Puasa Mampu Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua hal yang diciptakan oleh Allah SWT tidak ada yang tidak memiliki manfaat untuk hambanya. Termasuk ibadah puasa. Pada saat puasa orang akan mengalami penurunan asupan makanan yang biasanya satu hari tiga kali menjadi dua kali. Tetapi justru banyak sekali manfaat yang didapat dari puasa.

Selain adanya pahala yang melimpah. Ternyata puasa ini juga dapat menjadi penyembuh suatu penyakit yang diderita oleh seseorang sebelum ia menjalani ibadah puasa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli ada beberapa contoh penyakit berbahaya yang dapat disembuhkan atau diringankan jika kita menjalani ibadah puasa yaitu gagal ginjal, diabetes, magh dan lain sebagainya.

Ternyata, ada fakta lain yang ditemukan oleh penelitian baru-baru ini bahwa puasa dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Berikut alasan dari puasa dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

  1. Pada pria

Pada umumnya pria akan mengalami kekhawatiran adanya penurunan kualitas sperma pada saat menjalani ibadah puasa karena berkurangnya nutrisi makanan yang dikonsumsi. Namun ternyata itu keliru. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran King Abdul Aziz University di Saudi Arabia, bahwa puasa justru dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Hal itu terjadi karena pada saat melaksanakan ibadah puasa pada pria terjadi perubahan fungsi hormon testoteron menjadi lebih baik. Selain itu, jumlah sperma yang diproduksi juga semakin bertambah ketika puasa. Penelitian ini dilakukan pada 21 orang. Dimana 8 orang dalam kondisi sehat dan normal, 10 orang mengalami kekurangan kesuburan dan 3 orang lainnya adalah mandul. Tetapi justru mereka mengalami peningkatan kesuburan.

  1. Pada Wanita

Peningkatan kesuburan ketika puasa ternyata tidak hanya pada pria, melainkan juga pada wanita. Pada awal puasa memang hormon pad organ reproduksi manusia mengalami penurunan. Tetapi, ketika menginjak hari ke dua sampai ketiga justru hormon reproduksi pada tubuh akan mengalami peningkatan. Hal itu yang dapat menyebabkan adanya peningkatan kesuburan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada orang yang sedang berpuasa, dimana mereka diperlakukan seperti puasa pada biasanya yaitu tetap makan sahur dan berbuka puasa dengan porsi yang cukup. Dan hasilnya yaitu hormon reproduksi seperti FSH dan LH mengalami peningkatan dalam tubuh. Asupan makanan ketika puasa tidak mempengaruhi kesuburan seseorang namun bergantung pada kandungan gizi yang seimbang dan cukup ketika melakukan sahur dan berbuka puasa. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY