Radang dinding otot jantung (miokarditis)

Miokarditis adalah suatu peradangan pada lapisan tengah dinding jantung (miokardium). Miokarditis biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Tanda dan gejala miokarditis adalah nyeri dada, gagal jantung dan ritme jantung abnormal. Jika miokarditis menjadi parah, maka aksi pemompaan jantung melemah dan jantung tidak mampu menyediakan cukup darah untuk tubuh. Pengobatan untuk miokarditis tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Gejala

Dalam kasus ringan, miokarditis mungkin tidak memperlihatkan gejala. Anda mungkin merasa sakit serta mengalami gejala umum dari infeksi virus dan tidak pernah menyadari bahwa jantung juga terpengaruh. Dalam kasus-kasus serius, tanda dan gejala miokarditis bervariasi tergantung pada penyebab penyakit. Gejala miokarditis umum meliputi:

  • Nyeri dada.
  • Detak jantung abnormal (aritmia).
  • Sesak napas,saat istirahatatau selamaaktivitas fisik.
  • Retensi cairandenganpembengkakanpergelangan kaki dankaki.
  • Gejala infeksi virus seperti sakit kepala, badan nyeri, nyeri sendi, demam, sakit tenggorokan atau diare.

Miokarditis pada anak-anak

Ketika anak-anak mengembangkan miokarditis, mereka mungkin mengalami tanda dan gejala berikut:

  • Kesulitan bernapas.
  • Napas cepat.
  • Kulit menjadi kebiruan atau keabuan.

Kapan harus ke dokter?

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami salah satu dari gejala miokarditis terutama nyeri dada dan sesak napas. Jika Anda sudah memiliki infeksi, waspada untuk gejala miokarditis dan biarkan dokter Anda tahu jika hal tersebut terjadi. Jika Anda memiliki gejala-gejala yang parah, maka Anda perlu mendapat perawatan medis darurat.

Penyebab

Penyebab pasti kasus individu miokarditis tidak teridentifikasi. Potensi penyebab miokarditis antara lain:

  • Virus: Virusyang umumnya terkaitdenganmiokarditis adalah CoxsackievirusB, Adenovirus dan Parvovirus B19. Infeksi saluran pencernaan(echoviruses), mononucleosis (virus Epstein-Barr) dancampak Jerman(rubella) jugamerupakanpenyebabmiokarditis. Miokarditisjuga sering terjadi pada penderita HIV.
  • Bakteri: Banyakbakteridapat menyebabkanmiokarditis, salah satunya staphylococcus yang menyebabkan penyakit difteri. Bakteri tick-borne yang bertanggung jawab untukpenyakitLyme juga dapat menjadi penyebab miokarditis.
  • Parasit: ParasitTrypanosomacruzisepertitoxoplasmadapatmenyebabkankondisi yang disebutpenyakitChagas. Parasit ini juga dikaitkan dengan miokarditis.
  • Jamur: Beberapainfeksiragi(seperti candida), jamur(seperti aspergillus) danjamur lain(seperti histoplasma) juga dapat menyebabkanmiokarditis.

Miokarditis juga kadang-kadang terjadi jika Anda terkena:

  • Obat ataunarkoba,yang dapat menyebabkanreaksi alergiatau beracun. Obat ini meliputi antibiotikseperti penisilindansulfonamide, beberapa obatanti-kejang serta beberapazatilegal seperti kokain.
  • Penyakit lain, seperti lupus, gangguanjaringan ikatdankondisi peradanganlangkasepertigranulomatosisWegener.

Komplikasi

Miokarditis yang parah dapat menyebabkan kerusakan otot jantung permanen yang mengarah ke:

  • Gagal jantung: Jika tidak diobati, miokrditis dapat merusak sampai pada titik di mana jantung tidak dapat memompa darah secara efektif sehingga mengakibatkan gagal jantung. Dalamkasus yang sangat parah, gagal jantung yang terkait miokarditis membutuhkan transplantasi jantung atau jantung buatan.
  • Serangan jantung atau stroke: Jikaotot jantungterlukadantidakbisamemompa darah, darah dapat membanjiri jantung dan membentuk gumpalan. Jika gumpalan memblokir salah satuarterijantung, Anda mungkin akan mengalami serangan jantung. Jikagumpalan darah di jantung bergerak ke arteri yang menuju ke otak, hal tersebut dapat memicu stroke.
  • Aritmia: Kerusakanotot jantungdapatmenyebabkangangguan detak jantung.
  • Kematian tiba-tiba: Jika otot jantung begitu rusak dan menyebabkan aritmia, hal tersebut dapat mengarah ke serangan jantung mendadak. Jikatidak segera diobati, hal tersebut dapat mengakibatkan kematian mendadak karena serangan jantung.

Tes dan diagnosa

Selain mengajukan beberapa pertanyaan, dokter mungkin meminta Anda menjalani satu atau beberapa tes untuk mengkonfirmasi miokarditis dan menentukan keparahan kondisi.

  • Elektrokardiogram(EKG): Tes non invasif ini dapat menunjukkan pola listrik jantung dan mendeteksiiramaabnormalsertaotot jantungyang lemahatau rusak.
  • Holter monitor.: Jika dokter tidak dapat mendeteksimasalah jantung selamaelektrokardiogram, ia mungkinmenyarankan penggunaan holter monitor selama beberapa hari untuk merekam irama jantung. Selama waktu itu, perangkatakanmerekamsemuadetak jantungAnda.
  • Rontgen dada: Rontgen dada memungkinkan dokter untuk memeriksa ukuran dan bentuk jantung, serta mencari cairan di dalam atau di sekitar jantung yang mungkin menunjukkan gagal jantung.
  • Magneticresonance imaging(MRI): MRI jantung dapat menunjukkan ukuran, bentukdan struktur jantung. Tes inidapatmenunjukkan tanda-tandaperadangan padaotot jantungdanmembantu membuatatau mengkonfirmasidiagnosismiokarditis.
  • Ekokardiogram: Gelombang suara atau ultrasound dapat membuatgambar bergerakdaridetak jantung. Ekokardiogramdapatmendeteksipembesaranjantung, fungsimemompayang buruk, masalahkatupatau cairandi sekitar jantung.
  • Tes darah: Tes ini mengukurjumlah seldarah putihdan merah, sertakadar enzimtertentu yangmengindikasikankerusakan padaotot jantung. Tes darahjugadapatmendeteksiantiboditerhadap virusdan organismelain yangmungkin berartiAnda memiliki infeksi yang terkait miokarditis.
  • Kateterisasi jantungdan biopsiendomiokardial: Dalamtes ini, tabung kecil(kateter) dimasukkanke pembuluh darahdikakiatauleherdankemudian diulir ke dalam jantung. Sebuahalat khususdapat menghapussampelkecil jaringanotot jantung(biopsi) untuk analisisdi laboratorium untukmelihat apakah adatanda-tanda peradanganatau infeksi.

Perawatan dan pengobatan

Miokarditis dapat membaik dengan sendirinya atau dengan pengobatan yang mengarah ke pemulihan lengkap. Pengobatan miokarditis berfokus untuk mengobati penyebab yang mendasarinya. Dalam kasus ringan, dokter mungkin mengatakan kepada Anda untuk beristirahat dan mungkin meresepkan obat untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan miokarditis. Jika bakteri menyebabkan infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik. Meskipun obat antivirus tersedia, namun obat tersebut tidak terbukti efektif dalam pengobatan kebanyakan kasus miokarditis. Jenis miokarditis serius seperti seperti giant cell dan miokarditis eosinophilic biasanya menanggapi kortikosteroid atau obat lain untuk menekan respon sistem kekebalan tubuh. Dalam beberapa kasus yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti lupus, pengobatan diarahkan pada penyakit yang mendasari.

Obat untuk membantu jantung

Jika miokarditis menyebabkan gagal jantung atau detak jantung yang cepat dan tidak teratur sebagai gejalanya, Anda mungkin harus menjalani rawat inap. Anda mungkin menerima obat untuk mengatur detak jantung. Jika jantung lemah, dokter mungkin meresepkan obat untuk mengurangi beban kerja jantung atau membantu menghilangkan kelebihan cairan. Obat-obat ini mungkin termasuk:

  • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor: Enalapril(Vasotec), kaptopril(Capoten), lisinopril(Zestril, Prinivil) danramipril(Altace) dapat menenangkan pembuluh darah dijantung danmembantu melencarkan aliran darah.
  • AngiotensinIIreceptor blocker(ARB): Osartan(Cozaar) danvalsartan(Diovan) membantu menenangkan pembuluh darah dijantung dan melancarkan aliran darah.
  • Beta blocker: Metoprolol(Toprol-XL) dancarvedilol(Coreg) bekerjadalam berbagai carauntuk mengobatigagal jantungdanmembantu mengendalikan irama jantung yang cepat dan tidak teratur.
  • Diuretik: Furosemide(Lasix) dapat mengurangi retensi natrium dan cairan.

Miokarditis parah

Dalam beberapa kasus miokarditis yang parah, pengobatan agresif mungkin diperlukan:

  • Obat intravena (IV): Pemberian obat melalui intravena dapat meningkatkan fungsi jantung memompa lebih cepat.
  • Jantung buatan temporer (ventricular assist device): Perangkat dapat ditanamkanataudipakai di luartubuh. Perangkat tersebut mengambil alihbagian dari pekerjaanjantung dalam mengalirkan darah yang masuk dan keluar.
  • Pompa balon intra-aorta: Dalam prosedur ini, balon dimasukkan ke dalam aorta melalui pembedahan. Balon akan dikembangkan dan dikempiskan untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi beban kerja jantung.
  • Extracorporeal membrane oxygenation (ECMO): Jika Anda memiliki gagal jantung berat, dokter kadang merekomendasikan penggunaan perangkat ini untuk memberikan oksigen ke tubuh. Ketika darah dikeluarkan dari tubuh, darah dialirkan melewati membran khusus dalam mesin ECMO untuk menghilangkan karbon dioksida dan menambah oksigen. Darah baru yang beroksigen kemudian kembali ke tubuh. Mesin ECMO mengambil alih kerja jantung. Perawatan ini digunakan untuk memulihkan kondisi sambil menunggu pengobatan lain seperti transplantasi jantung. Dalam kasus yang paling parah, dokter dapat mempertimbangkan transplantasi jantung yang mendesak.

Beberapa orang mungkin memiliki kerusakan kronis dan permanen pada otot jantung yang memerlukan obat seumur hidup, sementara orang lain perlu obat untuk hanya beberapa bulan dan kemudian sembuh sepenuhnya.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Istirahat dan mengurangi beban kerja jantung adalah bagian penting dari pemulihan. Dokter mungkin akan memberitahu jenis aktivitas fisik apa yang dapat Anda lakukan selama beberapa bulan sementara jantung dalam proses pemulihan. Tanyakan kepada dokter Anda bila Anda dapat melanjutkan aktivitas normal.

Jika Anda memiliki kerusakan jantung berkepanjangan, maka sangat penting untuk mengkonsumsi makanan rendah garam, membatasi jumlah cairan yang Anda minum dan menghindari rokok. Dokter akan memberitahu cairan apa yang Anda perlukan serta jumlah garam yang aman bagi Anda.

Pencegahan

Tidak ada cara spesifik yang dapat mencegah miokarditis. Namun pencegahan dapat dilakukan dengan cara:

  • Menghindariorang yang memilikipenyakit virusatauflusampai mereka
  • Mencuci tangan dengan sering adalah cara terbaik untuk membantu mencegahpenyebaranpenyakit.
  • Untuk mengurangi risiko miokarditis yang terkait HIV, maka praktikkan seks aman dan jangan menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Jika Andamenghabiskan waktudi daerah yang penuh kutu, maka kenakanlah kemejalengan panjangdan celanapanjang untuk menutupi kulit.
  • Pastikan Anda mendapatkan imunisasi terbaru yang dianjurkan untuk melindungi terhadaprubelladaninfluenza yang dapatmenyebabkanmiokarditis.