Puasa Dapat Memperbaiki Pola Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pola tidur adalah pola atau kebiasaan kita mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur. Pola tidur masing-masing orang memiliki perbedaan. Ada yang memiliki pola tidur sehat atau baik dan ada juga yang cenderung pola tidurnya kurang sehat.

Pola tidur kurang sehat pada beberapa orang bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari banyaknya aktivitas yang dilakukan hingga seringnya seseorang melakukan lembur pada pekerjaannya.

Sedangkan pola tidur sehat itu sendiri menurut beberapa penelitian, pola tidur sehat bisa didapatkan dengan melakukan tidur kurang lebih selama 7 jam sehari.

Bagi anda yang bermasalah dengan tidur, jangan khawatir karena ternyata ada cara yang dapat anda gunakan agar pola tidur anda menjadi lebih baik. Caranya yaitu dengan cara menjalankan ibadah puasa.

Puasa ternyata juga memiliki manfaat dalam memperbaiki pola tidur anda selain bermanfaat untuk mencegah tubuh terserang penyakit dan lain sebagainya. Apalagi beberapa hari kedepan kita akan menjumpai bulan ramadhan, dengan itu kita mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki pola tidur kita agar menjadi sehat.

Manfaat puasa dalam memperbaiki pola tidur seseorang disebutkan oleh Dr. E. Kazim. Beliau mengatakan bahwa puasa dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang dan seseorang dapat tidur lebih lelap. Hal tersebut terjadi karena kadar gula darah yang rendah dapat mengarahkan otak ke kondisi tidur yang lebih lelap. Karena itulah tidur selama 2 jam ketika bulan ramadhan terasa lebih menyegarkan dan memuaskan dibandingkan tidur pada waktu lain. Tidur yang lelap penting karena proses perbaikan sel-sel tubuh dan otak terjadi saat anda tertidur.

Studi lainnya seperti yang dilakukan oleh Corby Martin peneliti yang berasal dari Pennington Biomedical Research Centre di Lousiana, beliau melakukan studi terhadap 218 responden. Hasilnya menyatakan bahwa puasa dalam jangka panjang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam studi tersebut, Corby Martin meminta responden agar melakukan pola makan seperti orang yang berpuasa. Dan responden-responden tersebut mengalami penurunan berat badan sebanyak 10 persen.

Selain penurunan berat badan, responden dari penelitian tersebut juga mengalamai perbaikan kualitas hidup termasuk di antaranya yaitu mengalami peningkatan kualitas tidur, kebugaran tubuh, serta dalam aktivitas seksual.

Itulah manfaat puasa dalam memperbaiki pola tidur anda. Agar pola tidur anda baik seperti sebelum dan sesudah melakukan ibadah puasa ramadhan sebaiknya perbaiki pola tidur anda mulai sekarang sehingga tubuh tetap sehat dan tentunya siap untuk menjalankan puasa di bulan ramadhan tahun ini. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here