Rahasia Puasa dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa adalah sebuah ibadah untuk menahan diri tidak makanan, tidak minuman, menahan nafsu syahwat, dan menahan perbuatan lain yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Berpuasa juga membawa dampak positif bagi kesehatan organ tubuh, tidak terkecuali pada ginjal.

Berpuasa membawa manfaat kesehatan bagi tubuh

Di bulan Ramadhan seluruh umat Islam diperintahkan untuk menjalani ibadah puasa sejak imsyak hingga memasuki waktu Magrib. Tidak dipungkiri jika saat menjalani puasa satu hari penuh, stamina seseorang akan mengalami penurunan. Hal itu sebagai dampak karena harus menahan rasa lapar dan haus sepanjang hari.

Namun perlu diketahui bahwa semua itu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketika seseorang berpuasa bagian organ tubuh akan beristirahat. Misalnya saja sistem pencernaan yang beristirahat dalam mencerna makanan. Kondisi itu tentu saja membawa dampak positif bagi kesehatan organ tubuh.

Fungsi ginjal bagi tubuh manusia

Salah satu organ tubuh yang juga mendapat pengaruh kesehatan dari aktivitas puasa adalah ginjal. Seperti yang diketahui jika ginjal merupakan organ tubuh yang mempunyai peranan penting bagi manusia. Ginjal mempunyai fungsi sebagai alat penyaring kotoran di tubuh manusia yang terdapat dalam darah, kemudian akan dibuang melalui urine.

Selain itu ginjal juga memiliki fungsi lain yakni pengatur volume darah di dalam tubuh agar tetap seimbang. Ginjal juga memfilter glukosa, gizi serta zat lainnya yang terdapat di dalam tubuh manusia. Fungsi lain dari ginjal adalah menjaga pH darah agar tidak terlalu asam dan mengatur keseimbangan kimia darah.

Berpuasa membawa manfaat kesehatan bagi ginjal

Ketika seseorang berpuasa, maka asupan air dan makanan dibatasi. Rupanya penghentian air ketika berpuasa sangat efektif dalam membangkitkan konsentrasi urine pada ginjal. Selain itu penghentian air juga mampu membangkitkan kekuatan osmosis di urine, kurang lebih sekitar 1.000 hingga 12.000ml osmsis/kg air.

Kekurangan air ketika berpuasa ternyata juga bisa meminimalkan volume air di darah. Kondisi seperti ini juga dapat menambah prostaglandin sekaligus memacu kerja mekanisme lokal yang menjaga pembuluh darah. Dampaknya dapat memacu kerja dan fungsi sel darah merah pada tubuh.

Oleh karena itu saat seseorang berpuasa, maka bisa menjadi sarana untuk menjaga kesehatan ginjal di dalam tubuh manusia. Ginjal memang tidak seperti anggota tubuh yang berada di luar seperti wajah atau rambut. Keberadaan ginjal di dalam tubuh menjadi sulit terkontrol, terlebih bagi seseorang yang acuh tak acuh terhadap kesehatan.

Dengan menjalani puasa Ramadhan atau puasa sunnah di bulan-bulan biasa, memiliki manfaat yang cukup baik dalam menjaga kesehatan ginjal di dalam tubuh. Kondisi ginjal yang sehat tentu saja akan memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik atau psikis seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here