Ragam Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sekarang ini, nama buah naga di Indonesia sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Buah asal Amerika Selatan ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Tentu bukan tanpa alasan mengapa buah dengan nama lain pitaya ini banyak peminatnya. Tak hanya rasanya yang manis, buah naga juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Meningkatkan daya tahan tubuh

Dibalik tampilannya yang eksotik, buah naga memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C. Keduanya bertindak sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindarkan tubuh dari penuaan dini dan pertumbuhan sel kanker akibat penumpukan radikal bebas. Selain vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan phytoalbumin. Kandungan membuat sifat antioksidan buah naga semakin potensial untuk mencegah kanker.

Awet muda

Selain antioksidan, kandungan fosfor dalam buah naga juga berperan dalam mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Mineral ini ditemukan di setiap sel tubuh sehingga efeknya pada perbaikan sel-sel akan mendorong peremajaan kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Antibakteri dan antijamur

Buah naga juga menawarkan perlindungan dari infeksi karena memiliki agen antibakteri dan antijamur yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih serta mencegah infeksi jamur atau bakteri di sistem organ.

Melancarkan pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. 100 gm buah naga segar menyumbang asupan 1 gram serat. Kandungan seratnya ini baik untuk melancarkan pencernaan sehingga buang air besar lebih teratur. Selain itu, buah naga juga mengandung oligosakarida yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan usus.

Mengobati dan mencegah diabetes

Tak hanya melancarkan pencernaan, kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan menjaganya tetap normal. Kandungan antikosidan flavonoid juga turut berperan dalam manfaat ini. Oleh karenanya, buah naga baik dikonsumsi penderita diabetes serta membantu mengurangi risiko diabetes karena dapat membantu mencegah lonjakan gula setelah makan makanan yang berindeks glikemik tinggi.

Menjaga sistem kardiovaskular

Biji buah naga memiliki kandungan asma lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Asam lemak tersebut membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Menurunnya kolesterol jahat dalam darah membantu mengurangi risiko terbentuknya plak di arteri dan vena kecil. Dengan begitu, aliran darah akan lebih lancar dan risiko menderita aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke pun berkurang. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here