Redakan Stress dengan Secangkir Teh Hitam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Stress merupakan kondisi yang sangat dekat dengan siapa saja. Kondisi dan suasana lingkungan juga dapat menjadi pemicu stress. Berupa tekanan secara psikologis, stress bisa menjangkit siapapun. Salah satu yang paling rentan terkena stress adalah mereka yang memiliki banyak pekerjaan atau  beban yang bertumpuk. Kejenuhan yang terjadi dalam keseharian seseorang juga menjadi pemicu stress yang paling besar. Lantas bagaimana menghadapi dan menghilangkan stress? Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dapat mengatasi stress, ada banyak cara alami yang dapat di lakukan untuk menghilangkan stress tersebut seperti rekreasi, berinovasi pada hal yang baru, dan melihat tekanan serta beban hidup dari sisi yang berbeda.

Selain berbagai cara diatas stress dapat di hilangkan dengan makanan dan minuman, ada beberapa makanan yang mampu menjadi pengendali stress. Dengan menjaga makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan menghindarkan resiko stress. Sedangkan minuman yang ampuh untuk dapat meredakan stres adalah teh. Beberapa jenis teh memang mampu mengendalikan stress dengan sangat baik diantaranya teh hijau dan juga teh hitam. Terdapat kandungan didalam jenis teh tersebut yang mampu menekan tingkat stress secara efektif. Antioksidant yang terkandung mampu memperbaiki kondisi hipotalamus tubuh kita sehingga menimbulkan respon yang tepat untuk setiap hal maka dari itulah stress dapat diredakan.

Teh hitam memang belum begitu populer jika dibandingkan dengan teh hijau. Tetapi dalam khasiat keduanya berimbang mengatasi berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Meminum teh hitam untuk dapat meredakan stress memang benar adanya. Kandungan dalam teh hitam yang mampu menurunkan kortisol bahkan sampai 20% sehingga ketika berada dalam tingkat stress menghirup aroma teh nya saja sudah dapat memberi efek lebih tenang. Pada dasarnya kandungan kafein mampu menekan stress tetapi dalam dosis tertentu ini juga dapat menjadi pemicu keadaan sebaliknya. Seperti ynag kita ketahui bersama beberapa orang memilih meminum kopi hitam saat mengalami ketegangan untuk menjadi lebih relaks.

Kandungan kafein pada teh hitam memang tidak setinggi pada kopi, tetapi memilih teh hitam sebagai pereda stress jauh lebih aman dibandingkan kopi terutama untuk yang memiliki riwayat asam lambung. Cara konsumsi teh hitam untuk meredakan stress dengan menyeduhnya dengan air panas atau bahkan akan lebih efektif jika teh ini di rebus, kemudian disaring dan di minum.

Penyajian teh hitam sebaiknya jangan terlalu manis karena akan berpengaruh pada kepekatannya. Selain itu jika keinginan meminumnya adalah untuk menekan stress maka tingkat pekatnya harus maksimal, sehingga aroma teh nya juga akan berasa. Setelah mengkonsumsi teh hitam biasanya akan terasa lebih ringan dan tenang. Sebagai saran penulis menyarankan untuk minum teh hitam secara rutin bukan hanya pada saat stress datang menghampiri. Karena keteraturan ini akan menjadi upaya pencegahan untuk resiko stress yang semakin tinggi dari waktu ke waktu. Selamat mencoba dan nikmati khasiatnya segera. (WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY