Puasa Dapat Meningkatkan Kesehatan Organ Reproduksi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak ada hal yang dapat mengalahkan nikmatnya diberi kesehatan sepanjang hidup. Kesehatan ini dianggap sangat penting bagi semua orang. Tentu saja sehat itu penting, mana ada di dunia ini orang yang ingin sakit, pasti semua orang lebih memilih selalu dalam keadaan yang sehat. Karena sehat itu mahal harganya jika kita hitung dalam rupiah.

Sebenarnya untuk mendapatkan kesehatan caranya cukup mudah. Namun kebanyakan orang malas untuk menjalani cara agar sehat karena berbagai alasan seperti malas atau merasa cara tersebut susah untuk diterapkan.

Cara untuk hidup sehat adalah cukup menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah serta hindari atau jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan instant. Selain menjaga asupan makanan ternyata puasa juga dapat digunakan sebagai cara untuk menjaga kesehatan anda.

Apalagi sebentar lagi bulan puasa akan datang. Sehingga anda dapat dengan mudah menjalankan puasa di bulan ramadhan dengan sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan dari puasa tersebut.

Tidak disangka bukan?. Padahal puasa yang anda jalankan selama 30 hari itu adalah menahan lapar dan menahan rasa haus selama seharian, tetapi justru bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat dari puasa untuk kesehatan seperti mengobati penyakit diabetes dan magh.

Selain mengobati penyakit, dengan puasa juga memberikan pengaruh mekanisme terhadap kesehatan jasmani anda meliputi membebaskan tubuh dari racun, memblokir makanan untuk bakteri, virus dan sel kanker, menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh, menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh, memperbaiki fungsi hormon dan meremajakan sel-sel dalam tubuh. Serta perlu anda ketahui ternyata puasa juga dapat meningkatkan alat reproduksi.

Puasa mampu meningkatkan kesehatan alat atau organ reproduksi karena terkait dengan peremajaan sel- sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya.

Menurut para ahli pada laki-laki yang berpuasa akan membuat sirkulasi darah dalam tubuhnya menjadi lancar sehingga organ reproduksi laki-laki memiliki kemampuan ereksi yang menjadi lebih baik. Selain itu, dengan lancarnya sirkulasi darah juga akan membantu dalam proses speratogenesis. Spermatogenesis adalah sebuah proses untuk membentuk sel spermatozoa yang berarti memaksimalkan produksi sperma yang berkualitas. Ada manfaat lain juga seperti kadar hormon testosteron pada laki-laki tetap akan terjaga dengan baik selama menjalankan ibadah puasa ramadhan. Sedangkan pada organ reproduksi wanita, puasa memiliki manfaat dalam meningkatkan tingkat keseuburan reproduksi. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY