PUSING

Definisi
Pusing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan segala sesuatu dari perasaan pingsan atau pusing hingga merasa lemah atau tidak stabil. Pusing yang membuat Anda merasa bahwa Anda atau lingkungan Anda berputar atau bergerak disebut vertigo.

Pusing adalah salah satu alasan paling umum orang dewasa mendatangi dokter – dengan nyeri dada dan kelelahan. Meskipun sering pusing berkala atau pusing konstan mengganggu Anda beraktivitas, pusing jarang mengindikasikan adanya kondisi serius yang mengancam jiwa. Pengobatan pusing tergantung pada penyebab dan gejala, tetapi biasanya efektif.

Gejala
Pusing biasanya dapat lebih khusus digambarkan sebagai salah satu sensasi berikut:

  • Merasa bergerak atau berputar (vertigo)
  • Kepala ringan atau merasa akan pingsan
  • Kehilangan keseimbangan atau kegoyangan (disequilibrium)
  • Sensasi lain seperti mengambang, berenang atau kepala terasa berat

Sejumlah kondisi kesehatan yang mendasarinya dapat menyebabkan masalah ini. Beberapa kondisi ini mengganggu atau membingungkan sinyal otak Anda menerima dari satu atau lebih sistem sensorik Anda, termasuk:

  • Mata, yang membantu Anda menentukan dimana posisi tubuh Anda dan bagaimana ia bergerak
  • Saraf sensorik, yang mengirim pesan ke otak Anda tentang gerakan tubuh dan posisi
  • Telinga bagian dalam, yang merupakan tempat sensor yang membantu mendeteksi gravitasi dan gerak balik dan sebagainya.

Kapan Anda Harus ke Dokter?
Temui dokter Anda jika Anda mengalami pusing berulang atau berat yang tak dapat dijelaskan.
Panggillah bantuan medis darurat 119 atau pergi ke ruang gawat darurat jika Anda mengalami pusing berat atau vertigo bersamaan dengan salah satu dari hal berikut:

  • Cedera kepala yang signifikan
  • Sakit kepala yang baru, yang berbeda atau berat
  • Leher terasa sangat kaku
  • Penglihatan kabur
  • Gangguan pendengaran mendadak
  • Kesulitan berbicara
  • Kaki atau lengan melemah
  • Penurunan kesadaran
  • Jatuh atau kesulitan berjalan
  • Nyeri dada atau detak jantung yang lambat

Penyebab
Cara pusing membuat Anda merasa – seperti sensasi vertigo, perasaan pingsan atau merasa seolah-olah Anda telah kehilangan keseimbangan Anda – memberikan petunjuk untuk kemungkinan penyebabnya. Pemicu tertentu, seperti kegiatan atau posisi tertentu, dapat memberikan petunjuk mengenai penyebab pusing Anda. Durasi setiap episode pusing dan gejala tambahan yang terasa juga dapat membantu menentukan penyebab pasti.

Vertigo
Vertigo biasanya hasil dari perubahan mendadak atau sementara dalam aktivitas struktur keseimbangan dalam telinga bagian dalam (sistem vestibular) atau pada sambungan struktur keseimbangan ke otak. Koneksi ini merasakan gerakan dan perubahan posisi kepala Anda. Duduk atau bergerak dapat membuatnya lebih buruk. Kadang-kadang vertigo yang cukup parah menyebabkan mual, muntah dan masalah keseimbangan. Namun, kabar baik tentang vertigo adalah bahwa hal itu umumnya tidak akan berlangsung lama. Dalam beberapa minggu, tubuh biasanya menyesuaikan dengan apapun yang menyebabkan Anda merasa pusing.

Penyebab vertigo mungkin termasuk:

  • Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). BPPV menyebabkan vertigo yang intens dengan episode singkat segera setelah perubahan posisi kepala, sering ketika Anda bangkit dari tempat tidur atau duduk di pagi hari. BPPV merupakan penyebab paling umum dari vertigo.
  • Peradangan pada telinga bagian dalam. Tanda dan gejala radang telinga bagian dalam Anda (vestibular neuritis akut) meliputi timbulnya vertigo mendadak yang intens dan konstan yang dapat bertahan selama beberapa hari, bersama dengan mual, muntah dan kesulitan dengan menjaga keseimbangan tubuh. Gejala-gejala ini mungkin begitu parah sehingga Anda harus diam di tempat tidur. Bila dikaitkan dengan gangguan pendengaran mendadak, kondisi ini disebut labyrinthitis. Untungnya, neuritis vestibular biasanya mereda dan akan hilang dengan sendirinya. Tapi, pengobatan dini dan terapi rehabilitasi vestibular dapat membantu dalam mempercepat pemulihan.
  • Penyakit Meniere. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan cairan yang berlebihan dalam telinga bagian dalam Anda. Ini ditandai dengan episode vertigo mendadak yang berlangsung selama beberapa jam, disertai dengan fluktuasi gangguan pendengaran, dering di telinga dan perasaan penuh di telinga yang terkena.
  • Migrain vestibular. Migrain lebih parah dari gangguan sakit kepala. Sama seperti beberapa orang yang mengalami visual “aura” saat migrain, yang lain bisa mendapatkan episode vertigo dan mengalami jenis pusing lain karena migrain, bahkan ketika mereka tidak merasakan sakit kepala yang parah. Episode vertigo tersebut bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari dan mungkin terkait dengan sakit kepala serta cahaya dan sensitivitas hidung.
  • Neuroma akustik. Neuroma akustik (schwannoma vestibular) adalah pertumbuhan non-kanker (kenker jinak) pada saraf vestibular, yang menghubungkan telinga bagian dalam ke otak Anda. Gejala neuroma akustik umumnya termasuk kehilangan pendengaran progresif dan tinnitus di satu sisi disertai dengan pusing atau ketidakseimbangan.
  • Penyebab lain. Vertigo bisa menjadi gejala dari masalah neurologis yang lebih serius seperti stroke, pendarahan otak atau multiple sclerosis, namun hal ini jarang terjadi. Dalam kasus tersebut, gejala neurologis lainnya biasanya hadir, seperti penglihatan ganda, bicara cadel, kelemahan wajah atau mati rasa, masalah koordinasi tungkai, atau keseimbangan berat.

Perasaan pingsan
Pusing dapat membuat Anda merasa lemah dan pingsan tanpa kehilangan kesadaran. Kadang-kadang mual, kulit pucat dan disertai perasaan pingsan. Penyebab dari jenis pusing meliputi:

  • Penurunan tekanan darah (hipotensi ortostatik). Penurunan dramatis dalam tekanan darah sistolik Anda – jumlah yang lebih tinggi dalam membaca tekanan darah – dapat menyebabkan sempoyongan atau perasaan pingsan. Hal ini dapat terjadi setelah duduk atau berdiri terlalu cepat.
  • Output darah dari jantung yang tidak memadai. Kondisi tertentu seperti salah satu dari berbagai penyakit otot jantung (kardiomiopati), irama normal jantung (aritmia) atau penurunan volume darah dapat menyebabkan aliran darah yang tidak memadai dari jantung Anda.

Kehilangan keseimbangan (disequilibrium)
Disequilibrium adalah hilangnya keseimbangan atau perasaan kegoyangan ketika Anda berjalan. Penyebabnya mungkin termasuk:

  • Masalah telinga bagian dalam (vestibular). Kelainan pada telinga bagian dalam Anda dapat menyebabkan Anda merasa seperti Anda goyah saat berjalan, terutama dalam gelap.
  • Gangguan sensorik. Gangguan pada mata dan kerusakan saraf di kaki Anda (neuropati perifer) yang umum pada orang dewasa yang lebih tua dan dapat menyebabkan kesulitan menjaga keseimbangan Anda.
  • Masalah sendi dan otot. Kelemahan otot dan osteoarthritis – jenis arthritis yang melibatkan keausan sendi – dapat berakibat pada kehilangan keseimbangan ketika melibatkan sendi tersebut menahan beban.
  • Kondisi neurologis. Berbagai gangguan neurologis dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan secara progresif, seperti penyakit Parkinson dan ataksia cerebellar.
  • Obat. Kehilangan keseimbangan dapat terjadi akibat efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti obat anti-kejang, obat pereda nyeri dan obat penenang.

Sensasi pusing lainnya seperti mengambang, berenang atau kepala terasa berat
Sensasi pusing lainnya yang lebih sulit untuk digambarkan mungkin termasuk perasaan melamun atau memiliki sensasi berputar di dalam kepala Anda. Dokter bisa merujuk ke pusing yang tidak spesifik ini. Beberapa penyebabnya antara lain:

  • Obat. Obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan pingsan jika mereka menurunkan tekanan darah Anda terlalu rendah. Banyak obat lain yang juga dapat menyebabkan perasaan pusing yang hilang ketika Anda meminum obat.
  • Gangguan telinga bagian dalam. Beberapa kelainan pada telinga bagian dalam dapat menyebabkan jenis pusing non-vertigo yang bertahan lama.
  • Gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan tertentu, seperti perasaan panik dan takut meninggalkan rumah atau berada ruang besar yang terbuka (agoraphobia), dapat menyebabkan pusing. Kadang-kadang salah satu penyebab – seperti gangguan vestibular – dapat menyebabkan gejala, tapi kemudian kecemasan yang menyebabkan pusing akan bertahan bahkan setelah masalah telinga bagian dalam Anda telah diselesaikan.
  • Kadar zat besi yang rendah (anemia). Tanda-tanda dan gejala lain yang mungkin terjadi bersamaan dengan pusing jika Anda mengalami anemia termasuk kelelahan, kelemahan dan kulit pucat.
  • Gula darah rendah (hipoglikemia). Kondisi ini umumnya terjadi pada orang dengan diabetes yang menggunakan insulin. Pusing bisa disertai dengan keringat dan kebingungan.
  • Infeksi telinga. Kadang-kadang, infeksi telinga dapat menyebabkan pusing. Jenis pusing ini akan hilang ketika infeksi teratasi.
  • Overheating dan dehidrasi. Jika Anda aktif dalam cuaca panas, atau jika Anda tidak minum cukup cairan, Anda mungkin merasa pusing akibat overheating (hipertermia) atau dehidrasi. Hal ini berlaku terutama jika Anda mengonsumsi obat jantung tertentu. Beristirahat di tempat yang dingin dan minum air mineral atau minuman olahraga (Gatorade, Powerade, dan lain-lain) biasanya akan membantu meringankan rasa pusing.
  • Pusing subjektif kronis. Ini adalah sindrom klinis yang spesifik ditandai dengan pusing berat spesifik yang tidak memiliki penyebab medis yang jelas. Pusing subjektif kronis dikaitkan dengan hipersensitivitas terhadap gerak sendiri. Jenis pusing diperburuk oleh lingkungan yang visual kompleks (seperti toko kelontong), gerak visual (seperti film), pola visual dan presisi tugas visual.

Faktor Risiko
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena pusing meliputi:

  • Usia. Orang yang berusia lebih dari 65 tahun lebih mungkin untuk memiliki kondisi medis yang menyebabkan pusing. Mereka juga lebih mungkin untuk mengonsumsi obat yang dapat menyebabkan pusing.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat, seperti obat penurun tekanan darah, obat anti-kejang, obat pereda nyeri dan obat penenang dapat menyebabkan pusing.
  • Episode pusing yang lalu. Jika Anda pernah mengalami pusing sebelumnya, Anda lebih mungkin untuk mengalami pusing kembali di masa depan.

Komplikasi
Pusing dapat meningkatkan risiko jatuh dan melukai diri sendiri. Mengalami pusing saat mengemudi mobil atau mengoperasikan mesin berat dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan. Anda juga mungkin mengalami konsekuensi jangka panjang, jika kondisi kesehatan yang menyebabkan pusing Anda dibiarkan tanpa diobati.

Persiapan sebelum ke Dokter
Dokter keluarga Anda atau dokter umum mungkin akan dapat mendiagnosa dan mengobati penyebab pusing Anda. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter spesialis seperti spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) atau ahli saraf.
Karena janji berlangsung singkat, dan karena sering ada banyak halangan, merupakan ide yang baik untuk mempersiapkan janji pertemuan Anda dengan baik. Berikut ini beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda, dan apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Mengetahui setiap pembatasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda. Jika Anda dijadwalkan untuk pengujian vestibular, dokter akan memberikan petunjuk tentang obat yang harus dihindari pada malam sebelumnya dan apa yang harus dimakan pada hari tes.
  • Bersiaplah untuk menjelaskan pusing Anda dalam hal tertentu. Bila Anda memiliki sebuah episode pusing, apakah Anda merasa seperti ruang berputar, atau seperti Anda berputar di dalam ruangan? Apakah Anda merasa seperti Anda akan pingsan? Deskripsi Anda tentang gejala ini sangat penting untuk membantu dokter membuat diagnosis.
  • Tuliskan kondisi kesehatan atau gejala lain yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan pusing Anda. Sebagai contoh, jika Anda merasa tertekan atau cemas baru-baru ini, ini adalah informasi penting untuk dokter.
  • Tuliskan informasi pribadi penting, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan yang Anda alami baru-baru ini.
  • Buatlah daftar semua resep dan obat-obatan over-the-counter, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Tuliskan pertanyaan yang ingin ditanyakan pada dokter Anda.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, sehingga mempersiapkan daftar pertanyaan terlebih dahulu akan membuat konsultasi Anda dengan dokter berlangsung efektif. Untuk pusing, beberapa pertanyaan dasar yang dapat ditanyakan kepada dokter Anda meliputi:

  • Apa penyebab paling mungkin dari gejala saya?
  • Apakah ada kemungkinan penyebab lain untuk gejala saya?
  • Apa jenis tes yang saya butuhkan?
  • Apakah masalah ini kemungkinan sementara atau berlangsung lama?
  • Apakah mungkin gejala saya akan sembuh tanpa pengobatan?
  • Apa alternatif pengobatan yang mungkin bisa membantu?
  • Saya memiliki kondisi medis lainnya. Bagaimana saya bisa menangani kondisi ini dengan baik secara bersamaan?
  • Apakah ada batasan yang perlu saya ikuti? Misalnya, apakah aman bagi saya untuk mengemudi?
  • Haruskah saya menemui seorang spesialis?
  • Apakah ada alternatif obat generik untuk obat resep Anda?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang bisa saya bawa pulang? Website apa yang Anda sarankan untuk saya kunjungi?

Apa yang dapat Anda harapkan dari dokter?
Dokter Anda mungkin akan menanyai Anda sejumlah pertanyaan tentang pusing yang Anda alami. Kesiapan Anda untuk menjawabnya memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dan menanyakan setiap poin yang ingin Anda ketahui lebih rinci. Dokter Anda mungkin bertanya:

  • Apakah Anda pusing terus menerus, atau apakah itu terjadi secara berkala atau episode?
  • Jika pusing terjadi sesuai episode, berapa lama episode ini berlangsung?
  • Seberapa sering terjadi episode pusing Anda?
  • Kapan pusing Anda tampaknya terjadi, dan apa yang memicunya?
  • Apakah pusing Anda menyebabkan ruangan berputar atau menyebabkan sensasi gerak?
  • Ketika Anda merasa pusing, apakah Anda juga merasa lemah atau merasa akan pingsan?
  • Apakah pusing menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan?
  • Apakah gejala disertai dengan dering atau penuh pada telinga Anda (tinnitus) atau kesulitan mendengar?
  • Apakah penglihatan Anda kabur?
  • Apakah pusing Anda semakin parah hanya dengan menggerakkan kepala?
  • Obat, vitamin atau suplemen apa yang Anda konsumsi?

Dokter Anda dapat mempersempit kemungkinan penyebab pusing setelah menentukan jenis pusing yang Anda alami, meninjau riwayat kesehatan Anda dan obat-obatan yang Anda konsumsi saat ini, melakukan pemeriksaan fisik, dan memerintahkan tes lebih lanjut berdasarkan tanda-tanda dan gejala.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk sementara?
Jika Anda cenderung merasa pusing ketika Anda berdiri, ambillah waktu Anda untuk melakukan perubahan postur tubuh. Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan atau memperburuk sempoyongan.

Selain itu, jika Anda memiliki episode pusing saat mengemudi, sediakan transportasi alternatif saat Anda sedang menunggu untuk menemui dokter Anda. Mintalah teman-teman, keluarga atau kolega untuk membantu Anda mendapatkan ke dan dari tempat kerja dan kegiatan lain, atau gunakan transportasi umum.

Jika pusing menyebabkan Anda merasa seperti Anda akan jatuh, ambillah langkah-langkah untuk mengurangi risiko Anda. Atur pencahayaan rumah Anda dengan baik dan bebas dari bahaya yang mungkin mengancam. Hindari karpet dan kabel listrik. Tempatkan furnitur jauh dari jangkauan Anda, dan menggunakan tikar non-slip dalam bak mandi dan di lantai kamar mandi.

Tes dan Diagnosis
Untuk menentukan apa yang menyebabkan gejala Anda, Anda mungkin akan diminta untuk menyentuh kepala Anda atau berbaring di sisi tertentu di ruang ujian sehingga dokter dapat mengamati Anda.

Anda mungkin perlu tes tambahan pada laboratorium vestibular dan keseimbangan, termasuk:

  • Tes gerakan mata. Dokter Anda akan mengamati gerak mata Anda ketika Anda melacak benda bergerak. Anda mungkin juga akan diberikan apa yang disebut tes kalori, dimana gerakan mata Anda diamati ketika air dingin dan hangat ditempatkan dalam saluran telinga Anda pada waktu yang berbeda.
  • Tes posturography. Tes ini memberitahu dokter Anda bagian dari sistem keseimbangan yang paling Anda andalkan dan bagian mana yang kemungkinan bermasalah. Anda berdiri dengan kaki telanjang diatas panggung dan mencoba untuk menjaga keseimbangan dalam berbagai kondisi.
  • Pengujian dengan rotary-chair. Selama tes ini, Anda duduk di kursi yang dikendalikan komputer yang bergerak sangat lambat dalam lingkaran penuh. Pada kecepatan lebih cepat, bergerak bolak-balik dalam busur yang sangat kecil.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu magnetic resonance imaging (MRI). Teknik ini menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk menciptakan gambar penampang kepala dan tubuh. Dokter dapat menggunakan gambar yang jelas dan rinci untuk mengidentifikasi dan mendiagnosa berbagai kondisi. MRI dapat dilakukan untuk menyingkirkan neuroma akustik – tumor otak bukan kanker saraf vestibular, yang membawa suara dari telinga bagian dalam ke otak – atau kelainan lainnya di otak yang mungkin menjadi penyebab vertigo.

Bahkan jika tidak ada penyebab yang ditemukan atau jika pusing berlanjut, obat resep dan perawatan lainnya dapat membuat gejala lebih mudah dikelola.

Perawatan dan Obat-obatan
Dokter mendasarkan pengobatan pusing pada penyebab dan gejalanya.

  • BPPV. Pengobatan BPPV melibatkan prosedur sederhana dimana dokter atau ahli terapi fisik memindahkan posisi kepala Anda (canalith reposisi). Prosedur ini biasanya efektif setelah satu atau dua kali perawatan.
  • Kondisi telinga bagian dalam. Latihan keseimbangan (rehabilitasi vestibular) digunakan untuk mengobati neuronitis vestibular akut atau labyrinthitis. Ini adalah latihan yang Anda pelajari dari ahli terapi fisik atau terapi kerja dan kemudian dapat dilakukan di rumah. Untuk memberikan bantuan langsung saat mual dan pusing, dokter mungkin meresepkan obat-obatan seperti meclizine (Antivert) dan diazepam (Valium) atau mungkin merekomendasikan dimenhydrinate (Dramamine), yang tersedia over-the-counternya. Sebuah pengobatan kortikosteroid singkat dapat meningkatkan fungsi vestibular Anda.
  • Penyakit Meniere. Pengobatan penyakit Meniere melibatkan pengurangan retensi tubuh Anda dari cairan melalui penggunaan diuretik dan perubahan diet, seperti diet rendah garam. Kadang-kadang, suntikan melalui gendang telinga atau operasi mungkin direkomendasikan.
  • Migrain vestibular. Untuk memerangi vertigo yang berhubungan dengan migrain vestibular, dokter mungkin akan mencoba untuk membantu Anda menentukan dan menghindari pemicu serangan Anda, fokus pada diet, stres, tidur dan olahraga. Obat-obatan tertentu dapat membantu mencegah serangan migrain vestibular atau dapat mengurangi ketidaknyamanan Anda dengan memberikan bantuan untuk mual dan muntah. Anda juga dapat belajar latihan khusus untuk membantu membuat sistem keseimbangan Anda kurang sensitif terhadap gerakan (rehabilitasi vestibular).
  • Gangguan kecemasan. Dokter Anda mungkin menyarankan obat dan psikoterapi, baik sendiri atau dalam kombinasi, untuk membantu Anda mengatasi kecemasan Anda dan menangani pusing Anda.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Jika Anda mengalami pusing, pertimbangkan tips ini:

  • Sadarilah bahwa pusing bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan, yang dapat menyebabkan jatuh dan cedera serius.
  • Hindari bergerak tiba-tiba.
  • Berdiri perlahan-lahan.
  • Buatlah rumah Anda anti-jatuh dengan menjauhkan benda-benda yang dapat membuat tersandung seperti karpet dan kabel listrik. Menggunakan tikar nonslip pada kamar mandi dan lantai Anda.
  • Duduk atau berbaring segera ketika Anda merasa pusing.
  • Hindari mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin berat jika Anda sering mengalami pusing.
  • Gunakan pencahayaan yang baik di tangga dan dimana Anda berjalan jika Anda keluar dari tempat tidur di malam hari.
  • Berjalan dengan tongkat untuk stabilitas, jika perlu.
  • Hindari mengonsumsi kafein, alkohol dan tembakau. Penggunaan zat ini secara berlebihan dapat memperburuk tanda-tanda dan gejala.