Radang Perut

Definisi

Gastritis menggambarkan sekelompok kondisi dengan satu kesamaan: radang selaput perut. Peradangan gastritis yang paling sering hasil dari infeksi dengan bakteri yang sama yang menyebabkan sebagian besar sakit maag. Cedera, biasa menggunakan penghilang rasa sakit tertentu dan minum terlalu banyak alkohol juga dapat berkontribusi untuk gastritis.

Gastritis dapat terjadi tiba-tiba (gastritis akut), atau dapat terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis). Dalam beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan borok dan peningkatan risiko kanker perut. Bagi kebanyakan orang, bagaimanapun, gastritis tidak serius dan meningkatkan cepat dengan pengobatan.

Gejala

Tanda-tanda dan gejala gastritis meliputi :

Menggerogoti atau pembakaran sakit atau nyeri (gangguan pencernaan) di perut bagian atas Anda yang mungkin menjadi baik buruk atau lebih baik dengan makan

  • Mual
  • Muntah
  • Sebuah perasaan penuh di perut bagian atas setelah makan

Gastritis tidak selalu menyebabkan tanda-tanda dan gejala.

Ketika ke dokter

Hampir setiap orang memiliki memiliki gangguan pencernaan dan iritasi lambung. Sebagian besar kasus gangguan pencernaan yang berumur pendek dan tidak memerlukan perawatan medis. Temui dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala gastritis selama seminggu atau lebih. Katakan kepada dokter Anda jika ketidaknyamanan perut Anda terjadi setelah mengambil resep atau over-the-counter obat-obatan, terutama aspirin atau penghilang rasa sakit lainnya.

Jika Anda muntah darah, memiliki darah dalam tinja atau memiliki tinja yang tampak hitam, melihat dokter segera untuk menentukan penyebabnya.

Penyebab

Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung. Kelemahan dalam penghalang lendir berlapis yang melindungi dinding lambung Anda memungkinkan cairan pencernaan Anda merusak dan membakar lapisan perut Anda. Sejumlah penyakit dan kondisi dapat meningkatkan risiko gastritis.

Gastritis dapat terjadi tiba-tiba (gastritis akut) atau secara bertahap dan berlangsung selama jangka waktu yang panjang (gastritis kronis).

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko gastritis meliputi:

Infeksi bakteri. Meskipun infeksi Helicobacter pylori adalah salah satu infeksi manusia yang paling umum di seluruh dunia, hanya beberapa orang yang terinfeksi mengembangkan gastritis atau gangguan perut yang sama. Dokter percaya kerentanan terhadap bakteri dapat diwariskan atau bisa juga disebabkan oleh pilihan gaya hidup, seperti merokok dan tingkat stres yang tinggi.

Biasa menggunakan penghilang rasa sakit. Penghilang rasa sakit umum – seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin IB, orang lain) dan naproxen (Aleve, Anaprox) – dapat menyebabkan baik gastritis akut dan gastritis kronis. Menggunakan penghilang rasa sakit secara teratur atau mengambil terlalu banyak obat ini dapat mengurangi zat kunci yang membantu menjaga lapisan pelindung perut Anda. Masalah perut cenderung berkembang jika Anda mengambil penghilang rasa sakit hanya kadang-kadang. Acetaminophen (Tylenol, others) tidak menyebabkan gastritis.

Usia yang lebih tua. Orang dewasa yang lebih tua memiliki peningkatan risiko gastritis karena lapisan perut cenderung tipis dengan usia dan karena orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin untuk memiliki infeksi H. pylori atau gangguan autoimun daripada orang yang lebih muda.

Penggunaan alkohol yang berlebihan. Alkohol dapat mengiritasi lapisan perut Anda, yang membuat perut Anda lebih mungkin dirugikan oleh cairan pencernaan. Penggunaan alkohol berlebihan lebih cenderung menyebabkan gastritis akut.

 Stres. Stres berat akibat pembedahan besar, luka, luka bakar atau infeksi berat dapat menyebabkan gastritis akut.

 Tubuh Anda sendiri sel menyerang di perut Anda. Disebut gastritis autoimun, jenis gastritis terjadi ketika tubuh Anda menyerang sel-sel yang membentuk lapisan perut Anda. Ini menghasilkan reaksi oleh sistem kekebalan tubuh yang dapat memakai jauh di pelindung perut Anda. Gastritis autoimun lebih sering terjadi pada orang dengan gangguan autoimun lainnya, termasuk penyakit Hashimoto dan diabetes tipe 1. Gastritis autoimun juga dapat dikaitkan dengan kekurangan vitamin B-12.

Penyakit dan kondisi lainnya. Gastritis dapat berhubungan dengan kondisi medis lainnya, termasuk HIV / AIDS, penyakit Crohn dan infeksi parasit.

Komplikasi

Waktu tidak diobati, gastritis dapat menyebabkan radang perut dan pendarahan perut. Jarang, beberapa bentuk gastritis kronis dapat meningkatkan risiko kanker perut, terutama jika Anda memiliki penipisan luas lapisan perut dan perubahan pada sel-sel lapisan ini.

Beritahu dokter jika tanda-tanda dan gejala tidak membaik meskipun pengobatan untuk gastritis.

Mempersiapkan untuk janji pertemuan Anda

Mulailah dengan membuat janji dengan dokter keluarga Anda atau dokter umum. Jika dokter Anda mencurigai gastritis, Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis pada gangguan pencernaan (pencernaan).

Apa yang dapat Anda lakukan

Menyadari pembatasan pra-janji. Ketika Anda membuat janji, tanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda.

Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan yang Anda dijadwalkan janji.

Tuliskan informasi pribadi kunci, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.

Buatlah daftar semua obat, vitamin atau suplemen Anda mengambil.

Mempertimbangkan untuk mengambil seseorang bersama. Seseorang yang menyertai Anda mungkin ingat sesuatu yang Anda tidak terjawab atau lupa.

Tuliskan pertanyaan untuk meminta dokter Anda.

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda membuat sebagian besar waktu Anda dengan dokter Anda. Untuk gastritis, beberapa pertanyaan dasar untuk meminta dokter Anda meliputi :

  • Apa yang mungkin menyebabkan gejala atau kondisi saya?
  • Bisa saja obat saya menyebabkan kondisi saya?
  • Apa kemungkinan penyebab lain untuk gejala atau kondisi saya?
  • Tes apa yang saya butuhkan?
  • Apakah kondisi saya kemungkinan sementara atau kronis?
  • Apa tindakan terbaik?
  • Apa alternatif untuk pendekatan utama Anda menyarankan?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana saya bisa terbaik untuk mengelola mereka bersama-sama?
  • Apakah ada pembatasan yang perlu saya ikuti?
  • Haruskah aku melihat seorang spesialis?
  • Apakah ada alternatif generik untuk obat resep Anda?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang saya dapat mengambil? Situs apa yang Anda rekomendasikan?
  • Apa yang akan menentukan apakah saya harus menjadwalkan kunjungan tindak lanjut?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain.

Apa yang diharapkan dari dokter Anda

Dokter Anda mungkin meminta Anda sejumlah pertanyaan, termasuk :

  • Apa gejala Anda?
  • Seberapa parah adalah gejala Anda? Apakah Anda menggambarkan rasa sakit perut Anda sebagai agak tidak nyaman atau terbakar?
  • Apakah gejala Anda pernah konstan atau sesekali?
  • Tidak apa-apa, seperti makan makanan tertentu, tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Tidak apa-apa, seperti makan makanan tertentu atau mengambil antasid, tampaknya memperbaiki gejala Anda?
  • Apakah Anda mengalami mual atau muntah?
  • Apakah Anda baru saja kehilangan berat badan?
  • Seberapa sering Anda mengambil penghilang rasa sakit, seperti aspirin, ibuprofen atau naproxen?
  • Seberapa sering Anda minum alkohol, dan berapa banyak yang Anda minum?
  • Bagaimana Anda menilai tingkat stres Anda?
  • Apakah Anda melihat ada tinja berwarna hitam atau darah dalam tinja Anda?
  • Apakah Anda pernah memiliki maag?

Apa yang dapat Anda lakukan sementara itu

Sebelum janji Anda, menghindari minum alkohol dan makan makanan yang tampaknya mengiritasi perut Anda, seperti yang pedas, asam, goreng atau lemak. Tapi berbicara dengan dokter Anda sebelum berhenti setiap obat resep Anda mengambil.

Tes dan Diagnosis

Meskipun dokter mungkin mencurigai gastritis setelah berbicara dengan Anda tentang riwayat kesehatan Anda dan melakukan ujian, Anda mungkin juga harus menjalani tes untuk menentukan penyebab pasti. Tes mungkin termasuk :

  • Pengujian H. pylori. Dokter mungkin merekomendasikan tes untuk menentukan apakah Anda memiliki bakteri H. pylori. Jenis tes Anda menjalani tergantung pada situasi Anda. H. pylori dapat dideteksi dalam tes darah, dalam uji tinja atau dengan tes napas. Untuk tes napas, Anda minum segelas kecil jelas, cairan hambar yang mengandung karbon radioaktif. H. pylori bakteri memecah cairan uji di perut Anda. Kemudian, Anda meniup ke dalam kantong, yang kemudian disegel. Jika Anda terinfeksi H. pylori, sampel napas Anda akan berisi karbon radioaktif.
  • Menggunakan ruang lingkup untuk memeriksa sistem pencernaan bagian atas (endoskopi). Selama endoskopi, dokter melewati tabung fleksibel yang dilengkapi dengan lensa (endoskopi) ke tenggorokan Anda dan ke kerongkongan, perut dan usus kecil. Menggunakan endoskopi, dokter Anda mencari tanda-tanda peradangan. Jika daerah yang mencurigakan ditemukan, dokter mungkin menghapus sampel jaringan kecil (biopsi) untuk pemeriksaan laboratorium. Biopsi juga dapat mengidentifikasi adanya H. pylori di lapisan perut Anda.
  • X-ray dari sistem pencernaan bagian atas. Kadang-kadang disebut menelan barium atau seri gastrointestinal atas, seri ini sinar-X menciptakan gambar dari kerongkongan, perut dan usus kecil untuk mencari kelainan. Untuk membuat ulkus lebih terlihat, Anda menelan (barium mengandung), cairan logam putih yang melapisi saluran pencernaan Anda.

Perawatan dan Obat-obatan

Pengobatan gastritis tergantung pada penyebab yang spesifik. Gastritis akut yang disebabkan oleh obat anti-inflammatory drugs atau alkohol dapat dihilangkan dengan menghentikan penggunaan zat tersebut. Gastritis kronis yang disebabkan oleh infeksi H. pylori diobati dengan antibiotik.

Dalam kebanyakan kasus, Anda juga mengambil obat yang mengobati asam lambung untuk mengurangi tanda-tanda dan gejala dan mempromosikan penyembuhan dalam perut Anda.

Obat yang digunakan untuk mengobati gastritis meliputi :

  • Obat antibiotik untuk membunuh H. pylori. Untuk H. pylori di saluran pencernaan Anda, dokter anda dapat merekomendasikan kombinasi antibiotik, seperti klaritromisin (Biaxin) dan amoksisilin atau metronidazol (), untuk membunuh bakteri. Pastikan untuk mengambil resep antibiotik penuh, biasanya selama 10 sampai 14 hari.
  • Obat yang menghalangi produksi asam dan mempromosikan penyembuhan. Inhibitor pompa proton mengurangi asam dengan menghalangi aksi dari bagian-bagian sel yang menghasilkan asam. Obat ini termasuk resep dan over-the-counter obat omeprazole (Prilosec), lansoprazole (Prevacid), rabeprazole (Aciphex), esomeprazole (Nexium), dexlansoprazole (Dexilant) dan pantoprazole (Protonix). Penggunaan jangka panjang dari pompa proton inhibitor, terutama pada dosis tinggi, dapat meningkatkan risiko pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang patah tulang. Tanyakan kepada dokter Anda apakah suplemen kalsium dapat mengurangi risiko ini.
  • Obat untuk mengurangi produksi asam. Blocker asam – juga disebut histamin (H-2) blocker – mengurangi jumlah asam yang dilepaskan ke saluran pencernaan Anda, yang mengurangi rasa sakit gastritis dan mempercepat penyembuhan. Tersedia dengan resep atau over-the-counter, blocker asam termasuk ranitidine (Zantac), famotidine (Pepcid), simetidin (Tagamet) dan nizatidin (Axid).
  • Antasida yang menetralisir asam lambung. Dokter Anda mungkin termasuk antasida dalam rejimen obat Anda. Antasida menetralisir asam lambung yang ada dan dapat memberikan bantuan nyeri yang cepat. Efek samping dapat termasuk sembelit atau diare, tergantung pada bahan utama.

Gaya hidup dan pengobatan rumah

Anda mungkin menemukan beberapa bantuan dari tanda-tanda dan gejala jika Anda :

  • Makan lebih kecil, lebih banyak makanan-sering. Jika Anda sering mengalami gangguan pencernaan, cobalah makan beberapa makanan kecil bukannya tiga yang besar setiap kali Anda bisa.
  • Hindari makanan yang mengiritasi. Hindari makanan yang mengiritasi perut Anda, terutama yang pedas, asam, goreng atau lemak.
  • Hindari alkohol. Alkohol dapat mengiritasi lapisan lendir perut Anda.
  • Mempertimbangkan beralih penghilang rasa sakit. Jika Anda menggunakan penghilang rasa sakit secara teratur, tanyakan kepada dokter Anda apakah acetaminophen (Tylenol, others) dapat menjadi pilihan untuk Anda. Obat ini kurang cenderung memperburuk masalah perut Anda.
  • Mengelola stres. Stres dapat membuat gejala maag Anda buruk. Stres mungkin sulit untuk menghindari, tapi Anda dapat belajar untuk mengatasinya. Jika Anda memiliki kesulitan santai, pertimbangkan kegiatan menenangkan, seperti meditasi, yoga atau tai chi.

Pencegahan

Mencegah infeksi H. pylori

Tidak jelas bagaimana H. pylori menyebar, tapi ada beberapa bukti bahwa hal itu bisa ditularkan dari orang ke orang atau melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari infeksi, seperti H. pylori, dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air dan dengan makan makanan yang telah dimasak sepenuhnya.