Radang pembuluh darah kecil dan menengah (henoch schonlein purpura)

Radang pembuluh darah kecil dan menengah (henoch schonlein purpura) adalah gangguan yang menyebabkan peradangan dan pendarahan pada pembuluh darah kecil di kulit, sendi, usus, dan ginjal. Fitur yang paling mencolok dari henoch schonlein purura adalah ruam keunguan biasanya pada kaki bagian bawah dan bokong. Henoch schonlein purpura juga dapat menyebabkan sakit perut dan sakit sendi. Jarang sekali kerusakan ginjal serius dapat terjadi. Meskipun Henoch schonlein purpura dapat menyerang siapa saja, namun kondisi seringkali menyerang anak-anak antara usia 2 dan 6 tahun. Henoch schonlein purpura biasanya membaik sendiri. Perawatan medis umumnya diperlukan jika gangguan tersebut mempengaruhi ginjal.

Gejala

Ada empat karakteristik utama dari Henoch schonlein purpura, meskipun tidak semua orang dengan penyakit ini mengembangkan keempatnya.

  • Ruam(purpura): Titik merah keunguan yang terlihat sepertimemaradalahtanda yang palingkhas danuniversaldari henoch schonleinpurpura. Ruam munculterutama padapantat, tungkai dankaki, tetapi jugadapatmuncul padalengan, wajah sertatungkai danmungkin lebih burukdi daerahtekanansepertigariskaus kakidanpinggang.
  • Bengkak dan nyeri sendi(arthritis): Orang denganhenoch schonleinpurpurasering mengalaminyeri atau pembengkakansendi. Gejala tersebutmeredaketika penyakit
  • Gejala gastrointestinal: Banyakanak-anak denganhenoch schonleinpurpuramengalami gejalagastrointestinalsepertisakit perut, mual, muntahatautinja berdarah. Gejala tersebutkadang terjadisebelum ruam muncul.
  • Keterlibatanginjal: Henoch schonleinpurpurajugadapatmempengaruhi ginjal. Dalamkebanyakan kasus, hal inimuncul sebagaiproteinatau darahdalam urin yang mungkin terdeteksi ketika tes urin. Biasanya hal iniakan hilangsetelahpenyakitberlalu,namundalam beberapakasus, penyakit ginjaldapat berkembang dan bertahan lama.

Kapan harus ke dokter?

Dalam beberapa kasus, henoch schonlein purpura menyebabkan masalah serius pada usus atau ginjal. Temui dokter Anda secepat mungkin jika Anda atau anak Anda mengembangkan ruam khas terkait dengan henoch schonlein purpura.

Penyebab

Dalam henoch schonlein purpura, beberapa pembuluh darah kecil dalam tubuh menjadi meradang yang mengarah ke pendarahan di kulit, sendi, perut dan ginjal. Mengapa peradangan awal ini berkembang masih belum jelas. Ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh respon berlebih dari sistem imun terhadap pemicu tertentu secara keliru.

Hampir separuh orang yang memiliki henoch schonlein purpura mengembangkan penyakit setelah infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek. Pemicu infeksi umum mencakup cacar, radang tenggorokan, campak dan hepatitis. Pemicu lainnya mungkin termasuk obat tertentu, makanan, gigitan serangga atau paparan cuaca dingin.

Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko pengembangan henoch schonlein purpura meliputi:

  • Usia: Penyakit ini mempengaruhi terutama anak-anak dan orang dewasa muda dengan mayoritas kasus terjadi pada anak-anak antara 2 dan 6 tahun.
  • Gender: Henoch schonlein purpura lebih umum terjadi pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan.
  • Ras: Anak-anak berkulit putih dan Asia lebih mungkin untuk mengembangkan henoch schonlein purpura daripada anak-anak berkulit hitam.
  • Musim: Henoch schonlein purpura seringkali menyerang di musim gugur, musim dingin dan musim semi, tapi jarang di musim panas.

Komplikasi

Bagi sebagian besar orang, gejala membaik dalam waktu satu bulan tanpa meninggalkan masalah permanen. Namun gejala bisa saja kambuh.

Komplikasi yang terkait dengan Henoch schonlein purpura meliputi:

  • Kerusakan ginjal: Komplikasi yang palingseriusdarihenoch schonleinpurpuraadalahkerusakan ginjal. Kerusakan yang cukup parah memerlukan prosedur dialisis atautransplantasi ginjal.
  • Obstruksi usus: Henoch schonleinpurpuradapatmenyebabkanintususepsi, yaitu suatu kondisi di manabagiandariususmelipatke dalam dirinya sendiri sehingga menghambat aliran materi di usus.

Tes dan diagnosa

Diagnosis henoch schonlein purpura cukup mudah dibuat jika ruam klasik, nyeri sendi dan gejala gastrointestinal terjadi. Jika beberapa tanda dan gejala tersebut hilang, dokter mungkin menyarankan satu atau beberapa tes berikut:

Tes laboratorium

Meskipun tidak ada tes tunggal dapat mengkonfirmasi henoch schonlein purpura, tes tertentu dapat membantu menyingkirkan penyakit lain dan membuat diagnosis henoch Schonlein menjadi mungkin. Tes tersebut antara lain:

  • Tes darah: Orang yang memilikihenoch schonleinpurpura biasanya memiliki jenis antibodi tertentu dalam tingkat abnormal dalam darah mereka.
  • Tes urin: Urindapat diujiuntuk buktidarah sertauntuk menentukan apakahginjalAndamasih bekerjadengan baik.

Biopsi

Jika ada keraguan mengenai ruam atau jika tes lainnya tidak dapat disimpulkan, dokter akan mengambil sampel kecil dari kulit yang akan diperiksa di bawah mikroskop. Dalam kasus keterlibatan ginjal yang parah, dokter mungkin menyarankan biopsi ginjal untuk membantu keputusan pengobatan.

Tes pencitraan

Dokter mungkin merekomendasikan USG untuk menyingkirkan penyebab lain dari sakit perut dan untuk memeriksa kemungkinan komplikasi seperti obstruksi usus.

Perawatan dan pengobatan

Henoch schonlein purpura biasanya membaik sendiri dalam waktu satu bulan tanpa efek sakit permanen. Istirahat total, banyak minum dan obat pereda nyeri dapat membantu meredakan gejala. Penggunaan kortikosteroid yang kuat seperti prednisone dapat mengobati atau mencegah komplikasi henoch schonlein purpura kontroversial. Obat tersebut sering digunakan untuk mengobati gejala gastrointestinal yang parah. Karena obat ini dapat memiliki efek samping yang serius dan kegunaannya tidak jelas, pastikan untuk mendiskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda. Jika bagian dari usus telah melipat menimpa dirinya sendiri atau pecah, operasi perbaikan akan diperlukan.