PSORIASIS

DEFINISI
Psoriasis adalah kondisi kulit yang umum dimana terjadi perubahan siklus hidup sel kulit. Psoriasis menyebabkan pembangunan sel dengan cepat pada permukaan kulit. Sel kulit tambahan berbentuk tebal, keperakan dan gatal, kering, merah yang terkadang terasa menyakitkan. Psoriasis adalah penyakit kronis dan terjadi sukup lama. Mungkin ada saat ketika gejala psoriasis memnaik namun juga ada terlihat lebih buruk.

Tujuan utama dari pengobatan adalah untuk menghentikan sel-sel kulit yang tumbuh begitu cepat. Sementara tidak ada obat untuk mengobatinya, perawatan psoriasis mungkin memberikan bantuan yang cukup berarti. Langkah-langkah gaya hidup, seperti menggunakan krim kortison nonprescription dan mengurangi paparan sinar matahari terhadap kulit Anda, juga dapat memperbaiki gejala psoriasis.

GEJALA
Tanda dan gejala Psoriasis bervariasi dari orang ke orang, tetapi dapat mencakup satu atau lebih hal berikut:

  • Tambalan kulit yang berwarna merah ditutupi dengan lingkaran berwarna perak
  • Bintik-bintik lingkaran kecil (sering terlihat pada anak-anak)
  • Kulit Kering, retak yang mungkin berdarah
  • Rasa Gatal, terbakar atau nyeri
  • Kuku menebal, bergerigi
  • Sendi bengkak dan kaku

Tambalan psoriasis ini dapat muncul dari beberapa tempat seperti lingkaran ketombe untuk letusan besar yang menutupi area yang luas. Kebanyakan jenis psoriasis pergi melalui siklus, pembakaran selama beberapa minggu atau beberapa bulan, kemudian mereda selama waktu atau bahkan menuju tingkat paling atas.

Ada beberapa jenis psoriasis. Diantaranya:

  • Psoriasis Plak. Bentuk yang paling umum, plak psoriasis menyebabkan lesi kulit kering, terkelupas, merah (plak) ditutupi dengan lingkaran yang berwarna seperti perak. Plak akan terasa gatal atau mungkin menyakitkan dan dapat terjadi di mana saja pada tubuh Anda, termasuk pada alat kelamin Anda dan jaringan lunak di dalam mulut Anda. Anda mungkin memiliki plak sedikit atau banyak.
  • Psoriasis Kuku . Psoriasis dapat mempengaruhi kuku tangan dan kuku kaki, yang menyebabkan pitting, pertumbuhan kuku yang tidak normal dan perubahan warnanya. Psoriatis kuku dapat mengakibatkan kuu menjadi longgar dan terpisah (onkolisis). Kasus yang parah dapat menyebabkan kuku hancur.
  • Psoriasis Kulit kepala . Psoriasis di kulit kepala muncul pada daerah-daerah yang menyebabkan gatal dan memerah dengan lingkaran putih di kepala. Daerah merah atau berbunyi bersisik sering melampaui garis rambut. Anda mungkin melihat serpihan kulit mati di rambut Anda atau pada bahu Anda, terutama setelah menggaruk kulit kepala Anda.
  • Psoriasis Guttate. Hal ini terutama mempengaruhi orang dewasa muda dan anak-anak. Hal ini biasanya dipicu oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Hal ini ditandai oleh tetesan air berbentuk luka pada, lengan, kaki dan kulit kepala. Luka ditutupi oleh lingkaran halus dan tidak setebal sebagai khas plak. Anda mungkin memiliki satu wabah yang akan hilang sendiri, atau Anda mungkin memiliki episode berulang.
  • Psoriasis invers. Jenis ini terutama mempengaruhi kulit di ketiak, selangkangan, di bawah payudara dan di sekitar alat kelamin, invers psoriasis menyebabkan tambalan halus kulit yang berwarna merah, meradang. Itu diperparah oleh gesekan dan keringat. Infeksi jamur dapat memicu psoriasis jenis ini.
  • Psoriasis jerawat. Bentuk ini jarang terjadi di pada tambalan yang lebih besar (generalized berjerawat psoriasis) atau di daerah-daerah yang lebih kecil di tangan, kaki atau jari. Umumnya berkembang dengan cepat, dengan lepuh berisi nanah muncul hanya beberapa jam setelah kulit Anda menjadi merah dan mengeras. Lepuh dapat datang dan pergi. Psoriasis berjerawat umumnya juga dapat menyebabkan demam, menggigil, gatal parah dan diare.
  • Erythrodermic psoriasis. Jenis yang paling umum dari psoriasis adalah erythrodermic psoriasis yang dapat menutupi seluruh tubuh dengan dengan warna kemerahan, ruam mengelupas yang menyebakan gatal dan rasa terbakar.
  • Psoriasis arthritis. Selain meradang, kulit bersisik, psoriasis arthritis menyebabkan kuku memar dan bengkak, sendi terasa seperti tipikal arthritis. Berbagai gejala dari yang ringan sampai parah, dan psoriasis arthritis dapat mempengaruhi sendi manapun. Walaupun penyakit ini biasanya tidak melumpuhkan sebagai bentuk lain dari arthritis, namun dapat menyebabkan kekakuan dan kerusakan berlanjut, dan dalam kasus-kasus yang paling serius dapat menyebabkan cacat permanen.

Kapan Anda harus pergi ke Dokter
Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin memiliki psoriasis, segeralah unrk menemui dokter Anda untuk pemeriksaan. Dan Juga, bicarakan dengan dokter jika psoriasis Anda:

  • Meningkat pada punggung Anda yang menyebabkan Anda tidak nyaman dan merasa nyeri
  • Membuat Anda merasa sulit untuk melakukan tugas-tugas rutin
  • Menyebabkan Anda khawatir tentang penampilan kulit Anda
  • Mengarah ke masalah umum, seperti rasa sakit, pembengkakan, atau ketidakmampuan untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari

Carilah saran medis jika tanda-tanda dan gejala memburuk atau tidak membaik dengan perawatan. Anda mungkin perlu obat yang berbeda atau kombinasi dari perawatan untuk mengelola psoriasis.

PENYEBAB
Penyebab psoriasis tidak diketahui sepenuhnya, tetapi diduga terkait dengan masalah sistem kekebalan tubuh dengan sel-sel dalam tubuh Anda. Lebih khusus lagi, satu sel penting adalah jenis sel darah putih yang disebut limfosit T atau sel T. Biasanya, perjalanan sel T ke seluruh tubuh untuk mendeteksi dan melawan zat-zat Asing, seperti virus atau bakteri. Jika Anda memiliki psoriasis, namun, sel T malah menyerang sel-sel kulit yang sehat karena kekeliruan, seolah-olah menyembuhkan luka atau untuk melawan infeksi.

Sel T terlalu aktif sehingga memicu respon imun lainnya. Efeknya termasuk pelebaran pembuluh darah di kulit di sekitar plak dan peningkatan sel darah putih lainnya yang dapat memasuki lapisan luar kulit. Perubahan ini mengakibatkan peningkatan produksi sel-sel kulit yang sehat dan sel T berlebih dan sel darah putih lainnya. Hal ini menyebabkan siklus yang terus-menerus di mana sel-sel kulit baru pindah ke lapisan terluar kulit terlalu cepat-hari daripada seminggu. Kulit mati dan sel darah putih tidak terlepas cukup cepat dan sehingga menyebabkan kulit tebal, tambalan bersisik pada permukaan kulit. Hal ini biasanya tidak berhenti kecuali pengobatan dapat berjalan baik.

Hanya saja apa yang menyebabkan sel T menjadi rusak pada orang dengan psoriasis tidak sepenuhnya diketahui. Para peneliti telah menemukan gen yang dikaitkan dengan perkembangan psoriasis, tetapi faktor lingkungan juga memainkan peran.

Pemicu Psoriasis
Psoriasis biasanya dimulai atau memburuk karena pemicu bahwa Anda mungkin mampu mengidentifikasi dan menghindari. Faktor-faktor yang dapat memicu psoriasis meliputi:

  • Infeksi seperti radang tenggorokan atau infeksi kulit
  • Cedera pada kulit, seperti potongan atau tambalan, gigitan atau terbakar sinar matahari
  • Stres
  • Cuaca dingin
  • Rokok
  • Konsumsi alcohol
  • Obat tertentu , termasuk lithium, yang dianjurkan untuk gangguan bipolar; obat tekanan darah tinggi seperti beta blocker, obat antimalaria, dan iodida.

FAKTOR RISIKO
Siapapun dapat mengembangkan psoriasis, tetapi faktor-faktor ini dapat meningkatkan risiko mengembangkan penyakit ini:

  • Riwayat medis keluarga. Mungkin faktor risiko terpenting untuk psoriasis adalah memiliki riwayat penyakit keluarga. Memiliki salah satu orang tua dengan psoriasis meningkatkan risiko Anda mendapatkan penyakit, dan memiliki dua orang tua dengan psoriasis meningkatkan risiko Anda bahkan lebih.
  • Infeksi virus dan bakteri. Orang yang mengidap HIV lebih mungkin untuk mengembangkan psoriasis daripada orang-orang dengan sistem kekebalan yang sehat. Anak-anak dan dewasa muda dengan infeksi berulang, khususnya radang tenggorokan, juga mungkin pada peningkatan risiko.
  • Stres. Karena stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda, tingkat stres yang tinggi dapat meningkatkan risiko psoriasis.
  • Obesitas. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko psoriasis. Plak yang terkait dengan semua jenis psoriasis sering mengembangkan lipatan kulit.
  • Merokok. Merokok tembakau tidak hanya meningkatkan risiko psoriasis tetapi juga dapat meningkatkan tingkat keparahan penyakit. Rokok juga mungkin memainkan peran dalam perkembangan awal penyakit.

KOMPLIKASI
Jika Anda memiliki penyakit psoriasis, Anda berada pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan penyakit tertentu. termasuk:

  • Psoriasis arthritis. Komplikasi psoriasis ini dapat menyebabkan kerusakan persendian dan hilangnya fungsi dalam beberapa sendi, yang dapat melemahkan.
  • Gangguan mata. Gangguan mata tertentu seperti konjungtivitis, blepharitis, dan uveitis lebih umum terjadi pada orang dengan psoriasis.
  • Obesitas. Orang-orang dengan psoriasis, terutama mereka yang memiliki penyakit yang lebih parah, lebih mungkin menjadi gemuk. Hal ini tidak jelas bagaimana penyakit ini terkait. Peradangan yang terkait dengan obesitas mungkin memainkan peran dalam pengembangan psoriasis. Atau mungkin orang-orang dengan psoriasis lebih cenderung untuk menambah berat badan, mungkin karena mereka kurang aktif karena psoriasis mereka.
  • Diabetes tipe 2. Risiko diabetes tipe 2 meningkat pada orang dengan psoriasis. Psoriasis yang lebih parah , semakin besar kemungkinan jenis 2 diabetes.
  • Tekanan darah tinggi. Peluang untuk mengalami tekanan darah tinggi lebih tinggi untuk orang-orang dengan psoriasis.
  • Penyakit kardiovaskular. Untuk orang dengan psoriasis, risiko serangan jantung hampir tiga kali lebih besar daripada untuk orang-orang tanpa penyakit ini. Risiko denyut jantung tidak teratur dan stroke juga lebih tinggi pada orang-orang dengan psoriasis. Ini bisa jadi karena kelebihan peradangan atau peningkatan risiko obesitas dan faktor risiko lain untuk penyakit kardiovaskular. Beberapa perawatan psoriasis dapat menyebabkan kadar kolesterol yang tidak normal dan meningkatkan risiko pengerasan arteri.
  • Sindrom metabolik. Ini adalah sekelompok kondisi termasuk tekanan darah tinggi, tingkat insulin yang tinggi dan kadar kolesterol yang tidak normal yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Orang dengan psoriasis memiliki risiko sindrom metabolik lebih tinggi.
  • Penyakit autoimun lainnya. Penyakit Celiac, sclerosis dan penyakit inflamasi usus yang disebut penyakit Crohn yang lebih mungkin untuk menyerang orang-orang dengan psoriasis.
  • Penyakit Parkinson. Kondisi neurologis kronis lebih cenderung terjadi pada orang dengan psoriasis.
  • Penyakit ginjal. Tingkat Sedang sampai parah dari psoriasis telah dikaitkan dengan risiko penyakit ginjal lebih tinggi.

Psoriasis juga dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda dengan meningkatkan risiko:

  • Percaya diri yang rendah
  • Depresi
  • Isolasi sosial
  • Masalah di tempat kerja, yang dapat menyebabkan pendapatan lebih rendah

PERSIAPAN SEBELUM BERKONSULTASI
Anda akan mungkin pertama kali melihat dokter keluarga Anda atau dokter umum. Dalam beberapa kasus, Anda dapat dirujuk langsung ke spesialis dalam penyakit kulit (dermatolog). Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapkan diri sebelum wawancara dan untuk mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konsultasi.
  • Buatlah daftar semua obat termasuk vitamin, herbal dan obat –obatan lain yang Anda konsumsi beserta dosisnya.
  • Tuliskan pertanyaan yang akan Anda tanyakan.

Untuk psoriasis, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan kepada dokter dokter Anda meliputi:

  • Apa yang mungkin menyebabkan tanda-tanda dan gejala yang Saya alami?
  • Apakah saya perlu tes diagnostik?
  • Perawatan apa tersedia, dan perawatan mana yang Anda rekomendasikan untuk saya?
  • Jenis efek samping apa yang bisa terjadi dari perawatan ini?
  • Akankah Anda merekomendasikan perawatan yang akan menyembuhkan saya secara total?
  • Seberapa cepat saya dapat mengharapkan hasil perawatan tersebut?
  • Adakah alternatif pendekatan utama yang Anda sarankan untuk Saya?
  • Saya memiliki kondisi medis lainnya. Bagaimana cara menanganinya secara bersamaan?
  • Rutinitas perawatan kulit dan produk apa yang Anda rekomendasikan untuk meringankan gejala saya?

Jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan lain yang Anda miliki.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter mungkin mengajukan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Seberapa sering Anda memiliki gejala-gejala ini?
  • Apakah Gejala-gejala Anda berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Apa yang tampaknya mengurangi gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGNOSIS
Dalam kebanyakan kasus, diagnosis psoriasis cukup sederhana.

  • Pemeriksaan fisik dan riwayat medis. Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis psoriasis dengan mengambil riwayat medis dan memeriksa kulit Anda, kulit kepala dan kuku.
  • Biopsi kulit. Hal ini jarang dilakukan, dokter mungkin mengambil sampel kecil dari kulit (biopsi) yang dikaji di bawah mikroskop untuk menentukan jenis psoriasis dan untuk menyingkirkan gangguan lain. Biopsi kulit umumnya dapat dilakukan di kantor dokter setelah penerapan anestesi lokal.

Kondisi yang dapat terlihat seperti psoriasis

Kondisi lain yang mungkin terlihat seperti psoriasis atau mungkin terjadi pada waktu yang sama seperti psoriasis termasuk:

  • Seborrheic dermatitis. Dermatitis ini ditandai dengan kulit berminyak, bersisik, gatal, dan merah. Ini sering ditemukan pada tubu bidang berminyak, seperti wajah, Bagian atas dada dan punggung. Seborrheic dermatitis juga dapat muncul pada kulit kepala seperti ketombe kepala, gatal.
  • Lichen planus. Ini adalah kondisi peradangan, gatal kulit yang muncul dan gatal, benjolan datar (lesi) pada lengan dan kaki.
  • Kurap tubuh (tinea corporis). Kurap yang disebabkan oleh infeksi jamur pada lapisan atas kulit Anda. Infeksi sering menyebabkan cincin merah, bersisik atau lingkaran ruam.
  • Pityriasis rosea. Kondisi kulit yang umum ini biasanya dimulai sebagai salah satu bintik besar (herald patch) di dada, perut atau punggung, yang kemudian menyebar. Ruam pityriasis rosea sering membentang dari bagian tengah tubuh, dan bentuknya menyerupai terkulai cabang-cabang pohon pinus.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Perawatan Psoriasis bertujuan untuk:

  • Menghentikan sel-sel kulit tumbuh begitu cepat, yang mengurangi peradangan dan pembentukan plak.
  • Menghilangkan sisik dan menghaluskan kulit dengan perawatan topikal yang Anda oleskan pada kulit Anda
    Perawatan Psoriasis dapat dibagi menjadi tiga jenis utama: pengobatan topikal, terapi cahaya dan obat-obatan yang sistemik.

Pengobatan topikal
Krim dan salep yang Anda oleskan untuk kulit Anda dapat secara efektif merawat gejala psoriasis yang ringan sampai sedang. Bila penyakit ini lebih parah, krim cenderung dapat dikombinasikan dengan obat-obat oral atau terapi cahaya. Perawatan topikal psoriasis meliputi:

  • Kortikosteroid topikal. Obat anti-inflamasi ini yang paling sering diresepkan untuk mengobati gejala ringan sampai sedang. Mereka memperlambat sel dengan menekan sistem kekebalan tubuh, yang mengurangi peradangan dan meringankan gatal. Berbagai kekuatan Topikal kortikosteroid dari ringan sampai sangat kuat. Salep Kortikosteroid yang rendah biasanya disarankan untuk daerah yang sensitif, seperti lipatan wajah atau kulit, dan untuk mengobati bercak kulit rusak luas. Dokter dapat meresepkan salep kortikosteroid kuat untuk daerah kecil dari kulit Anda, plak pada tangan atau kaki, atau ketika pengobatan lain gagal. Solusi Obat busa dan kulit kepala tersedia untuk mengobati psoriasis pada kulit kepala. Penggunaan jangka panjang atau berlebihan dari kortikosteroid kuat dapat menyebabkan penipisan kulit dan resistensi terhadap manfaat pengobatan. Untuk meminimalkan efek samping dan untuk meningkatkan efektivitas, kortikosteroid topikal umumnya digunakan pada wabah aktif sampai mereka di bawah kontrol.
  • Vitamin D analog. Bentuk-bentuk sintetis vitamin d memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit. Calcipotriene (Dovonex) adalah resep krim atau larutan yang mengandung vitamin D analog yang dapat digunakan sendiri untuk mengatasi ringan untuk psoriasis moderat atau dalam kombinasi dengan obat-obat topikal atau terapi cahaya lain. Perawatan ini dapat mengiritasi kulit. Kalsitriol (Rocaltrol) mahal tapi mungkin sama-sama efektif dan mungkin kurang mengiritasi daripada calcipotriene.
  • Anthralin. Obat ini diyakini untuk menormalkan aktivitas DNA dalam sel-sel kulit. Anthralin (Dritho-kulit kepala) juga dapat menghapus lingkaran dikulit dan membuat kulit halus. Namun, anthralin dapat mengiritasi kulit, dan noda apa pun akan disentuhnnya, termasuk kulit, pakaian, countertops dan tempat tidur. Untuk alasan itu, dokter sering menganjurkan pengobatan jangka pendek yang memungkinkan krim untuk tinggal pada kulit Anda untuk waktu yang singkat sebelum dicuci.
  • Retinoid topikal. Ini umumnya digunakan untuk mengobati jerawat dan kulit rusak, tapi tazarotene (Tazorac) dikembangkan secara khusus untuk pengobatan psoriasis. Seperti vitamin A derivatif lainnya, itu menormalkan aktivitas DNA dalam sel-sel kulit dan dapat mengurangi peradangan. Efek samping yang paling umum adalah iritasi kulit. Ini mungkin juga meningkatkan kepekaan terhadap sinar matahari, sehingga tabir surya harus dioleskan saat menggunakan obat. Meskipun risiko cacat lahir jauh lebih rendah untuk retinoid topikal daripada untuk lisan retinoid, tazarotene tidak dianjurkan ketika Anda sedang hamil atau menyusui, atau jika Anda ingin memiliki bayi/hamil.
  • Calcineurin inhibitor. Saat ini calcineurin inhibitor-tacrolimus (Prograf) dan pimecrolimus (Elidel), disetujui hanya untuk pengobatan dermatitis atopik, tetapi studi menunjukkan mereka untuk menjadi efektif pada waktu dalam pengobatan psoriasis. Calcineurin inhibitor dianggap mengganggu pengaktifan sel T, yang, pada gilirannya, mengurangi peradangan dan penumpukan plak. Calcineurin inhibitor tidak direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang atau secara terus-menerus karena potensi peningkatan risiko kanker kulit dan limfoma. Mereka mungkin sangat membantu pada kulit tipis, seperti di sekitar mata, dimana krim steroid atau retinoid dapat menyebabkan efek berbahaya.
  • Asam salisilat. Obat ini tesedia dalam bentuk tanpa resep dan dengan resep, asam salisilat membuat proses mati kulit sel dan mengurangi ukuranya. Kadang-kadang hal ini dikombinasikan dengan obat-obatan lainnya, seperti kortikosteroid topikal atau tar batubara, untuk meningkatkan efektivitas. Asam salisilat ini tersedia untuk kulit kepala untuk mengobati psoriasis kulit kepala dan obat shampoo.
  • Tar batubara. Produk sampingan, pembuatan produk minyak dan batubara, tar batubara mungkin adalah pengobatan tertua untuk psoriasis. Mengurangi ukuran, gatal, dan peradangan. Cara kerjanya tidak diketahui secara pasti. Tar batubara memiliki beberapa efek samping, tetapi tidak jelas, menimbulkan noda pakaian dan tempat tidur, dan memiliki bau yang kuat.Tar batubara tersedia dalam bentuk shampoo, krim dan minyak. Hal ini juga tersedia dalam konsentrasi yang lebih tinggi dengan resep. Perawatan ini tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui.
  • Pelembab. Krim pelembab tidak akan menyembuhkan psoriasis, tetapi mereka dapat mengurangi gatal-gatal dan luas kerusakan dan dapat membantu memerangi kekeringan yang dihasilkan dari terapi lain. Pelembab dalam basis salep biasanya lebih efektif daripada krim dan lotion ringan.

Terapi cahaya (fototerapi)
Seperti namanya, perawatan psoriasis ini menggunakan sinar ultraviolet alami. Bentuk sederhana dan termudah fototerapi melibatkan mengekspos kulit yang harus dikontrol untuk jumlah sinar matahari alami. Bentuk lain dari terapi cahaya termasuk penggunaan buatan ultraviolet A (UVA) atau sinar ultraviolet B (UVB) baik sendiri atau dalam kombinasi dengan obat-obatan.

  • Sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) adalah panjang gelombang cahaya dalam berbagai terlalu pendek untuk mata manusia untuk melihat. Ketika terkena sinar UV sinar matahari atau cahaya buatan, sel T diaktifkan di kulit mati. Ini memperlambat omset cell kulit dan mengurangi scaling dan peradangan. Eksposur singkat, untuk sejumlah kecil sinar matahari dapat meningkatkan psoriasis, tetapi paparan sinar matahari yang kuat dapat memperburuk gejala dan menyebabkan kerusakan kulit. Sebelum memulai rejimen sinar matahari, meminta dokter Anda tentang cara paling aman untuk menggunakan sinar matahari alami untuk psoriasis perawatan.
  • Fototerapi UVB. Mengontrol dosis cahaya UVB dari sumber cahaya buatan mungkin meringankan gejala ringan psoriasis sampai moderat. Fototerapi UVB, juga disebut broadband UVB, dapat digunakan untuk mengobati satu patch, luas psoriasis dan psoriasis yang menolak pengobatan topikal. Dalam Jangka pendek efek samping mungkin termasuk kemerahan, gatal dan kering. Menggunakan pelembab dapat membantu mengurangi efek samping ini.
  • Narroew Band UVB terapi. Jenis baru psoriasis perawatan, Narroew Band UVB terapi mungkin lebih efektif dari perawatan UVB broadband. Biasanya diberikan dua atau tiga kali seminggu sampai kulit membaik, maka pemeliharaan mungkin memerlukan sesi hanya mingguan. Narroew Band UVB terapi dapat menyebabkan luka bakar lebih parah dan lebih lama.
  • Terapi Goeckerman. Beberapa dokter menggabungkan UVB dan Rawatan tar batubara, yang dikenal sebagai pengobatan Goeckerman. Terapi keduanya secara bersama-sama lebih efektif daripada sendirian karena tar batubara membuat kulit lebih mudah menerima cahaya UVB. Setelah membutuhkan tiga minggu rawat inap, modifikasi pengobatan asli dapat dilakukan di kantor dokter.
  • Photochemotherapy atau psoralen plus ultraviolet A (PUVA). Photochemotherapy melibatkan mengambil obat sensitif cahaya (psoralen) sebelum paparan sinar UVA. Cahaya UVA menembus lebih dalam ke dalam kulit daripada cahaya UVB, dan psoralen membuat kulit lebih responsif terhadap UVA eksposur. Pengobatan ini lebih agresif secara konsisten meningkatkan kulit dan sering digunakan untuk kasus yang lebih parah dari psoriasis. PUVA melibatkan dua atau tiga perawatan seminggu untuk sejumlah rese mingguan. Dalam Jangka pendek efek samping termasuk mual, sakit kepala, rasa terbakar dan gatal. Efek samping jangka panjang termasuk kulit kering dan keriput, bintik-bintik, dan peningkatan risiko kanker kulit, termasuk melanoma, bentuk kanker kulit paling serius. Karena pengobatan ini membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, penting untuk menghindari paparan sinar matahari sedapat mungkin dan memakai spektrum tabir surya dengan SPF minimal 30. Untuk melindungi mata Anda, memakai kacamata hitam UVA pelindung.
  • Excimer laser. Bentuk terapi cahaya, digunakan untuk gejala ringan sampai sedang, hanya memberikannya pada kulit. Kontrol UVB panjang cahaya gelombang khusus diarahkan plak psoriasis untuk mengontrol luas dan peradangan. Kulit yang sehat sekitar bercak tidak dirugikan. Terapi laser excimer membutuhkan lebih sedikit lesi daripada fototerapi tradisional karena UVB cahaya yang digunakan lebih kuat . Efek samping dapat mencakup kemerahan dan terik.

Obat-obatan oral atau disuntikkan
Jika Anda mengalami psoriasis berat atau tahan untuk jenis lain dari pengobatan, dokter mungkin meresepkan obat-obatan oral atau disuntikkan. Karena efek samping yang parah, beberapa obat-obat ini digunakan untuk periode singkat dan dapat berganti dengan bentuk-bentuk pengobatan lain.

  • Retinoid. Terkait dengan vitamin A, kelompok obat-obatan ini dapat mengurangi produksi sel kulit jika psoriasis dalam tingkat berat yang tidak menanggapi terapi lain. Tanda dan gejala biasanya kembali setelah terapi dihentikan, namun. Efek samping termasuk peradangan bibir dan rambut rontok. Dan karena retinoid seperti acitretin (Soriatane) dapat menyebabkan bayi lahir cacat parah, wanita harus menghindari kehamilan selama setidaknya tiga tahun setelah minum obat.
  • Methotrexate. Dikonsumsi secara oral, methotrexate membantu psoriasis dengan menurunkan produksi sel-sel kulit dan menekan peradangan. Ini juga dapat memperlambat perkembangan psoriatic arthritis pada beberapa orang. Metotreksat umumnya ditoleransi dalam dosis rendah tetapi dapat menyebabkan sakit perut, kehilangan nafsu makan dan kelelahan. Ketika digunakan untuk waktu yang lama, ini dapat menyebabkan beberapa efek samping yang serius, termasuk kerusakan hati yang parah dan penurunan produksi sel darah merah dan putih dan trombosit.
  • Siklosporin. Siklosporin menekan sistem kekebalan tubuh dan mirip dengan methotrexate dalam efektivitas. Seperti obat immunosuppressant lain, siklosporin meningkatkan risiko infeksi dan masalah kesehatan lainnya, termasuk kanker. Siklosporin juga membuat Anda lebih rentan terhadap masalah ginjal dan tekanan darah tinggi-risiko meningkat dengan dosis yang lebih tinggi dan terapi jangka panjang.
  • Obat-obatan yang mengubah sistem kekebalan tubuh (biologi). Beberapa immunomodulator obat disetujui untuk pengobatan moderat untuk psoriasis berat. Mereka termasuk etanercept (Enbrel), infliximab (Remicade), adalimumab (Humira) dan ustekinumab (Stelara). Obat ini diberikan dengan infus intravena, injeksi intramuskular atau injeksi subkutan dan biasanya digunakan untuk orang-orang yang telah gagal untuk menanggapi terapi tradisional atau yang telah terkait psoriasis arthritis. Biologi bekerja dengan menghalangi interaksi antara sel-sel sistem kekebalan tubuh dan jalur inflamasi khusus tertentu. Meskipun mereka sedang berasal dari sumber alami daripada kimia, mereka harus digunakan dengan hati-hati karena mereka memiliki efek yang kuat pada sistem kekebalan tubuh dan dapat mengancam infeksi. Khususnya, orang-orang yang mengambil perawatan ini harus disaring untuk tuberkulosis.
  • Obat lain. Thioguanine dan hydroxyurea (Droxia, Hydrea) adalah obat yang dapat digunakan ketika obat lain tidak bisa diberikan.
  • Obat-obatan eksperimental. Ada sejumlah obat baru yang saat ini sedang diteliti yang memiliki potensi untuk meringankan psoriasis. Beberapa perawatan yang sedang dilakukan termasuk A3 adenosin reseptor agonis; agen reseptor anti-interleukin-17, anti-interleukin-12/23 dan anti-interleukin-17; Janus (JAK) kinase inhibitor; dan phosphodiesterase 4 inhibitor.

Pertimbangan pengobatan
Walaupun dokter memilih perawatan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan psoriasis dan daerah kulit yang terkena, pendekatan tradisional adalah dimulai dengan perawatan lembut, krim topikal dan terapi cahaya ultraviolet (fototerapi) dan kemudian maju ke yang lebih kuat hanya jika diperlukan. Tujuannya adalah untuk menemukan cara yang paling efektif untuk omset cell lambat dengan paling sedikit efek samping.

Meskipun berbagai pilihan, pengobatan yang efektif dari psoriasis dapat menantang. Penyakit tidak terduga, akan melalui siklus perbaikan dan memburuknya, yang mungkin secara acak. Efek dari perawatan psoriasis juga bisa tak terduga, mungkin bekerja dengan baik untuk satu orang dan mungkin tidak efektif untuk orang lain. Kulit Anda juga dapat menjadi kebal terhadap berbagai perawatan dari waktu ke waktu, dan psoriasis perawatan yang paling ampuh dapat memiliki efek samping yang serius. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan, terutama jika Anda sedang tidak atau setelah menggunakan perawatan khusus atau jika Anda mengalami efek samping yang tidak nyaman. Dokter Anda dapat menyesuaikan rencana pengobatan Anda atau memodifikasi pendekatan Anda untuk memastikan control terhadap gejala.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DIRUMAH
Meskipun tindakan bantuan diri tidak akan menyembuhkan psoriasis, mereka dapat membantu meningkatkan tampilan dan nuansa dari kulit yang rusak. Langkah-langkah ini dapat menguntungkan Anda:

  • Mandi sehari-hari. Mandi sehari-hari membantu menghilangkan sisik dan menenangkan kulit yang meradang. Tambahkan minyak mandi, oatmeal koloid, garam Epsom, atau garam laut mati untuk air dan rendam. Hindari air panas dan sabun keras yang dapat memperburuk gejala; Gunakan air hangat dan sabun lembut yang telah ditambahkan minyak dan lemak.
  • Menggunakan pelembab. Gunakan pelembab setelah Anda mandi yang berbasis salep saat kulit masih basah. Untuk kulit sangat kering, minyak mungkin lebih baik, karena mereka memiliki lebih banyak daya tahan dari krim atau lotion dalam melakukan dan lebih efektif untuk mencegah air dari penguapan dari kulit Anda. Cuaca dingin, kering, Anda mungkin perlu untuk menerapkan pelembab beberapa kali sehari.
  • Jangan terlalu banyak terkena paparan sinar matahari. mengontrol jumlah sinar matahari dapat secara signifikan meningkatkan lesi, tapi terlalu banyak dapat memicu atau memperburuk wabah dan meningkatkan risiko kanker kulit. Sebelum memulai program berjemur, tanyakan dokter Anda tentang cara terbaik untuk menggunakan sinar matahari alami untuk merawat kulit Anda. Menyimpan catatan Kapan dan berapa lama Anda berada di matahari untuk membantu menghindari pemaparan berlebih. Dan pastikan untuk melindungi kulit yang sehat, tidak terpengaruh dengan spektrum luas tabir surya dengan SPF minimal 30. Oleskan tabir surya dan gunakan kembali setiap dua jam atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.
  • Menghindari pemicu psoriasis, jika mungkin. Ketahui apa yang memicu gejala Anda, jika ada yang memperburuk psoriasis dan ambil langkah-langkah untuk mencegah atau menghindari mereka. Infeksi, luka kulit, stres, Merokok dan paparan sinar matahari berlebih semua dapat memperburuk psoriasis.
  • Hindari minum alkohol. Konsumsi alkohol dapat menurunkan efektivitas beberapa perawatan psoriasis.

PENGOBATAN ALTERNATIF
Beberapa terapi alternatif mampu meringankan gejala psoriasis, termasuk diet khusus, krim, suplemen dan herbal. Tidak ada yang terbukti efektif. Tetapi beberapa terapi alternatif dianggap umumnya aman dan mereka mungkin akan membantu untuk beberapa orang dalam mengurangi tanda-tanda dan gejala, seperti gatal-gatal :

  • Aloe vera. Diambil dari daun tanaman lidah buaya, krim ekstrak aloe dapat mengurangi kemerahan, gatal-gatal dan peradangan. Anda mungkin perlu untuk menggunakan krim beberapa kali sehari selama satu bulan atau lebih untuk melihat perbaikan di kulit Anda.
  • Minyak ikan. Asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam suplemen minyak ikan dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan psoriasis, meskipun hasil dari studi harus dicampur. Ambil 3 gram atau kurang dari minyak ikan setiap hari umumnya diakui aman, dan Anda dapat menemukan manfaatnya
  • Oregon grape. Juga dikenal sebagai barberry, menggunakan topikal dari Oregon grape dapat mengurangi peradangan dan meringankan gejala psoriasis.

Jika Anda sedang mempertimbangkan suplemen diet atau terapi alternatif lain untuk meringankan gejala psoriasis, berkonsultasilah dengan dokter Anda. Karena dokter dapat membantu Anda menimbang kebaikan dan dampak tertentu dari terapi alternatif.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Mengatasi psoriasis dapat menjadi suatu tantangan, terutama jika penyakit mencakup daerah besar tubuh Anda atau di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh orang lain, seperti wajah dan tangan. Sifat berkepanjangan, penyakit memburuk dan tantangan pengobatan hanya menambah beban.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda mengatasi dan merasa lebih:

  • Mendapatkan pendidikan. Mengetahui sebanyak yang Anda dapat tentang penyakit dan penelitian pilihan pengobatan. Memahami kemungkinan yang memicu penyakit, sehingga Anda dapat lebih baik mencegah kekambuhannya. Mendidik orang-orang di sekitar Anda termasuk keluarga dan teman-sehingga mereka dapat mengenali, mengakui dan mendukung usaha Anda dalam berurusan dengan penyakit.
  • Mengikuti rekomendasi dokter Anda. Jika dokter Anda merekomendasikan perawatan tertentu dan perubahan gaya hidup, pastikan untuk mengikuti mereka. Ajukan pertanyaan jika sesuatu yang tidak jelas.
  • Menemukan kelompok pendukung. Mempertimbangkan bergabung dengan kelompok pendukung dengan anggota lain yang memiliki penyakit. Anda mungkin menemukan kenyamanan dalam berbagi pengalaman dan perjuangan dan bertemu orang-orang yang menghadapi tantangan yang sama. Mintalah dokter Anda untuk informasi mengenai psoriasis kelompok pendukung di daerah Anda atau secara online.
  • Menggunakan cover-ups ketika Anda merasa itu perlu. Pada hari-hari ketika Anda merasa sangat percaya diri, tutupi psoriasis dengan pakaian atau menggunakan produk menutup-nutupi kosmetik, seperti makeup tubuh atau concealer. Produk ini dapat menyembuyikan kemerahan dan plak psoriasis. Mereka dapat mengiritasi kulit, namun, dan tidak boleh digunakan pada luka terbuka, luka tak tersembuhkan.