Rahasia Dibalik Rambut Sehat Berkilau

0
213

SehatFresh.com – Setiap orang tentunya mendambakan rambut yang sehat, kuat dan berkilau sehingga kebanyakan dari mereka rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan rambut mulai dari sampo, conditoner, creambath dan produk vitamin serta tonik rambut.  Nah, tahukan Anda bahwa kesehatan rambut tidak hanya semata-mata tergantung pada perawatan rambut yang Anda pakai?

Perlu diingat bahwa setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi juga memengaruhi kesehatan rambut. Nah, ini berarti pola makan yang sehat dan kaya akan nutrisi bermanfaat yang ramah untuk rambut adalah kunci utama rambut indah dan berkilau Anda. Apa saja pilihan makanan yang menjadi sumber nutrisi untuk rambut? Berikut ulasannya.

1. Salmon

Selain kaya akan protein dan vitamin D dua-duanya merupakan kunci rambut sehat dan kuat), asam lemak omega-3 pada salmon juga sangat baik bagi kesehatan rambut. Tubuh kita tidak memproduksi asam lemak omega-3 secara alami, yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Sekitar 3% dari batang rambut menghasilkan asam lemak ini. Omega-3 juga ditemukan dalam membran sel di kulit kepala dan dalam minyak alami yang berfungsi menjaga kulit kepala dan rambut tetap terhidrasi.

Jika Anda tidak gemar makan salmon, Anda bisa beralih ke sumber makanan lain yang juga terkenal kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan sarden, trout, makarel, serta alpukat, biji labu, dan kenari.

2. Kacang Kenari

Kacang kenari adalah satu-satunya jenis kacang yang mengandung asam lemak omega-3. Kacang ini juga kaya biotin dan vitamin E yang dapat membantu melindungsi sel-sel rambut dari kerusakan DNA akibat kurangnya paparan sinar matahari. Terlalu sedikit biotin dapat menyebabkan rambut rontok. Kenari juga mengandung tembaga, mineral yang membantu menjaga warna alami dan kilau rambut. Coba tambahkan minyak kenari ke dalam salad atau tumis untuk menggantikan canola atau safflower

3. Tiram

Tiram merupakan sumber seng yang sangat baik. Kekurangan seng dalam tubuh bisa mengakibatkan rambut— bahkan bulu mata— rontok, kulit kepala kering dan mengelupas. Seng bisa didapatkan dengan mengonsumsi sereal dan roti gandum, namun tiram lebih direkomendasikan karena juga mengandung protein yang sangat berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut. Tanpa protein yang cukup tubuh tidak dapat mengganti rambut yang rontok setiap harinya dan selanjutnya juga menyebabkan rambut rapuh, kering dan mudah rusak. Selain tiram, seng juga bisa ditemukan pada kacang-kacangan, daging sapi dan telur.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber antioksidan beta karoten, yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Pada dasarnya, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik tanpa asupan vitamin A yang memadai. Vitamin A bisa membantu melindungi dan menghasilkan minyak kulit kepala sehingga kekurangannya bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala dan merangsang ketombe. Jika Anda tidak suka mengonsumsi ubi jalar, Anda bisa mencoba wortel, melon, mangga, labu, dan aprikot yang juga kaya akan beta karoten.

5. Telur

Sebagai sumber protein, telur sarat akan empat mineral penting, yakni; zinc, selenium, sulfur, dan zat besi. Zat besi sangat penting, karena membantu sel membawa oksigen ke folikel rambut, sehingga kekurangan zat besi (anemia) bisa menjadi pemicu utama rambut rontok, terutama pada wanita. Sumber zat besi lainnya meliputi ayam, ikan, dan daging sapi.

6. Bayam

Besi, beta karoten, folat, dan vitamin C dalam bayam membantu menjaga folikel rambut agar tetap sehat dan sirkulasi minyak pada kulit kepala. Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau lainnya, seperti brokoli, kale, dan lobak Swiss.

7. Lentil

Kacang-kacangan ini adalah  sumber protein, zat besi, seng, dan biotin, sehingga bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang tidak suka daging atau vegetarian. Pilihan makanan lain adalah kacang kedelai dan kacang merah.

8. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani mengandung protein tinggi yang sangat baik bagi rambut. Vitamin D dan B5 dalam yogurt Yunani bisa membantu fungsi folikel, meskipun penjelasan pastinya belum diketahui dengan jelas. Susu rendah lemak dan susu krim juga bisa menjadi pilihan yang bagus.

9. Blueberry

Vitamin C yang terkandung dalam blueberry sangat penting untuk sirkulasi pada kulit kepala dan mendukung pembuluh darah kecil yang bertanggung jawab menutrisi folikel. Apabila tubuh kekurangan vitamin C, rambut akan sangat rentan terhadap kerusakan. Selain vitamin C, Anda juga bisa mencoba kiwi, ubi jalar, tomat dan stroberi. 

10. Daging Unggas

 Hidangan sehari-hari yang satu ini sangat kaya akan protein yang merupakan kunci utama rambut sehat. Seng, zat besi, dan vitamin B  di dalamnya juga bisa menjaga rambut tetap kuat dan berkilau. Karena nutrisi rambut hampir semuanya diperoleh dari protein, makanan yang kaya akan protein tentunya sangat baik dan mendukung kesehatan dan kekuatan rambut.

 Sumber gambar : www.modeldangayarambutku.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY