Radang kandung lendir lutut

Radang kandung lendir lutut adalah peradangan pada bursae yang berlokasi dekat sendi lutut. Bursae merupakan kantung kecil yang mengurangi titik gesekan serta tekanan antara tulang, tendon dan otot-otot di dekat sendi. Setiap lutut memiliki 11 bursae. Semua bursae tersebut dapat meradang. Peradangan bursae lutut paling sering terjadi di atas tempurung lutut atau di bagian dalam lutut di bawah sendi. Radang kandung lender lutut dapat menyebabkan rasa sakit dan membatasi mobilitas Anda. Pengobatan untuk radang kandung lendir lutut biasanya mencakup kombinasi praktek perawatan diri dan perawatan dokter untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Gejala

Tanda dan gejala radang kandung lendir mungkin beragam, tergantung pada bursae yang dipengaruhi dan penyebab pasti dari peradangan tersebut. Secara umum, bagian lutut yang terkena akan terasa hangat, nyeri dan bengkak ketika ditekan. Anda juga mungkin merasa sakit saat Anda bergerak atau bahkan pada saat istirahat. Pukulan keras pada lutut dapat menyebabkan gejala muncul dengan cepat. Tapi kebanyakan kasus radang kandung lendir lutut disebabkan karena cedera berulang sehingga gejala biasanya mulai secara bertahap dan memburuk dari waktu ke waktu.

Kapan harus ke dokter?

Bursae yang terletak di atas tempurung lutut terkadang menjadi terinfeksi. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami demam selain rasa sakit dan bengkak pada lutut.

Penyebab

Radang kandung lendir lutut dapat disebabkan oleh:

  • Tekanan berulang atau berkelanjutan pada lutut.
  • Pukulanlangsung kelutut.
  • Infeksi bakteri padabursae.
  • Komplikasidariosteoarthritis, rheumatoid arthritis atauasam uratpada lutut.

Faktor risiko

Radang kandung kemih adalah keluhan umum, tetapi faktor-faktor berikut dapat meningkatkan resiko terkena gangguan yang menyakitkan ini.

  • Berlutut terlalu lama: Orang-orang yang bekerja dengan berlutut untuk jangka waktu yang lama seperti tukang pipadantukang kebunberada padapeningkatan risiko radang kandung lendir lutut.
  • Partisipasi dalamolahragatertentu: Olahraga yangmengakibatkanpukulanlangsungatau seringjatuh padalututsepertigulat, sepak bola danvolidapat meningkatkan risikoradang kandung lendirlutut. Pelaridapat mengembangkanrasa sakit danperadangan padabursaeanserineyang terletak dibagian dalamlutut di bawah sendi.
  • Obesitas danosteoarthritis: Radang kandung lendir anserine sering terjadipada wanitaobesitasdenganosteoarthritis.

Tes dan diagnosa

Dokter membuat diagnosis radang kandung lendir lutut saat pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa lutut Anda dengan:

  • Membandingkankondisikedua lutut, terutama jikahanya satu yangsakit.
  • Menekan berbagai bidanglutut dengan hati-hati untuk mendeteksikehangatan, pembengkakan dansumber rasa sakit.
  • Menggerakkan kaki dan lutut dalamposisi yang berbedauntuk menentukanrentang gerakdalamsendi lututdanmengidentifikasigerakanyang berhubungan dengan nyeri.

Tes pencitraan

Untuk membantu menyingkirkan cedera yang dapat menyebabkan tanda dan gejala yang mirip dengan radang kandung lendir, dokter mungkin menjalankan satu atau beberapa tes berikut:

  • X-ray: Meskipun tidak dapat memvisualisasikan bursae, X-ray mungkin berguna dalammengungkapkanpatah tulang, tumor atauarthritis.
  • Magneticresonance imaging(MRI): MRImenggunakangelombangradiodanmedan magnet yang kuatuntuk menghasilkangambar struktur dalam tubuh secara rinci. Teknologi inisangatbaik dalam memvisualisasikanjaringan lunaksepertibursae.
  • USG: Dengan menggunakan gelombangsuarauntuk menghasilkan gambarsecara real time, USGdapat membantudokter dalam memvisualisasikanpembengkakan padabursae yang terpengaruh.

Aspirasi

Jika dokter mencurigai Anda memiliki infeksi atau asam urat di bursae, dokter mungkin mengambil sampel cairan bursae untuk pengujian dengan memasukkan jarum ke daerah yang terkena dan menarik beberapa cairan untuk sampel.

Perawatan dan pengobatan

Tergantung pada bagian lutut yang terpengaruh, dokter mungkin merekomendasikan satu atau beberapa pendekatan pengobatan. Jika infeksi telah menyebabkan radang kandung lendir lutut, dokter akan meresepkan pengobatan antibiotik. Dokter mungkin merujuk Anda ke ahli terapi fisik atau spesialis medis olahraga yang dapat membantu Anda belajar latihan yang tepat untuk meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot. Terapi ini dapat meringankan rasa sakit dan mengurangi risiko kambuhnya radang kandung lendir lutut.

Pengobatan yang lebih invasif untuk mengobati radang kandung lendir lutut meliputi:

  • Injeksi kortikosteroid: Jikaradang kandung lendir bersifat persisten dan tidakmenanggapipengobatandasar, dokterdapat mempertimbangkan injeksi obatkortikosteroidlangsung kebursae yang terkena untuk mengurangi peradangan. Peradangan biasanya mereda dengan cepat, namun Anda mungkin mengalami rasa sakit dan pembengkakan dari suntikan selama beberapa hari.
  • Aspirasi: Dokter mungkin melakukan aspirasi pada bursae untukmengurangikelebihan cairandanmengobati peradangan. Dokterakan memasukkanjarumlangsung kebursae yang terpengaruhdan menarikcairan kejarum suntik. Sama halnya dengan injeksi kortikosteroid, aspirasidapat menyebabkanrasa sakit danpembengkakanjangka pendek dan Anda mungkin perlu memakai immobilizer lutut untuk waktu yang singkat setelah injeksi untuk mengurangi kemungkinan pembengkakan berulang.
  • Operasi: Jika Anda memiliki radang kandung lendir kronis yang parah dan tidak merespon pengobatan lain, dokter mungkin menyarankan bursae untuk diangkat melalui pembedahan.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Langkah-langkah untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan radang kandung lendir lutut dapat dilakukan dengan cara:

  • Mengistirahatkan bahu dengan menghentikan aktivitasyang menyebabkanradang kandung lendirlututdan menghindarigerakanyangmemperburukrasa sakit.
  • Menerapkankompres eskelututselama 20menitbeberapa kali seharisampai nyerihilangdanlututtidak lagiterasahangat saat disentuh.
  • Menggunakan pembungkus lutut kompresif untuk membantu mengurangi pembengkakan.
  • Meninggikanlututdenganmenopangkakipadabantal untuk mengurangipembengkakan dilutut.

Pencegahan

Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk menghindari radang kandung lendir lutut atau mencegah kekambuhan:

  • Jika Anda bekerjapadalututatau berpartisipasi dalamolahragayang menempatkanlututpada risiko, gunakan paddingsebagai bantalandan melindungilututAnda.
  • Jika Anda berlutut untuk waktu yang lama, maka beristirahatlah secara teratur untuk meregangkan kaki dan mengistirahatkan lutut.