Refluks empedu

Refluks empedu terjadi ketika cairan pencernaan yang diproduksi di hati (empedu) mengalir kembali ke perut dan kerongkongan. Refluks empedu mungkin menyertai refluks asam. Empedu sering dikaitkan sebagai penyebab refluks ketika seseorang tidak merespon dengan sempurna atau tidak sama sekali terhadap obat penekan asam. Tidak seperti refluks asam, refluks empedu biasanya tidak bisa dikontrol oleh perubahan pola makan atau gaya hidup. Refluks empedu biasanya dapat diatasi oleh obat atau operasi.

Gejala

Refluks empedu sulit dibedakan dengan refluks asam karena tanda dan gejalanya yang mirip dan dua kondisi tersebut dapat terjadi pada saat yang sama.

Tanda dan gejala refluks empedu meliputi:

  • Nyeri perut bagian atas.
  • Rasa panasdidadayangmenjalarketenggorokan disertai rasa asam di mulut.
  • Muntahcairankuning kehijauan(empedu).
  • Batukatausuara serak.
  • Penurunan berat bada

Kapan harus ke dokter?

Segera pergi ke dokter jika Anda sering mengalami gejala refluks atau jika Anda telah didiagnosa dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) tetapi tidak mendapatkan bantuan yang memadai dari obat yang telah diberikan. Hal tersebut bisa berarti Anda memerlukan pengobatan tambahan untuk refluks empedu.

Penyebab

Empedu merupakan cairan kuning kehijauan yang sangat penting untuk mencerna lemak dan menghilangkan sel-sel darah merah rusak dan racun tertentu. Empedu diproduksi di hati dan disimpan dalam kantong empedu. Makan makanan yang mengandung lemak mengisyaratkan kandung empedu untuk melepaskan empedu yang mengalir melalui dua saluran kecil (saluran sistik dan saluran empedu) untuk masuk ke bagian atas usus kecil (duodenum).

Refluks empedu ke dalam perut

Ketika empedu mengalir ke duodenum, makanan memasuki usus kecil melalui lingkaran otot yang terletak pada saluran di perut (katup pilorus). Katup pilorus biasanya hanya membuka sedikit celah yang hanya cukup untuk melepaskan sekitar seperdelapan ons (sekitar 3,5 mililiter) makanan cair pada satu waktu, tetapi tidak cukup untuk memungkinkan cairan pencernaan untuk mengalir kembali ke dalam perut. Pada refluks empedu, katup tidak menutup dengan benar sehingga menyebabkan cairan empedu kembali ke perut.

Refluks empedu ke dalam kerongkongan

Empedu dan asam lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan saat sfingter esofagus bagian bawah tidak berfungsi dengan benar. Sfingter esofagus bagian bawah memisahkan kerongkongan dan perut. Katup biasanya terbuka cukup lama untuk memungkinkan makanan masuk ke dalam perut. Tapi jika katup melemah atau melemas secara abnormal, cairan empedu dapat kembali ke kerongkongan.

Apa yang menyebabkan cairan refluks empedu?

Refluks empedu dapat disebabkan oleh:

  • Komplikasioperasi: Sebagian besarkerusakan padakatuppilorusterjadisebagai komplikasidarioperasilambungtermasuk operasi perut dan operasi bypass lambunguntuk menurunkan berat badan.
  • Ulkus peptikum: Ulkus peptikum dapat menghalangi katup pilorus sehingga tidak terbuka dengan benar dan perut tidak bisa kosong sepenuhnya. Makanan yang tergenang di perut dapat menyebabkan tekanan lambung yang pada akhirnya mengarah ke refluks empedu dan asam lambung ke kerongkongan.
  • Operasi kandung empedu(kolesistektomi): Orang-orang yang menjalani operasi pengangkatan kandung empedu lebih mungkin mengalami refluks empedu dibandingkan orang lain yang tidak.

Komplikasi

Lendir lengket melapisi dan melindungi lapisan perut dari efek korosif dari asam lambung. Kerongkongan tidak memiliki perlindungan ini, sehingga cairan asam dan empedu dapat merusak jaringan esofagus. Kombinasi cairan empedu dan asam refluks meningkatkan risiko komplikasi seperti:

  • GERD: Maagsesekalibiasanyabukan masalah, tetapi maag terus-menerus bisa menjadi masalahyang berpotensi seriusyang menyebabkaniritasidan peradanganjaringanesofagus(esophagitis).
  • KerongkonganBarret: Kondisi seriusinibisaterjadi karenapaparan jangka panjangterhadap asamlambung, atauasamdancairan empedu serta kerusakanjaringan padaesofagus bagian bawah.Sel-selesofagusyang rusak(metaplasia) memilikipeningkatan risikomenjadi kanker. Penelitian pada hewanjugatelahmengaitkan refluks empedu terhadap terjadinyakerongkonganBarret.
  • Kanker kerongkongan: Suatu kanker serius mungkin tidak terdiagnosis sampai kanker cukup besar. Kemungkinanhubungan antaracairan empedu, refluks asamdan kankeresofagusmasih kontroversial, tetapi banyakahli berpendapat kemungkinan adanya koneksi secara langsung. Dalam penelitian hewan, cairan refluks empedusendiritelah terbuktimenyebabkan kankerkerongkongan.

Tes dan diagnosa

Deskripsi gejala sudah cukup bagi dokter mendiagnosis masalah refluks. Tapi membedakan antara refluks asam dan refluks empedu sangat sulit dan membutuhkan pengujian lebih lanjut. Anda juga perlu menjalani tes untuk memeriksa kerusakan kerongkongan dan perut serta perubahan prakanker. Tes tersebut meliputi:

  • Endoskopi: Selang fleksibel dengankamera(endoskop) dimasukkan melalui kerongkongaEndoskopidapat menunjukkantukak lambungatauperadangan padaperut dankerongkongan. Dokter mungkin jugamengambil sampeljaringanuntuk mengujikankeresofagus ataukerongkonganBarrett.
  • Tes asam ambulatori: Tes inimenggunakanprobe pengukuran asam untuk mengidentifikasi kapandan untuk berapa lama gejala refluksasamke kerongkonganDalamsatu tes, selangfleksibel(kateter) dengan probedi ujungnya diulir melalui hidungke kerongkongan. Dalam tes lainnya (tesBravo), probedilekatkan padabagian bawahkerongkonganselamaendoskopi. Tesasam ambulatori dapat membantu mengesampingkan refluks asam tapi tidak untuk refluks empedu.
  • Impedansikerongkongan: Tes ini mengukurapakahgasatau cairan apa yang menyebabkan reflukske kerongkongan. Hal inimembantu bagi orang yangmemuntahkanzatyang tidakasam(seperti empedu) dantidak dapat dideteksiolehprobeasam. Seperti dalam tes probe standar, impedansi esofagus menggunakan probe yang ditempatkan ke dalam kerongkongan dengan kateter.

Perawatan dan pengobatan

Obat-obatan

  • Sekuestranasamempedu: Obat-obat yangmengganggusirkulasiempedu ini mungkin berguna bagibeberapa orang denganrefluksempedu. Efek samping yang sering timbul adalah kembung yang mungkin parah.
  • Ursodeoxycholic acid: Obat inimembantumeningkatkan aliranempedu serta mengurangifrekuensidan keparahan gejala.
  • Agenprokinetik: Obat-obat inidapat membantuperut agar kosong lebih cepat danmembantu mengencangkansfingter esofagus bagian bawah. Obat-obat inimemiliki beberapaefek sampingtermasukkelelahan, depresi, kecemasan, dan masalah neurologislainnya.
  • Proton pump inhibitor: Obat-obat ini sering diresepkan untuk memblokir produksi asam, tetapi tidak memiliki peran yang jelas dalam mengobati refluks empedu.

Operasi

Dokter mungkin merekomendasikan operasi jika obat gagal untuk mengurangi gejala yang parah atau ada perubahan prakanker di kerongkongan. Beberapa jenis operasi bisa lebih sukses dari pengobatan lain, jadi pastikan untuk membahas pro dan kontra dengan seksama dengan dokter Anda. Pilihannya meliputi:

  • Operasipengalihan(Roux-en-Y): Prosedur inidapatdirekomendasikan untukorang-orang yang pernah menjalani operasi lambung denganpengangkatanpilorus(Billroth I atau Billroth II). DalamRoux-en-Y, ahli bedahmembuat sambungan drainase empedu baru jauh di bawahusus kecil untuk mengalihkanempedudariperut.
  • Operasianti-refluks(fundoplikasi): Bagianperutyang paling dekat denganesofagus(fundus) dibungkusdankemudiandijahitdi sekitarsfingter esofagus bagian bawah. Prosedur inimemperkuatkatupdandapatmengurangirefluks asam. Hanya ada sedikit bukti mengenai efektivitas operasi untuk refluks empedu.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Tidak seperti refluks asam, refluks empedu tampaknya kurang berhubungan dengan faktor gaya hidup. Tetapi banyak orang mengalami refluks asam dan refluks empedu bersamaan, sehingga gejala Anda dapat berkurang oleh perubahan gaya hidup:

  • Berhenti merokok, karena merokok dapat meningkatkan produksi asam lambungdanmengeringkanair liuryangmembantu melindungi
  • Makan porsi kecil tapi lebih sering dapat mengurangi tekanan padasfingter esofagus bagian bawah dan membantu mencegah katupdari pembukaanpada waktu yang salah.
  • Tetap tegaksetelah makan, tunggudua sampai tiga jamsebelumberbaring agar perut menjadi kosong terlebih dahulu.
  • Batasimakanan berlemak, karena makanan tinggi lemak dapat mengendurkansfingter esofagus bagian bawahdanmemperlambat waktu untuk makanan meninggalkan perut.
  • Hindari makanandan minumanmasalah yang dapat meningkatkanproduksi asam lambungdanmengendurkansfingter esofagus bagian bawah seperti minuman berkafein, soda, cokelat, makanan jeruk dan jus, saus berbasis cuka, bawang, makanan berbasis tomat, makanan pedas dan mint.
  • Menghindari alkohol, karena alkohol dapat menyebabkan masalah kerongkongan.
  • Menurunkan berat badan berlebih, karena maagdanrefluks asamlebih mungkinterjadi ketikakelebihan berat badanmenempatkantekanan tambahanpadaperut.
  • Tidur dengan bantal tambahan sehingga posisi tubuh bagian atas lebih tinggi untuk membantu mencegahgejalarefluks.

Pengobatan alternatif

Banyak orang menggunakan obat sakit maag yang dijual bebas atau terapi alternatif untuk menghilangkan gejala. Obat alami juga memiliki risiko dan efek samping karena dapat berinteraksi dengan obat yang diresepkan dokter. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba terapi alternatif. Meskipun tidak ada terapi alternatif yang telah ditemukan secara khusus untuk meringankan refluks empedu, beberapa dapat membantu melindungi dan meredakan peradangan esofagus.

  • Chamomile: Chamomilememiliki sifatanti-radang dan efek sampingnya pun rendah.
  • Licorice: Licoriceumumnya digunakanuntuk menenangkanperadangan yang terkait denganGERD, gastritis, ulkusdan masalahpencernaanlainnya. Namun, licoricemengandungbahan kimia yang disebutglycyrrhizinyangdikaitkandenganrisiko kesehatan yang seriusseperti tekanandarah tinggidanpembengkakanjaringanjika digunakanjangka panjang. Bicarakan dengandokter Andasebelum mencobaterapi ini.
  • Slippery elm: Produkdarikulit dan akar pohon dapatmembantu menenangkansaluran pencernaan. Slippery elmdapat dicampurdengan airdandiminum setelah makandansebelum tidur. Namunslippery elmdapat menurunkanpenyerapanobat resep.
  • Marshmallow(Althea officinalis): Herbal marshmallow(Althea officinalis) digunakanuntukmeredakan gejalaGERD. Sepertislippery elm, marshmallowdapat menyebabkanmasalahdenganpenyerapanobat.