Proses ‘Pembukaan’ Ketika Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap wanita pasti akan merasakan yang namanya melahirkan. Melahirkan merupakan puncak dari proses kehamilan yang dijalani oleh seorang ibu selama 9 bulan. Melahirkan menjadi momen yang ditunggu-tunggu sekaligus mendebarkan. Bahkan, sebagian besar ibu hamil membayangkan proses panjang yang menyakitkan dan melelahkan.

Bagi anda yang sedang hamil dan masuk dalam bulan akhir kehamilan sebaiknya mengetahui proses-proses pembukaan dalam melahirkan. Sehingga anda tidak merasa takut dengan proses melahirkan karena sudah mengetahui sebelumnya. Berikut proses pembukaan dalam persalinan:

  1. Pembukaan satu

Pembukaan satu merupakan fase yang paling lama karena dapat memakan waktu hingga beberapa hari, bahkan beberapa minggu. Namun bagi ibu hamil yang sudah mengalami beberapa kali melahirkan proses pembukaan satu biasanya hanya 2-6 jam saja. Pada fase ini, mulut rahim ibu akan mulai membuka 1 cm, ibu merasakan nyeri, dan akan keluar lendir yang bercampur darah, dan posisi bayi sudah berada di depan jalur keluarnya namun belum pada posisi yang dapat menembus jalan keluar tersebut. Sehingga pada fase ini ibu hamil disarankan untuk bersantai di rumah sambil mengamati adanya kontraksi.

  1. Pembukaan dua

Mulut rahim sudah membuka 2 cm, Ibu akan merasa nyeri dan mulas. Pada tahap ini keadaan bayi masih sama dengan tahap pembukaan 1. Lamanya waktu mulai 12-14 jam. Bagi kehamilan anak kedua lebih pendek yaitu 6-10 jam.

  1. Pembukaan tiga

Rahim ibu mulai membuka sebanyak 3 cm dan posisi bayi sudah masuk dalam area tulang panggul. Biasanya kontraksi yang dirasakan ibu semakin keras, oleh karena itu pada pembukaan 3 ibu di anjurkan untuk pergi ke klinik.

  1. Pembukaan empat

Pembukaan jalan lahir semakin lebar dan mendekati proses persalinan karena rahim sudah membuka 4 cm. Posisi janin semakin terdorong ke bawah setiap kali terjadi kontraksi.

  1. Pembukaan lima

Mulut rahim bertambah lebar sekitar 5 cm, kontraksi masih berjalan. Kepala janin dalam posisi melintang dan berada di bagian tulang panggul Ibu.

  1. Pembukaan enam

Ibu akan merasakan kontraksi yang sering dan kuat. Selang waktu bisa 2-5 menit. Mulut rahim membuka 6 cm. Kepala janin sepenuhnya telah masuk ke dalam rongga panggul ibu dan sudah dalam diameternya paling besar.

  1. Pembukaan tujuh

Pada tahap ini, kepala bayi menghadap pada bagian anus ibu karena bagian kepala bayi berada di bawah dan melakukan putaran sebesar 90 derajat. Bayi akan segera keluar dari dalam perut. Tahap ini sudah membuat mulut rahim membuka 7 cm.

  1. Pembukaan delapan

Mulut rahim bertambah lebar 8 cm. Ibu memiliki dorongan untuk mengejan. Ibu juga akan semakin banyak mengeluarkan lendir bercampur darah karena pembuluh darah kapiler yang pecah juga semakin banyak. Ibu merasakan kantuk. Kontraksi pada tahap ini semakin kuat sehingga bayi akan semakin mudah keluar dari mulut rahim.

  1. Pembukaan sembilan

Ibu akan mengalami sakit dan mulas yang hebat serta kontraksi yang semakin kuat. Rahim terbuka sebesar 9 cm. Inilah fase hampir akhir dalam proses persalinan menuju pembukaan sempurna. Kepala bayi akan semakin turun ke bawah setiap kontraksi karena sudah berada di rongga panggul.

  1. Pembukaan sepuluh

Merupakan tahap yang dinamakan pembukaan sempurna karena rahim telah terbuka sebesar 10 cm. Kontraksi cepat, kuat dan lama. Air ketuban terus mengalir. Dokter atau bidan akan mulai membimbing ibu untuk mengejan. Keadaan bayi kepalanya mulai terlihat dan siap untuk dilahirkan.(DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY