Rasakan Dahsyatnya Bawang Putih Bagi Kesehatan Telinga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam dongeng Melayu Indonesia berjudul Bawang Merah dan Bawang Putih, tokoh bernama Bawang Putih digambarkan memiliki perangai yang baik hati. Selain sabar, bawang Putih dalam dongeng tersebut juga suka menolong orang. Dalam kehidunpan nyata, bawang putih juga banyak manfaatnya. Salah satunya untuk kesehatan telinga.

Penggunaan bawang putih untuk kesehatan sudah diketahui oleh bangsa Cina sejak lama. Banyak yang menyebutkan khasiat umbi yang berwarna putih ini. Di samping dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, ternyata bawang putih memiliki khasiat lainnya untuk obat herbal, khususnya telinga.

Telinga merupakan salah satu panca indera yang fungsi utamanya sebagai alat pendengaran. Fungsi lain telinga adalah sebagai penyeimbang tubuh. Telinga memiliki lubang yang bisa menjadi jalur masuk kuman atau bakteri. Bakteri atau kuman yang masuk ke telinga bisa menyebabkan infeksi. Salah satu infeksi yang sering terjadi pada telinga adalah Otitis Media Akut (OMA). OMA merupakan infeksi yang terjadi di telinga yang sudah menjadi komplikasi dari penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Sebenarnya, telinga memiliki pertahanan sendiri supaya tidak terinfeksi. Tapi, bila jumlah kuman atau bakteri terlalu banyak, maka infeksi sulit dihindarkan lagi. Jika ini terjadi, pengobatan menggunakan bawang putih bisa menjadi solusi.

Di dalam bawang putih, terkandung zat-zat penting yang bisa dipakai untuk menyembuhkan atau membersihkan telinga. Bawang putih mengandung zat asam fosfor yang bisa membunuh apapun yang menyebabkan masalah kesehatan telinga. Bawang putih juga mengandung allicin yang bersifat antibakteri dan berguna melawan infeksi serta mengurangi rasa sakit di bagian dalam telinga. Selain itu, bawang putih juga bisa melembutkan telinga Anda sehingga makin mudah untuk dibersihkan.

Berbagai cara bisa diterapkan agar bawang putih dapat bermanfaat bagi kesehatan telinga. Namun, pada dasarnya ada dua cara, yakni

  • Cara 1:

Siapkanlah satu siung bawang putih. Ambilah bagian ujungnya saja sekitar seukuran ujung kuku. Lalu, letakkan di bagian luar telinga. Anda bisa pergi tidur dengan kondisi potongan bawang putih itu menempel di bagian luar telinga. Rasakanlah perbedaannya setelah Anda bangun tidur.

  • Cara 2:

Bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat herbal penyembuhan infeksi. Caranya adalah siapkan satu siung bawang putih. Kemudian, potonglah menjadi empat dan rendam dalam air selama dua jam. Gunakan air rendaman bawang putih tadi sebagai obat tetes telinga. Teteskan sebanyak tiga kali sehari. Hindari meneteskannya saat telinga dalam keadaan lembab.

Itulah dua cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit di telinga dengan menggunakan bawang putih. Yang perlu diperhatikan, sebaiknya Anda menggunakan bawang putih organik karena lebih aman dan tidak mengandung unsur kimia di dalamnya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here