuk:

  • Kehilangan penglihatan. jika tidak Diobati, prolaktinoma dapat tumbuh cukup besar untuk kompres saraf optik Anda.
  • Hypopituitarism. Dengan prolactinomas lebih besar, tekanan pada kelenjar pituitari normal dapat menyebabkan disfungsi hormone lain yang dikendalikan oleh hipofisis, mengakibatkan hipotiroidisme, insufisiensi adrenal dan kekurangan hormon pertumbuhan.
  • Kehilangan tulang (osteoporosis). Prolaktin terlalu banyak dapat mengurangi produksi hormon estrogen dan testosteron, mengakibatkan penurunan tulang kepadatan dan peningkatan risiko osteoporosis.
  • Komplikasi kehamilan. Selama kehamilan, kelenjar pituitari wanita membesar dan prolaktin produksi meningkat. Seorang wanita yang memiliki prolaktinoma besar dan hamil mungkin mengalami pertumbuhan hipofisis tambahan dan terkait tanda dan gejala, seperti sakit kepala dan perubahan dalam visi.

Jika Anda memiliki prolactinoma dan Anda ingin menjadi atau Anda sedang hamil, diskusikan situasi ini dengan dokter karena penyesuaian dalam perawatan dan pemantauan mungkin diperlukan

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Anda mungkin akan memulai dengan menemui dokter umum atau dokter keluarga anda. Anda kemudian dapat dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam gangguan yang mempengaruhi kelenjar dan hormon (endokrinologi).

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk wawancara, dan untuk mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan yang Anda jadwalkan janji temu.
  • Tuliskan informasi penting mengenai pribadi, termasuk besar tekanan atau perubahan hidup.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin dan suplemen yang Anda konsumsi.
  • Tuliskan pertanyaan yang akan Anda ajukan saat berkonsultasi.

Mempersiapkan daftar pertanyaan dapat membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Untuk prolactinoma, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan adalah:

  • Apa penyebab utama gejala ini?
  • Apakemungkinan penyebab lainya?
  • Jenis tes apa yang saya butuhkan? Apakah tes ini membutuhkan persiapan khusus?
  • Perawatan apa tersedia, dan perawatan mana yang Anda rekomendasikan?
  • Jenis-jenis efek samping apa yang bisa terjadi ?
  • Jika saya mengambil obat, berapa lama saya harus mengkonsumsinya?
  • Apakah ada alternatif pendekatan utama untuk Saya?
  • Jika saya memiliki operasi, apakah prolactinoma akan berulang kembali?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana cara Saya menganinya secara bersamaan?
  • Apakah Saya bisa memiliki seorang anak?
  • Apakah ada alternatif obat-obatan generik yang Anda resepkan untuk Saya?
  • Adakah brosur, media cetak lainya serta website yang dapat Saya pedomani?

Jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan lain.

Apa yang diharapkan dari dokter Anda
Dokter Anda mungkin untuk mengajukan pertanyaan, termasuk:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala ini?
  • Apakah Gejala-gejala Anda berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Apakah Anda mengambil obat untuk kondisi lainnya?
  • Apa yang tampaknya meningkatkan gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

Apakah Anda atau anggota keluarga pernah memiliki tingkat kalsium tinggi, batu ginjal atau tumor dalam kelenjar endokrin lainnya?

TES DAN DIAGNOSIS
Jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala yang menunjukkan Anda memiliki prolactinoma, dokter Anda dapat merekomendasikan:

  • Tes darah. Tes darah dapat mendeteksi prolaktin berlebih akibat tumor hipofisis. Tes darah juga dapat mendeteksi jika kadar hormon lain dikendalikan oleh hipofisis berada dalam kisaran normal. Wanita usia subur juga akan memiliki tes kehamilan.
  • Pencitraan otak. Dokter Anda mungkin mampu mendeteksi tumor hipofisis pada gambar yang dihasilkan oleh scan Pencitraan Resonansi Magnetis (MRI) otak Anda.
  • Tes penglihatan Anda. Tes tersebut dapat menentukan jika pertumbuhan tumor hipofisis memiliki gangguan penglihatan atau visi periferal Anda.

Selain itu, dokter dapat mengarahkan Anda untuk pengujian lebih luas dengan seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati gangguan sistem endokrin (endokrinologi).

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Tujuan pengobatan
Tujuan dalam pengobatan prolactinoma meliputi:

  • Mengembalikan produksi prolaktin ke tingkat normal
  • Memulihkan fungsi normal kelenjar pituitari
  • Menghilangkan galactorrhea
  • Mengurangi ukuran tumor hipofisis
  • Menghilangkan tanda-tanda atau gejala dari tekanan tumor, seperti sakit kepala atau masalah penglihatan

Pengobatan Prolactinoma terdiri dari dua utama terapi, obat-obatan dan pembedahan:

Obat
Obat-obat oral sering dapat mengurangi produksi prolaktin dan menghilangkan gejala. Obat juga dapat mengecilkan tumor. Namun, dalam jangka panjang pengobatan dengan obat biasanya diperlukan.

Dokter menggunakan obat-obatan yang dikenal sebagai dopamin agonis untuk mengobati prolactinoma. Obat ini meniru efek dopamin, kimia otak yang biasanya mengendalikan produksi prolaktin tetapi jauh lebih kuat dan tahan lama. Obat-obatan yang sering diresepkan termasuk bromocriptine (Cycloset, Parlodel) dan cabergoline. Obat ini mengurangi produksi prolaktin dan mungkin mengecilkan tumor dalam kebanyakan orang dengan prolactinoma.

  • Obat-obatan selama kehamilan. Bromocriptine adalah obat pilihan ketika memperlakukan wanita yang ingin mengembalikan kesuburan mereka karena keselamatan dalam kehamilan. Selama kehamilan, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk berhenti minum bromocriptine atau cabergoline.
    Meskipun obat-obat ini dianggap aman dalam kehamilan, dokter umumnya lebih memilih untuk menjaga obat minimal saat Anda sedang hamil. Namun, jika Anda memiliki tumor yang sangat besar, dokter Anda dapat merekomendasikan bahwa Anda terus membawa obat-obatan selama kehamilan Anda untuk mencegah komplikasi dari prolactinoma. Jika Anda sedang dirawat untuk prolactinoma dan Anda ingin memulai sebuah keluarga, akan lebih baik untuk mendiskusikan pilihan Anda dengan dokter sebelum hamil.
  • Efek samping yang umum. Kepala ringan, mual dan hidung tersumbat hidung adalah efek samping umum dari obat-obat ini. Namun, efek samping ini sering dapat diminimalkan jika dokter Anda memulai dengan dosis obat yang sangat rendah dan secara bertahap meningkatkan dosis. Cabergoline memiliki efek samping kurang sering dan kurang parah, tetapi itu lebih mahal daripada bromocriptine dan baru, jadi catatan keamanan jangka panjang yang tidak juga didirikan. Sudah ada kasus yang jarang terjadi kerusakan katup jantung dengan cabergoline. Beberapa orang mungkin juga mengembangkan perilaku kompulsif, seperti perjudian, saat mengambil obat ini.

Jika obat efektif menyusut tumor dan tingkat prolaktin Anda tetap normal selama dua tahun setelah itu, Anda mungkin akhirnya bisa berhenti minum obat. Dokter Anda dapat menawarkan saran ketika ini memungkinkan untuk Anda. Namun, jangan berhenti minum obat tanpa persetujuan dokter Anda.

Operasi
Jika terapi obat untuk pengobatan prolactinoma tidak bekerja atau Anda tidak bisa mentolerir obat, operasi mungkin menjadi pilihan untuk menghilangkan tumor hipofisis. Ini juga mungkin diperlukan untuk mengurangi tekanan pada saraf yang mengontrol pandangan Anda.

Jenis operasi yang Anda miliki sebagian besar bergantung pada ukuran dan perluasan tumor Anda:

  • Operasi transsphenoidal. Kebanyakan orang yang memerlukan pembedahan memiliki prosedur transsphenoidal. Dalam operasi ini, tumor ini dihapus melalui rongga hidung. Komplikasi mulai dari jenis operasi rendah karena ada area lain dari otak tersentuh selama operasi, dan operasi ini tidak meninggalkan bekas luka yang terlihat .
  • Operasi Transcranial. Jika tumor Anda membesar atau telah menyebar ke dekat jaringan otak, Anda mungkin perlu sebuah prosedur transcranial, juga dikenal sebagai kraniotomi. Prosedur ini melibatkan mengakses tumor melalui bagian atas tengkorak.

Hasil dari operasi tergantung pada ukuran dan lokasi tumor dan kadar prolaktin sebelum operasi. Semakin tinggi tingkat prolaktin, lebih kecil kesempatan bahwa produksi prolaktin Anda akan kembali normal setelah operasi. Operasi memperbaiki tingkat prolaktin di kebanyakan orang dengan tumor hipofisis kecil. Namun, banyak hipofisis tumor kembali dalam lima tahun setelah operasi. Untuk orang dengan tumor besar yang hanya dapat sebagian dihilangkan, terapi obat sering dapat kembali tingkat prolaktin ke kisaran normal setelah operasi.

Radiasi
Bagi orang yang tidak menanggapi obat-obatan dan tidak kandidat untuk operasi, terapi radiasi dapat menjadi pilihan.