Puasa Dapat Memperbaiki Hormon Testosteron pada Laki-laki

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hormon terstosteron merupakan hormon yang penting bagi laki-laki. Pada umumnya laki-laki memiliki lebih dari cukup hormon testorsteron, tetapi terdapat juga laki-laki yang memiliki kondisi dimana hormon ini di produksi lebih sedikit dibanding biasanya.

Peran hormon testosteron sangat penting terutama bagi sistem reproduksi. Hormon testosteron dapat membantu pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot. Pada sistem endokrin, hormon ini berfungsi sebagai pembentukan suara, jambang dan beberapa bulu dibagian tubuh.

Pada sitem reproduksi, hormon testosteron membantu terjadi pembentukan genital laki-laki pada janin dan pembentukan sperma. Hormon testosteron juga mendorong perubahan fisik dan gairah seksual. Hormon testosteron ini juga mempengaruhi beberapa kebiasaan tertentu seperti hal-hal yang berkaitan dengan dominasi dan agresi.

Laki-laki yang sudah menikah dan sedang mengusahakan kehamilan pada pasangannya, pasti memiliki kekhawatiran ketika puasa datang. Hal ini dikarenakan puasa akan memengaruhi nutrisi makanan yang masuk kedalam tubuh. Namun, ada yang bilang bahwa puasa justru akan memperbaiki kualitas hormon testosteron. Apakah hal ini benar? Simak penjelasan berikut.

Puasa sebenarnya tidak mempengaruhi kualitas sperma pada seorang laki-laki. Ketika menjalankan ibadah puasa ini kesuburan laki-laki tidak akan memberikan dampak negatif. Selama berpuasa pria tetap akan menghasilkan sperma yang sehat, volume sperma pun tidak terjadi penurunan sehingga peluang terjadinya pembuahan akan semakin besar.

Puasa membuat penurunan kadar lemak dalam tubuh secara signifikan dan tidak menurunkan volume sperma pada laki-laki. Saat sedang berpuasa kadar hormon testosteron ini bahkan bisa naik dengan cukup signifikan. Kenaikan hormon ini tentunya akan berdampak pada kesuburan maupun kesehatan laki-laki. Dengan kenaikan testosteron juga akan menaikkan libido dan volume sperma sehingga sperma yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas.

Puasa yang di jalani terkadang membuat orang yang menjalaninya jadi kehilangan banyak kalori, terlepas dari ada atau tidak pengaruh puasa pada kesuburan reproduksi.anda dapat melakukan beberaoa hal untuk meningkatkan kualitas sperma apalagi pada saat bulan puasa seperti saat ini. Anda dapat melakukan beberpa tips berikut untuk membuktikannya :

  • Mempertahankan nutrisi harian seperti sebelum berpuasa. Cukupi kebutuhan kalori, lemak, kalsium dan tidak lupa untuk memilih makanan bergizi seimbang pada saat berbbuka maupun sahur.
  • Anda juga harus memenuhi kebutuhan istirahat anda, karena kesuburan dapat menurun akibat kelelahan dan mengalami stress. Usahakan untuk menghindari kondisi stressdan jangan lupa istirahat dengan cukup setiap harinya.
  • Selain itu, anda juga dapat memenuhi kebutuhan kalori dengan mengonsumi sayur dan buah serta lakukan beberapa olahraga ringan seperti jogging atau berjalan-jalan seengah jam sebelum berbuka.

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here