Radang gusi

Radang gusi adalah bentuk umum dan ringan dari penyakit gusi (penyakit periodontal) yang menyebabkan iritasi, kemerahan dan pembengkakan (inflamasi) gusi. Ketika Anda mengalami radang gusi ringan, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki kondisi tersebut. Radang gusi yang serius memerlukan perawatan dengan segera karena radang gusi dapat menyebabkan penyakit gusi (periodontitis) dan kehilangan gigi. Penyebab paling umum dari radang gusi adalah kebersihan mulut yang buruk. Menjaga kebersihan mulut dapat dilakukan dengan cara menyikat setidaknya dua kali sehari, flossing setiap hari dan pemeriksaan gigi secara teratur.

Gejala

Gusi yang sehat adalah gusi yang kenyal dan pucat merah muda. Jika gusi Anda bengkak, merah kehitaman dan mudah berdarah, Anda mungkin memiliki radang gusi. Karena radang gusi biasanya tidak menyakitkan, Anda mungkin tidak menyadarinya.

Tanda dan gejala radang gusi meliputi:

  • Gusi bengkak atau kembung.
  • Penyusutan gusi.
  • Gusi terasa nyeri.
  • Gusi menjadi mudah berdarah ketika Anda menyikat atau menggunakan benang gigi.
  • Warna gusi menjadi merah kehitaman.
  • Bau mulut.

Kapan harus ke dokter?

Banyak dokter gigi merekomendasikan pemeriksaan rutin untuk mengidentifikasi radang gusi, rongga (karies) dan kondisi gigi lainnya sebelum gejala mengganggu dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Jika Anda melihat tanda dan gejala radang gusi, maka segera pergi ke dokter gigi. Perawatan dini dapat mencegah perkembangan radang gusi yang mengarah ke periodontitis.

Penyebab

Penyebab paling umum dari radang gusi adalah kebersihan mulut yang buruk yang mendorong pembentukan plak. Plak adalah lapisan tipis tak terlihat yang dipenuhi bakteri. Plak terbentuk pada gigi ketika pati dan gula dalam makanan berinteraksi dengan bakteri di mulut. Menyikat gigi minimal dua kali sehari dan menggunakan benang gigi setiap hari dapat menghilangkan plak. Plak perlu dihilangkan setiap hari karena pembentukannya sangat cepat, biasanya dalam waktu 24 jam.

Plak yang bersarang di gigi lebih dari dua atau tiga hari dapat mengeras di bawah garis gusi ke dalam karang gigi (kalkulus). Karang gigi juga dapat mengembangkan plak karena kandungan mineral dalam air liur. Karang gigi membuat plak lebih sulit untuk dihapus dan menciptakan perisai pelindung bagi bakteri. Karang gigi biasanya hanya bisa dibersihkan oleh ahli gigi profesional.

Semakin lama plak dan karang gigi bersarang di gigi, maka semakin besar risiko kondisi tersebut mengiritasi bagian dari gusi sekitar pangkal gigi (gingiva). Jika gusi mengalami iritasi, gusi menjadi bengkak dan mudah berdarah. Kerusakan gigi (karies gigi) juga dapat terjadi.

Faktor risiko

Radang gusi umum terjadi dan siapa saja bisa mengembangkannya. Banyak orang mengalami masalah gusi pertama selama masa pubertas dan kemudian dalam berbagai tingkatan sepanjang hidup.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko radang gusi meliputi:

  • Kebersihan mulut yang buruk.
  • Penggunaan tembakau.
  • Kencing manis.
  • Usia yang lebih tua.
  • Penurunan kekebalanakibatleukemia, HIV/AIDSataukondisi lain.
  • Obat-obat tertentu.
  • Infeksi virusdanjamurtertentu.
  • Mulut kering.
  • Perubahan hormon, seperti yangberhubungan dengan kehamilan, siklusmenstruasiatau penggunaanpil KB.
  • Gizi buruk.
  • Penyalahgunaan narkoba.
  • Restorasi gigi yang tidak pas.

Komplikasi

Radang gusi yang tidak diobati dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang menyebar ke jaringan dasar dan tulang (periodontitis) yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan gigi. Periodontitis dan kesehatan mulut yang buruk secara umum juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Hal ini belum sepenuhnya dipahami dan peneliti belum menetapkan apakah penyakit periodontal sebenarnya menyebabkan kondisi ini. Namun, memiliki periodontitis mungkin berhubungan dengan serangan jantung, stroke, penyakit paru dan kelahiran premature atau memiliki bayi dengan berat badan rendah.

Tes dan diagnosa

Dokter gigi biasanya mendiagnosa radang gusi berdasarkan gejala dan pemeriksaan gigi, gusi, mulut dan lidah. Dokter gigi akan mencari plak dan karang gigi pada gigi serta memeriksa gusi untuk kemerahan, bengkak dan mudah berdarah. Jika ternyata belum jelas apa yang menyebabkan radang gusi, dokter mungkin merekomendasikan pemeriksaan medis untuk memeriksa kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Perawatan dan pengobatan

Pengobatan yang tepat biasanya dapat membalikkan gejala radang gusi dan mencegah perkembangan ke penyakit gusi yang lebih serius dan kehilangan gigi. Pengobatan yang efektif membutuhkan perawatan profesional disertai praktik peningkatan kebersihan mulut di rumah.

Perawatan radang gusi profesional meliputi:

  • Evaluasi awaldan pembersihangigimenyeluruhuntuk menghapus semua jejakplakdankarang gigi.
  • Instruksi mengenai teknik menyikat dan menggunakan benang gigi yang efektif di rumah.
  • Pemeriksaan dan pembersihan profesional yang teratur.
  • Memperbaiki mahkotaatautambalan(restorasi gigi) yang membuatkebersihan yang baik menjadi sulit.

Radang gusi biasanya akan hilang setelah pembersihan profesional menyeluruh yang disertai kebersihan mulut yang baik di rumah. Pembersihan profesional awal akan mencakup penggunaan instrumen gigi untuk menghapus semua jejak dari plak dan karang gigi (scaling). Scaling mungkin terasa tidak nyaman, terutama jika gusi sudah sensitif atau Anda memiliki plak dan karang gigi yang luas.

Gigi yang tidak sejajar atau restorasi gigi lainnya dapat mengiritasi gusi dan membuat lebih sulit untuk menghilangkan plak selama perawatan di rumah sehari-hari. Jika masalah dengan gigi atau restorasi gigi berkontribusi terhadap radang gusi, dokter dapat merekomendasikan perbaikan untuk masalah-masalah tersebut.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mencegah dan membalikkan radang gusi meliputi:

  • Pemeriksaan gusi profesional secara teratur dengan jadwal yang direkomendasikan oleh dokter gigi.
  • Menggunakansikat gigi yang lembutdanmenggantinyasetidaknyasetiap tiga sampaiempat bulan.
  • Mempertimbangkan untuk menggunakansikat gigi elektrikyangmungkin lebihefektif menghilangkanplak dankarang gigi.
  • Menyikat gigi dua kali sehari atau lebih baik lagi setiap setelah makan.
  • Menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.
  • Menggunakanobat kumurantiseptik, jika direkomendasikanoleh dokter gigi.
  • Menggunakanpembersihinterdental, sepertitongkatgigiyang dirancang khususuntuk membersihkansela-sela gigi.

Jika Anda konsisten dengan kebiasaan kebersihan yang baik, gusi akan kembali merah muda dan jaringan gusi kembali sehat dalam beberapa hari atau minggu. Anda harus mempraktikkan kebiasaan kebersihan mulut yang baik agar masalah radang gusi tidak kembali.

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah radang gusi adalah program kebersihan gigi yang baik yang dilakukan secara konsisten seumur hidup. Pembersihan lengkap dengan sikat dan benang gigi harus dilakukan tiga sampai lima menit. Pembersihan dengan benang gigi sebelum menyikat gigi membuat pembersihan partikel makanan yang masih tersisa dan bakteri menjadi lebih mudah.

Anda juga perlu melakukakn pembersihan gigi oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi secara teratur setiap enam sampai 12 bulan. Jika Anda memiliki faktor risiko yang meningkatkan pengembangan radang gusi, Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaaan gigi profesional lebih sering.