Puasa dapat Membuat Awet Muda, Benarkah?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sungguh aneh jika ada orang yang ingin sehat dan tampil awet muda, tapi enggan berpuasa. Lho, memangnya kenapa? Puasa terbukti bisa membuat awet muda. Mana buktinya?

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa berpuasa tidak hanya menyehatkan, tetapi juga membuat awet muda dan memperpanjang usia.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa pada orang yang berpuasa, akan terjadi pengurangan MDA (melondealdehida) atau radikal bebas secara signifikan hingga 90%. Bersama dengan itu, puasa meningkatkan produksi antioksidan hingga 15%.

Sudah menjadi pemahaman umum di kalangan pakar, yang disebut awet muda pada dasarnya adalah proses penuaan dini yang dihambat.  Di antara beberapa teori penuaan salah satu yang paling terkenal adalah teori radikal bebas yang muncul pada tahun 1950-an.

Teori itu berbunyi, “Kalau di dalam tubuh kita banyak radikal bebas, maka radikal bebas itu secara seluler (bersifat sel) akan merusak dinding sel. Perusakan dinding sel itu akan mempercepat penuaaan”.

Jadi, di satu sisi radikal bebas itu dipangkas. Di sisi lain, musuh radikal bebas atau antioksidan ditingkatkan. Maka, Anda tak perlu heran lagi mengapa rajin berpuasa bisa bikin seseorang awet muda.

Saat berpuasa, terjadi penurunan tekanan darah, berat badan, dan denyut jantung. Demikian juga terjadi penurunan beberapa jenis hormon, seperti hormon tiroid (T3,T4) dan Insulin sehingga kadar gula darah turun selama puasa.

Namun demikian, terdapat peningkatan beberapa jenis hormon lainnya, seperti Human Growth Hormon (HGH). Hormon ini dikenal sebagai hormon awet muda. Hormon ini akan meningkatkan regenerasi sel dan peremajaan sel-sel tubuh. Alhasil, seseorang akan terlihat lebih muda.

Bagi yang mengalami gangguan tidur dan stres, maka dengan berpuasa, terjadi peningkatan hormon Melatonin. Hormon ini dapat membantu mengatasi masalah tidur dan mengurangi stres. Selain itu, Melatonin merupakan hormon anti penuaan sehingga orang yang berpuasa akan terlihat dan merasa lebih muda dari sebelumnya.

Hal lain yang menyebabkan awet muda adalah adanya pembatasan jumlah kalori makanan. Pembatasan jumlah kalori makanan terbukti dapat memperlambat penuaan serta mencegah penyakit yang biasanya timbul pada orang usia lanjut serta kanker.

Ketika kita berpuasa, terjadi pengurangan jumlah asupan kalori hingga 10%–40% dari kebutuhan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan, dengan mengurangi jumlah kalori, ternyata dapat memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan risiko kanker serta mencegah berkembangnya penyakit, seperti diabetes dan ginjal.

Valter Longo, peneliti utama dari University of Southern California seperti dikutip dari Dailymail.co.uk mengungkapkan, pengurangan asupan kalori yang terjadi saat berpuasa dalam waktu lima hari saja dapat memperlambat proses penuaan atau membuat seseorang awet muda. Selain itu, dapat menurunkan berbagai risiko penyakit, misalnya diabetes, jantung, dan kanker dibanding mereka yang tidak berpuasa. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here