Ragam Manfaat Tidak Terduga Rutin Pijat Kaki

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kaki setiap hari bertanggung jawab menopang beban tubuh. Beratnya beban tubuh yang ditopang tanpa kita sadari bisa membuat kaki stres yang pada gilirannya dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Belum lagi jika Anda memakai sepatu yang kekecilan, sirkulasi darah di sekitar kaki bisa terganggu. Untuk itu, kaki perlu dimanjakan, yakni dengan memijatnya secara rutin.

Organ dan kelenjar tubuh yang berbeda-beda terhubung dengan titik-titik refleks pada kaki yang terletak pada telapak kaki, pergelangan kaki, jari-jari kaki dan bagian atas kaki. Pemberian rangsangan dan tekanan pada titik-titik tersebut tak hanya membuat Anda merasa rileks, banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh, seperti:

Meningkatkan sirkulasi darah

Pijat kaki membantu merangsang sirkulasi darah secara keseluruhan. Titik refleks jantung berada tepat di bawah ibu jari sementara titik refleks ginjal berada tepat di bagian tengah setiap kaki. Ahli refleksiologi biasanya menargetkan titik-titik refleks tersebut untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah risiko penyakit lain yang menjadi komplikasinya, seperti penyakit jantung dan stroke.

Meredakan nyeri

Jika Anda pergi ke klinik refleksi, para ahli refleksologi juga umumnya akan menargetkan titik-titik refleks pada kaki untuk mengatasi berbagai rasa nyeri di bagian-bagian tubuh. Pada tahun 2014, laporan audit keanggotaan Association of Chartered Physiotherapists in Reflex Therapy (ACPIRT), Inggris, menunjukkan bahwa refleksologi dapat secara efektif mengurangi nyeri dan mempromosikan relaksasi pada orang-orang yang memiliki nyeri kronis. Ditemukan pula bahwa pijat kaki dapat membantu mengurangi rasa sakit setelah operasi payudara.

Kurangi risiko cedera kaki

Pemijatan dapat merangsang otot-otot di sekitar kaki, mengurangi kekakuan, serta mengurangi nyeri di pergelangan kaki. Pijat kaki 5 menit setiap hari yang diimbangi pula dengan olahraga secara rutin akan membuat pergelangan kaki lebih kuat dan lentur. Hal ini dapat mengurangi risiko cedera kaki dan pergelangan kaki.

Mengurangi stres dan kecemasan

Penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Nursing melaporkan bahwa pemijatan pada jaringan lunak tangan atau kaki dapat menciptakan kenyamanan emosional saat dilakukan pada sampel orang yang berduka karena kehilangan orang yang dikasihi. Penelitian lain dari Griffith University, Australia, pada tahun 2013 menemukan bahwa partisipan dengan stres tinggi karena pekerjaan merasakan suasana hati lebih baik dan menurunnya kecemasan setelah diberi pijat kaki 10 menit.

Meningkatkan kualitas tidur

Memijat kaki beberapa menit sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Selain melancarkan sirkulasi darah, pijat kaki juga membantu melemaskan saraf sehingga membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Mengurangi efek edema pada ibu hamil

Edema atau kaki bengkak karena retensi cairan sering dialami ibu hamil terutama pada trimester terakhir. Kondisi ini seringkali membuat ibu hamil tidak nyaman dan sulit beraktivitas. Untuk mengurangi dampak dari kondisi ini, para ibu hamil disarankan untuk memberi pijatan pada kakinya setiap hari. Dalam International Journal of Nursing Practice, penelitian tahun 2010 dari Turki melaporkan bahwa pijat kaki dapat membantu meredakan edema pada ibu hamil secara signifikan di mana ibu hamil yang diberi pijat memiliki lingkar kaki lebih kecil dibandingkan kelompok plasebo. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here