Rahasia Mengatasi Dehidrasi Vagina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah banyak diketahui jika mengonsumsi air putih bisa membuat sehat. Tidak hanya membuat kulit lembab dan cantik, namun tubuh juga lebih berenergi dan menciptakan kekebalan tubuh. Selain itu tahukah Pembaca jika asupan air juga bagus untuk kesehatan vagina?

Vagina agar sehat memerlukan perawatan dan perhatian yang sama dengan bagian tubuh lainnya. Terlebih kulit vagina rentan mengalami kekeringan saat tidak dirawat dengan benar. Bila tubuh tidak terhidrasi dengan baik, maka bagian kulit luar vagina juga bisa mengering.

Rupanya kurang mengonsumsi air putih bisa mengakibatkan vagina kering. Hal tersebut terjadi akibat vagina mempunyai kulit yang cukup sensitif. Jika terus dehidrasi, maka kulit vagina bisa menjadi gatal dan nyeri. Tentu saja kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi jamur yang terdapat pada vagina.

Bagian dalam vagina umumnya bersifat asam. Di satu sisi keasaman tersebut cukup bagus dalam melindungi organisme yang hidup di dalamnya. Tentu saja segala hal yang mengganggu keseimbangan tersebut bisa mengakibatkan masalah. Seperti kekeringan, infeksi, gatal hingga rasa terbakar.

Lantas berapa gelas air putih yang dibutuhkan untuk terhidar dari dehidrasi? Jumlah yang diperlukan seseorang untuk mengonsumsi air putih tergantung dari aktivitas masing-masing. Umumnya sebagian besar orang dianjurkan untuk mengonsumsi minimal delapan gelas air putih sehari.

Mengonsumsi makanan sehat dan buah-buahan segar

Tentu saja mengonsumsi air putih bukan satu-satunya cara untuk mencegah dehidrasi pada vagina. Ada faktor lain yang juga turut mempengaruhi seperti pola makan. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan buah-buahan segar guna menjaga kesehatan vagina.

Rajin berolahraga dan menjaga kesehatan

Olahraga memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan vagina. Dengan berolahraga otot-otot di sekitar vagina menjadi kencang. Selain itu kelembaban vagina juga terjaga, sehingga terhindar dari dehidrasi.

Namun jangan lupakan kebersihan setelah berolahraga atau pun dalam aktivitas sehari-hari. Pasalnya bakteri bisa menyerang kapan saja, khususnya ketika kondisi tubuh dalam keadaan kotor. Oleh karena itu jagalah kebersihan dengan kesehatan tubuh.

Bagaimana mengatasi dehidrasi saat berhubungan seksual?

Ketika  berhubungan seksual, tidak sedikit perempuan yang mengeluh pada vaginanya. Rasa nyeri atau seperti terbakar kerap dialami karena peradangan di area vagina akibat kekeringan. Kekeringan itu terjadi saat wanita tidak memproduksi lubrikasi dalam bercinta, sehingga menciptakan rasa seperti terbakar.

Kondisi tersebut juga dikenal dengan dehidrasi vagina. Lantas bagaimana cara menangani dehidrasi atau peradangan vagina seperti ini? Salah satunya wanita bisa menggunakan pelumas saat berhubungan seksual.

Pelumas memiliki manfaat untuk mencegah iritasi atau rasa nyeri akibat gesekan saat penetrasi. Oleh karena itu pilihlah pelumas yang berkualitas baik sebelum melakukan hubungan seksual, jika benar-benar membutuhkannya. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here