Puasa dan Berpuasa Menurut Para Ahli Kedokteran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa puasa bukan hanya kewajiban untuk menahan lapar dan haus saja. Tetapi banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat baik dari segi medis atau kesehatan dan non medis.

Kita mendengar bahwa dengan berpuasa dapat melawan segala macam penyakit dan manfaat lainnya. Lalu bagaimana pandangan para ahli kedokteran sendiri tentang puasa tersebut? Berikut puasa menurut para ahli kedokteran :

  1. Alvenia M. Fulton

Seorang peneliti yang merupakan direktur lembaga makanan sehat “Fultonia” asal amerika ini menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa ini menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa dapat menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

  1. Yuri Nikolayev

Beliau menyatakan bahwa puasa dapat membuat orang yang bersangkutan menjadi awet mudaadalah penemuan terbesar pada abad ini. Menurut pendapat beliau penemuan terbesar tersebut adalah kemampuan seseorang dimana dapat membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual melalui puasa yang rasional.

  1. Salah Al-Baqir

Dr Sabah al-baqir dan teman-temannya dari tim fakultas kedokteran Universitas King Saud melakukan penelitian dan mengatakan bahwa puasa dapat mengurangi jumlah hormon yang memicu datangnya stress.

  1. Dr Ahmad Al-Qadhi dan Dr Riyadh Al-Bibabi

Beliau-beliau ini melakukan penelitian di amerika terhadap sejumlah sukarelawan yang berpuasa selama bulan ramadhan. Penelitian tersebut menghasilkan bahwa puasa memiliki pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap sistem kekebalan tubuh. Indikator fungsional sel-sel getah membaik hingga sepuluh kali lipat. Walaupun jumlah sel getah bening tidak berubah, namun presentase jenis getah bening yang bertugas melindungi tubuh dan melawan penyakit yang menyerang tubuh mengalami kenaikan yang pesat.

  1. Allan Cott, M.D

Ilmuan dari Amerika yang telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian dari ilmuwan berbagai negara, bahwa puasa dapat membuat orang merasa lebih baik secara fisik dan mental, melihat dan merasa lebih sehat, membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak, membuat orang bisa lebih mengendalikan seks, membuat badan sehat dengan sendirinya, mengendorkan ketegangan jiwa, menajamkan fungsi indrawi, memperoleh kemampuan mengendalikan diri, serta memperlambat proses penuaan. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY