Ragam Manfaat Babymoon saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Istilah ‘babymoon’ diperkenalkan oleh Sheila Kitzinger, seorang penulis buku kehamilan dan kelahiran asal Inggris. Menurut Kitzinger, babymoon adalah honeymoon sebelum melahirkan si kecil. Jika honeymoon dilakukan setelah menikah, maka babymoon dilakukan sebelum atau sesudah melahirkan.

Menurut American Congress of Obstetricians Gynecologist (ACOG), waktu terbaik untuk bepergian saat hamil adalah saat usia kandungan 14–28 minggu (trimester kedua). Di masa inilah Anda dan pasangan dapat menikmati ketenangan di tempat-tempat eksotis sebelum menjadi orangtua dan kekurangan waktu tidur demi mengurus bayi.

Dr. Sita Ayu Arumi, SpOG menjelaskan, traveling sah-sah saja dilakukan oleh ibu hamil yang dikenal dengan nama babymoon. Apalagi, babymoon memberikan dampak yang positif untuk keluarga, bukan untuk ibu saja.

“Biasanya, banyak pasangan yang menikah dan langsung hamil. Dengan babymoon, memberi kesempatan quality time bersama suami dengan ikatan yang lebih kuat karena ada bayi di dalam perut ibu. Itu akan tercipta hubungan yang harmonis,” ujarnya.

Trimester kedua bisa dibilang adalah saat kondisi kandungan tidak begitu mengkhawatirkan. Menurut Holly S. Puritz, MD dari ACOG, Anda harus berhenti traveling saat usia kandungan Anda menginjak 32 minggu. Di usia ini, Anda sebaiknya tidak pergi terlalu jauh dari tempat yang Anda rencanakan untuk melahirkan.

Ibu hamil juga harus mengetahui dengan benar jenis kegiatan wisata apa yang dilakukan saat babymoon. Selama perut belum terlalu besar, tidak masalah apabila mau trekking. Tapi seiring waktu, perut akan terus membesar dan harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh.

Selain itu, pakaian dan sepatu juga harus diperhatikan. Pilihlah pakaian dan sepatu yang nyaman dan pas dipakai. Selain menambah mood bagus, sepatu yang nyaman akan meminimalisir cedera dan membuat ibu hamil tak kesulitan untuk berjalan.

Lantas, apa saja manfaat babymoon? Manfaatnya banyak, bagi ibu hamil ataupun ibu yang baru saja melahirkan si Kecil. Pasangan Anda pun juga dapat merasakan manfaatnya, lho. Di bawah ini beberapa manfaat positif dari babymoon:

Saat hamil

  • Membuat ibu hamil lebih rileks dalam menghadapi persalinan.
  • Babymoon dapat membantu Anda melarikan diri dari kepenatan dan rutinitas selama kehamilan.
  • Menjalin hubungan yang lebih romantis dengan pasangan sebelum si kecil lahir.
  • Meningkatkan ikatan batin antara Anda, pasangan, dan janin.
  • Saat babymoon, Anda dapat fokus merawat diri Anda.
  • Membuat masa-masa kehamilan Anda menjadi sangat menyenangkan dan berkesan.

Pasca melahirkan

  • Membuat ibu lebih rileks dalam mengurus si kecil.
  • Mengurangi pendarahan saat persalinan.
  • Membantu penyembuhan atau pemulihan setelah melahirkan.
  • Meningkatkan hubungan menyusui (breastfeeding relationship) yang kuat dengan bayi Anda. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY