Radang Amandel Haruskah Dioperasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Radang amandel (tonsilitis) adalah pembengkakak atau peradangan pada amandel yang terletak pada bagian tenggorokan. Peradangan ini disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri atau virus. Amandel itu sendiri merupakan kelenjar getah bening yang terlihat menonjol pada bagian kanan dan kiri pangkal tenggorokan.

Fungsi amandel sebagai kelenjar getah bening adalah sebagai  benteng pertahanan tubuh dari masuknya virus atau bakteri melalui hidung atau mulut. Radang amandel ini menjadi salah satu penyakit yang rentang terjadi pada anak-anak, meskipun begitu banyak juga orang dewasa yang mengalami radang amandel.

Beberapa gejala radang amandel adalah :

  • Penurunana nafsu makan karena rasa sakit saat menelan
  • Amandel berwarna kemerahan dan membengkak
  • Terdapat bercak putih atau kuning pada amandel
  • Mengalami demam atau menggigil
  • Suara serak dan bau napas tidak sedap
  • Leher terasa kaku hingga sakit telinga atau sakit kepala

Saat terkena infeksi, amandel akan mengalami peradangan. Selain beberapa gejala diatas, anda juga harus mewaspadai beberapa gejala yang mungkin merupakan sebuah komplikasi yang disebabkan oleh amandel. Segera periksa ke dokter jika radang tenggorokan yang tidak kunjung hilang dalam 2 hingga 4 hari, mengalami kesulitan menelan makanan maupun minuman saat radang amandel, kondisi tubuh yang semakin melemah disertai dengan kesulitan bernapas.

Apakah penanganan radang amandel harus dengan operasi?

Penanganan radang amandel akan disesuaikan dengan penyebab dan keparahan kondisi yang diderita. Dalam kasus radang amandel yang tidak terlalu parah dan disebabkan oleh bakteri atau virus adalah dengan menggunakan antibiotik. Ketika amandel sudah tahap parah, maka harus dilakukan tindakan operasi yang bertujuan untuk mengambil sedikit jaringan limfoid pada mulut bagian belakang.

  1. Pemberian Antibiotik

Jika radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus maka pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik. Jenis antibiotik yang sering digunakan adalah penisilin, namun dokter akan memberikan jenis antibiotik lain yang sesuai dengan kondisi tubuhagar tidak mengalami tanda-tanda alergi. Antibiotik harus dikonsumsi sampai habis untuk mencegah resistensi bekteri atau komplikasi.

  1. Operasi

Operasi amandel atau tonsilektomi adalah tindakan bedah untuk mengambil benjolan pada jaringan limfoid (tonsil) yang berada di pangkal mulut. Tindakan operasi dilakukan jika keadaan amandel sudah sangat mengganggu dan mengalami penurunan kondisi tubuh. Kondisi amnadel yang yang memerlukan operasi biasanya memiliki kriteria seperti infeksi tenggorokan berupa amandel karena bakteri Streptococcus, terjadi setidaknya tujuh kali dalam satu tahun, menghambat saluran pernafasan sehingga membuat sulit bernafas. Kesulitan menelan karena nyeri dari radang amandel.

  1. Obat alami

Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati radang amandel, beberapa cara seperti menjaga kecukupan asupan cairan, istirahat cukup, mengonsumsi makanan bertekstur lembut, menghindari merokok ataupun asap rokok dan menghindari makanan atau minuman yang asam. Pengobatan berbahan alami seperti berkumur dengan air garam hangat, teh hangat dan madu, air perasan lemon dan madu, bawang putih, minuman kayu manis, minuman kunyit dan menjaga kelembapan udara agar tenggorokan terasa nyaman.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here