Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

SehatFresh.com – Rambut adalah mahkota wanita. Memiliki rambut yang indah dan sehat tentunya merupakan dambaan bagi setiap wanita. Namun, sering kali wanita bingung bagaimana cara perawatan rambut yang tepat, terutama bagi wanita yang mengenakan hijab. Perawatan rambut pada wanita berhijab memang agak berbeda dengan rambut yang tidak berhijab.

Mengenakan hijab sepanjang hari memang bisa membuat rambut lebih lembab sehingga rentan alami kerontokan. Namun, jika Anda rajin merawatnya, Anda tetap bisa memiliki rambut yang sehat meskipun berhijab. Tidak jarang banyak wanita yang tidak tahu cara merawat rambut secara tepat sehingga banyak yang mengeluhkan masalah rambut akibat cara perawatan yang kurang tepat tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat rambut tetap sehat meski Anda mengenakan hijab :

Cuci rambut secara teratur
Keramas secara teratur dapat menjaga kesehatan dan kebersihan rambut serta kulit kepala. Keramas setiap hari tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan kelembaban alami rambut. Anda bisa mencuci rambut secara rutin setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Pilih juga shampoo dengan kandungan bahan yang aman dan tepat untuk jenis rambut Anda agar hasilnya maksimal. Kebersihan rambut yang baik dapat mencegah timbulnya kerusakan kulit kepala dan rambut Anda.

Hindari memakai hijab ketika rambut basah
Sala satu penyebab timbulnya masalah rambut ketika berhijab adalah kebiasaan memakai hijab ketika rambut masih dalam keadaan basah. Rambut dalam keadaan basah saat memakai hijab bisa memicu kerontokkan rambut berlebih, ketombe, gatal-gatal dan bau. Sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum memakai hijab. Jika Anda terburu-buru dan tidak punya cukup waktu untuk mengeringkan rambut secara alami, Anda bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkannya dengan cepat.

Jangan ikat rambut terlalu kencang
Ketika mengenakan hijab, rambut yang panjang memang sebaiknya diikat agar tidak mengganggu tampilan hijab dan tidak keluar kemana-mana. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Pilih bahan hijab yang menyerap keringat
Memakai hijab cenderung membuat rambut menjadi cepat lepek atau mudah berkeringat. Keringat yang berlebih inilah yang memicu timbulnya permasalahan pada rambut, seperti berketombe, mudah rontok, lembab, bau apek, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih hijab dengan bahan yang mudah untuk menyerap keringat seperti katun.

Istirahatkan rambut
Ketik sedang tidak mengenakan hijab, sebaiknya Anda mengistirahatkan rambut dengan membiarkannya tanpa ikatan. Berilah ruang pada rambut untuk bernapas. Selain membuat lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembaban kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan ketombe.

Konsumsi makanan sehat
Selain melakukan perawatan rambut dari luar, alangkah baiknya bila Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Mengonsumsi makanan berprotein dengan kadar lemak rendah, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

*Sumber gambar : www.sobatcantik.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY