PYODERMA GANGRENOSUM

DEFINISI
Pyoderma gangrenosum adalah suatu kondisi yang langka yang menyebabkan radang (tukak) yang besar dan menyakitkan yang muncul pada kulit Anda, seringkali pada kaki Anda.

Penyebab pyoderma gangrenosum tidak diketahui secara pasti, tetapi tampaknya menjadi gangguan sistem kekebalan tubuh. Orang yang memiliki kondisi tertentu yang mendasari, seperti penyakit inflamasi usus atau rheumatoid arthritis, berada pada risiko pyoderma gangrenosum lebih tinggi.

Pengobatan biasanya mencakup dosis tinggi kortikosteroid, seperti prednison, bersamaan dengan obat lain yang dirancang untuk menekan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini dapat dugunakan selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menyembuhkan borok yang berhubungan dengan pyoderma gangrenosum.

GEJALA
Pyoderma gangrenosum biasanya dimulai dengan benjolan kecil berwarna merah di kulit Anda, yang mungkin menyerupai gigitan laba-laba. Dalam beberapa hari, benjolan ini dapat berkembang menjadi besar, menyebabkan luka terbuka yang terasa sakit. Borok biasanya muncul pada kaki Anda, tetapi dapat mengembangkan di mana saja pada tubuh Anda. Jika Anda memiliki beberapa bisul, mereka dapat tumbuh dan bergabung menjadi satu ulkus lebih besar.

Kapan Anda harus menemui dokter
Bicarakan dengan dokter jika Anda mengembangkan terik pada kulit, gatal ruam atau sakit yang membutuhkan penyembuhan lama.

PENYEBAB
Penyebab pyoderma gangrenosum tidak diketahui dengan baik. Gangguan ini sering dikaitkan dengan kondisi inflamasi, seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn. Jika Anda memiliki pyoderma gangrenosum, trauma kulit yang baru saja terjadi, seperti luka terpotong atau luka tusuk, dapat mengakibatkan pembentukan ulkus baru. Kecenderungan ulkus baru untuk membentuk dari trauma, termasuk operasi, yang dikenal sebagai pathergy.

FAKTOR RISIKO
Pyoderma gangrenosum paling umum terjadi pada orang yang berusia 40-an dan 50-an, tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun. Dan Juga, ini dikaitkan dengan kondisi inflamasi, termasuk:

  • Kolitis ulserativa. Penyakit usus besar menyebabkan peradangan kronis usus besar Anda.
  • Penyakit Crohn. Seperti ulcerative colitis, gejala Crohn menyebabkan peradangan jangka panjang yang dapat terjadi di mana saja sepanjang saluran pencernaan Anda.
  • Rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis mengacu pada kondisi di mana selaput tipis sekitar sendi Anda menjadi sakit dan meradang.

KOMPLIKASI
Borok yang berhubungan dengan pyoderma gangrenosum sering meninggalkan bekas luka.

PERSIAPAN SEBELUM BERKONSULTASI
Anda mungkin akan menemui dokter keluarga Anda atau dokter umum terlebih dahulu. Namun, dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk membuat janji temu, Anda dapat dirujuk segera ke dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati kondisi kulit (dermatolog).

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum berkonsultasi, Anda mungkin ingin menulis daftar yang jawaban beberapa pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala-gejala ini?
  • Apakah Anda memiliki gejala yang sama sebelumnya? Jika demikian, apa pengobatan yang bekerja?
  • Adakah obat-obatan dan suplemen yang Anda konsumsi secara teratur?

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Anda
Dokter Anda mungkin menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk:

  • Apakah Anda memiliki kerusakan kulit, seperti tusukan atau terpotong, di daerah mana yang terasa sakit?
  • Perawatan apa yang telah Anda coba? Apakah bisa membantu?
  • Apakah Anda memiliki kondisi medis inflamasi, seperti penyakit Crohn, kolitis ulseratif, atau rheumatoid arthritis?

TES DAN DIAGNOSIS
Tidak Ada tes yang secara khusus dapat mengkonfirmasi diagnosis pyoderma gangrenosum. Tapi dokter Anda dapat memesan berbagai tes untuk mengesampingkan kondisi lain yang mungkin memiliki tanda-tanda atau gejala yang serupa.

Tes darah
Sampel darah Anda dapat diuji untuk memeriksa:

  • Infeksi
  • Fungsi hati, ginjal dan tiroid
  • Rheumatoid, yang menunjukkan rheumatoid arthritis

Kloaka dan biopsi
Kapas dapat menghapus sampel kecil cairan dari pusat maag untuk menguji jenis infeksi. Biopsi kulit melibatkan menghapus sampel kecil dari kulit yang terkena, sehingga dapat dilihat di bawah mikroskop.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Tergantung pada ukuran dan kedalaman lesi kulit Anda, KULIT Anda dapat sembuh dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Ikuti instruksi dokter Anda dengan hati-hati mengenai perawatan luka. Hal ini sangat penting karena banyak obat-obatan oral yang diresepkan untuk pyoderma gangrenosum menekan sistem kekebalan tubuh, yang meningkatkan risiko infeksi.

Obat
Dosis tinggi kortikosteroid, seperti prednison, adalah andalan pengobatan gangrenosum pyoderma. Efek samping dapat mencakup penipisan tulang, penurunan berat badan, dan peningkatan risiko infeksi. Untuk mengurangi jumlah prednison yang diperlukan, dokter mungkin merekomendasikan bahwa Anda juga mengambil obat-obatan anti penolakan, siklosporin atau obat-obatan yang digunakan lebih umum untuk rheumatoid arthritis.

Operasi
Dalam kebanyakan kasus, operasi bukan pilihan pengobatan yang baik karena trauma pada kulit dapat memperburuk borok yang sudah ada atau merangsang yang baru untuk muncul. Tetapi jika luka pada kulit Anda besar dan memerlukan bantuan dengan penyembuhan, dokter mungkin menyarankan cangkok kulit, sebuah prosedur yang pembedahan melampirkan sepotong kulit asli atau buatan melalui luka terbuka. Ini adalah dilakukan hanya setelah luka peradangan hilang dan ulkus telah mulai sembuh.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Dengan pengobatan, Anda cenderung untuk pulih dari pyoderma gangrenosum. Namun, Anda mungkin merasa stres akan kemungkinan kambuhnya atau bagaimana kulit Anda terlihat. Anda mungkin ingin berbicara dengan seorang konselor atau pekerja medis sosial. Atau mungkin berguna untuk berbicara dengan orang lain yang memiliki pyoderma gangrenosum.

PENCEGAHAN
Anda tidak dapat mencegah pyoderma gangrenosum secara menyeluruh. Jika Anda memiliki jalag, cobalah untuk menghindari luka. Cedera atau trauma kulit dapat memancing borok terbentuknya borok yang baru. Meskipun tidak sepenuhnya efektif, kontrol dari setiap kondisi yang mendasarinya yang dapat menyebabkan bisul mungkin membantu.