Regurgitasi katup mitral

Regurgitasi katup mitral adalah kondisi di mana katup mitral tidak menutup rapat sehingga memungkinkan darah mengalir kembali ke jantung. Akibatnya, darah tidak dapat mengalir ke jantung atau bagian tubuh lainnya secara efisien sehingga Anda mudah merasa lelah dan kehabisan napas. Pengobatan regurgitasi katup mitral tergantung pada seberapa parah kondisi, apakah kondisi semakin buruk dan gejala yang muncul. Untuk kasus ringan, pengobatan mungkin tidak diperlukan. Anda mungkin perlu operasi jantung untuk memperbaiki atau mengganti katup untuk kasus yang parah. Jika tidak diobati, regurgitasi katup mitral dapat menyebabkan gagal jantung atau masalah irama jantung (aritmia).

Gejala

Tanda dan gejala regurgitasi katup mitral meliputi:

  • Murmur jantung.
  • Sesak napas(dyspnea) ketika beraktivitas bahkan ketika berbaring.
  • Kelelahan, terutama pada saataktivitas meningkat.
  • Batuk, terutama di malam hariatau ketikaberbaring.
  • Jantung berdebar-debar.
  • Pembengkakan kaki atau pergelangan kaki.

Regurgitasi mitral seringkali bersifat ringan dan berlangsung perlahan-lahan. Anda mungkin tidak merasakan gejala selama beberapa dekade dan tidak menyadari bahwa Anda memiliki kondisi tersebut. Dokter pertama mungkin curiga Anda memiliki regurgitasi mitral setelah mendeteksi murmur jantung. Masalah dapat berkembang dengan cepat dan Anda mungkin mengalami tanda dan gejala yang parah secara tiba-tiba.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda mengalami gejala yang menunjukkan regurgitasi katup mitral atau masalah jantung lainnya, segera pergi ke dokter. Terkadang indikasi pertama sebenarnya adalah gagal jantung di mana jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Penyebab

Regurgitasi katup mitral diklasifikasikan sebagai primer dan sekunder. Regurgitasi mitral primer disebabkan oleh kelainan pada katup mitral, sedangkan sekunder disebabkan oleh kelainan di ventrikel kiri jantung.

Kemungkinan penyebab dari regurgitasi katup mitral meliputi:

  • Prolapsus katup mitral: Dalamkondisi ini, lipatandan saraf seperti tendon yang mendukungkatup mitral menjadi melemah dan meregang sehingga dengansetiap kontraksidariventrikel kiri, lipatan katup menjadi menonjol (prolapsus) ke atriumkiri. Cacat jantung umum ini dapat membuat katup mitral tidak menutup rapat dan menyebabkan regurgitasi.
  • Kerusakan jaringan saraf: Seiring waktu, pitajaringan yangmelabuhkantutupkatupmitralke dindingjantungdapatmeregang atau sedikitrobekterutama pada orangdenganprolapsus katup mitral. Robekandapatmenyebabkan kebocoranbesarmelalui katupmitraldanmungkin perlu diperbaikiolehoperasi jantung.
  • Demam rematik: Demam rematik adalah penyakit peradangan (inflamasi) yang dapat timbul sebagai komplikasi dari infeksi pada tenggorokan yang tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik. Peradangan kemudian dapat terjadi pada sendi, jantung, otak dan kulit. Penyakit jantung rematik adalah komplikasi dari demam rematik dan biasanya terjadi setelah serangan demam rematik.
  • Endokarditis: Katup mitralmungkin akan rusak olehendokarditis di mana infeksi melibatkan katup jantung.
  • Serangan jantung: Serangan jantungbisamerusakareaotot jantungyang mendukungkatupmitralyang juga mempengaruhifungsikatup. Jikakerusakancukup luas, serangan jantungdapatmenyebabkan regurgitasi katup mitral yang parah secara tiba-tiba.
  • Kelainanotot jantung(kardiomiopati): Seiring waktu, kondisi tertentuseperti tekanandarah tinggibisa menyebabkan jantung berkerja lebih keras yang secara bertahapmemperbesarventrikel kirijantung. Hal tersebutdapatmeregangkanjaringan di sekitarkatup mitral sehingga pada akhirnya menyebabkan kebocoran.
  • Cacatjantung bawaan: Beberapabayi lahirdengancacatdi dalam jantung mereka termasukkatupjantung yang rusak.
  • Obat-obatan tertentu: Penggunaan obat-obat tertentu dalam jangka panjang dapatmenyebabkanregurgitasi katup mitral.

Bagaimana jantung bekerja?

Jantung yang menjadi pusat sistem peredaran darah terdiri dari empat ruang. Dua ruang atas (atrium) untuk menerima darah dan dua ruang bawah (ventrikel) untuk memompa darah. Empat katup jantung terbuka dan menutup dengan membiarkan darah hanya mengalir dalam satu arah ke jantung. Katup mitral terbuka saat darah mengalir dari atrium kiri ke ventrikel kiri. Kemudian lipatan menutup untuk mencegah darah yang baru saja masuk ke ventrikel kiri mengalir ke belakang. Dalam regurgitasi katup mitral, katup mitral tidak menutup rapat. Dengan setiap detak jantung, darah dari ventrikel kiri mengalir kembali ke atrium kiri bukannya bergerak maju ke aorta.

Faktor risiko

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko regurgitasi katup mitral, termasuk:

  • Riwayatprolapsus katup mitralataustenosis katup mitral: Prolapsus katup mitralataustenosis katup mitraljuga telah dikaitkan dengan regurgitasi katuo mitral. Namun, memilikikondisi tersebut tidak selalu berarti Andaakanmengembangkanregurgitasi katup mitral. Riwayat keluargapenyakit katup jantung jugadapatmeningkatkan risiko.
  • Serangan jantung: Serangan jantung dapat merusak jantung sehingga mempengaruhi fungsi katup mitral.
  • Penggunaanobat-obatan tertentu: Orang-orang yangmengambilergotaminedan obat-obatanserupa untukmigrainmemiliki peningkatan risikoregurgitasi katupmitral.
  • Infeksi sepertiendokarditisataudemam rematik: Infeksiatauperadangan karena kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan katup mitral.
  • Penyakit jantung bawaan: Beberapa orang dilahirkandengankatup mitralabnormalyang rentan terhadapregurgitasi.
  • Usia: Pada usia pertengahan, banyak orang memiliki regurgitasi katup mitral disebabkan oleh kerusakan katup secara alamiah.

Komplikasi

Regurgitasi katup mitral yang parah dapat menyebabkan komplikasi seperti:

  • Gagal jantung:Gagal jantungterjadi ketikajantungtidakdapatmemompa cukup darahuntuk memenuhikebutuhan tubuh. Regurgitasi katup mitral yang parah menempatkan bebantambahanpada jantung,karenadenganmemompa darahke belakang, hanya ada sedikitdarahyang mengalirsetiap denyutnya. Ventrikel kiriakan lebih besar danjika tidak diobati, venterikel tersebut menjadi melemah. Hal tersebutdapatmenyebabkangagal jantung.
  • Fibrilasi atrium: Peregangandanpembesaranatriumkirijantungdapat menyebabkanketidakteraturanirama jantungdi manaruang atasjantung berdetakkacaudancepat. Fibrilasi atriumdapatmenyebabkanpembekuan darahyangdapatmelepaskan diridari jantung dan bergerak ke bagian lain dari tubuhsehinggamenyebabkanmasalah serius, seperti stroke.
  • Hipertensi pulmonal: Jika regurgitasi katup mitral tidak diobati atau tidak diobati dengan benar, Andadapatmengembangkanjenistekanan darah tinggiyang mempengaruhiarteridi paru-paru(hipertensi pulmonal). Katupmitral yang bocordapatmeningkatkan tekanandi atriumkiriyang dapatmenyebabkanhipertensi pulmonalyang dapat menyebabkangagal jantungdi sisikanan jantung.

Tes dan diagnosa

Diagnosis biasanya dibuat berdasarkan riwayat medis pribadi dan pemeriksaan fisik Regurgitasi katup mitral biasanya menghasilkan suara darah yang mengalir kembali ke jantung (murmur jantung). Dokter kemudian akan memutuskan tes apa yang diperlukan untuk membuat diagnosis. Untuk pengujian, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter ahli jantung.

Tes diagnostik

Masalah jantung lainnya dapat menyebabkan tanda dan gejala yang mirip dengan regurgitasi katup mitral dan hal tersebut memungkinkan lebih dari satu gangguan sekaligus. Tes umum yang digunakan dokter untuk mendiagnosa regurgitasi katup mitral meliputi:

  • Ekokardiogram: Gelombang suaradiarahkan padajantung melalui transduser yang ditahan di dada untuk menghasilkangambar video jantung dalam gerakan. Ekokardiogramdapat mengidentifikasiregurgitasi katup mitraldan menentukantingkat keparahannya.
  • Elektrokardiogram(EKG): Tes ini dapat memberikan informasi tentangirama jantung. Anda mungkin diminta berjalandi treadmillataumengayuhsepedastasionerselamaEKGuntuk melihat bagaimanajantungmeresponpengerahan tenaga.
  • Rontgen dada: Tes ini memungkinkandokter untuk menentukanpembesaran jantung yang menjadi kemungkinan indikator regurgitasi katup dan melihat kondisi paru-paru.
  • Ekokardiogramtransesophageal: Sebuahtransduserkecil yang ditempelkan padaujung selangdimasukkankekerongkongan untuk melihat katupmitral pada jarak yang lebih dekat.
  • Kateterisasi jantung: Ketikatesnon-invasiftidak dapat disimpulkan, teknikinvasifinimemberikan gambaran jantung yang lebih rinci. Tes ini melibatkan penempatan selang tipis (kateter) melaluipembuluh darah dilengan ataupangkal pahakearteri dijantungdan menyuntikkanpewarnamelalui kateteruntuk membuatarteriterlihat pada X-ray.

Perawatan dan pengobatan

Pengobatan regurgitasi katup mitral tergantung pada tingkat keparahan kondisi. Tujuan pengobatan adalah untuk meningkatkan fungsi jantung serta meminimalkan tanda atau gejala dan menghindari komplikasi di kemudian hari. Beberapa orang, terutama mereka dengan regurgitasi ringan, mungkin tidak memerlukan pengobatan. Namun, kondisi tersebut mungkin memerlukan pemantauan dokter. Anda mungkin perlu evaluasi rutin dengan frekuensi tergantung pada tingkat keparahan kondisi.

Obat-obatan

Obat tidak dapat memperbaiki kelainan bentuk katup mitral. Tapi obat-obatan seperti diuretik dapat meringankan akumulasi cairan di paru-paru atau kaki yang dapat menyertai regurgitasi katup mitral. Pengencer darah (antikoagulan) dapat digunakan jika Anda memiliki fibrilasi atrium.

Tekanan darah tinggi membuat regurgitasi katup mitral semakin buruk. Jadi jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, dokter mungkin meresepkan obat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Menerapkan pola makan rendah garam dapat membantu mencegah penumpukan cairan dan mengontrol tekanan darah.

Operasi

Katup mitral mungkin perlu operasi perbaikan atau penggantian, bahkan jika kondisi tidak menyebabkan gejala. Jantung umumnya dapat menangkal dengan baik masalah yang disebabkan oleh kebocoran katup mitral. Jika kebocoran tidak diperbaiki segera, jantung dapat melemah dari waktu ke waktu secara permanen. Operasi katup jantung harus dilakukan di pusat bedah jantung terpercaya disertai ahli jantung, spesialis pencitraan dan ahli bedah jantung berpengalaman dalam merawat kondisi katup jantung.

  • Perbaikan katup: Perbaikankatup mitraladalah operasiuntuk mempertahankankatup danmeningkatkanfungsinya. Terkadang, dokter bedahdapat memodifikasikatupasli (valvuloplasty) untuk menghilangkanaliran darahke belakang.
  • Penggantian katup: Dalam banyak kasus, katup mitralharusdigantidengan katupmekanik atau katup jaringan. Katupmekanikyang terbuat darilogam membawa risiko pembentukan gumpalan darah. Jika Andamenerimakatup mitralmekanik, Anda harusmengambilobatantikoagulansepertiwarfarin(Coumadin) seumur hidup untuk mencegah pembekuan darah. Katupjaringan yang mungkin berasal dari sapi atau donor mayat manusia seringkaliakhirnyaperlu diganti. Tipe lain daripenggantian katupjaringan adalah dengan menggunakan katupparuAndasendiri(autograft).

Penggantian katup mitral biasanya membutuhkan operasi jantung terbuka di bawah anestesi umum dan dengan menggunakan mesin bypass jantung-paru. Teknik bedah invasif minimal melalui sayatan kecil untuk melihat daerah bedah (laparoskopi) sedang dieksplorasi untuk operasi katup mitral. Operasi jantung invasif minimal biasanya tidak begitu sakit, sedikit komplikasi dan rawat inap hanya sebentar. Namun, operasi ini lebih rumit daripada operasi jantung terbuka.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Untuk meningkatkan kualitas hidup, dokter mungkin menyarankan Anda untuk:

  • Jika Anda memiliki darah tinggi, kontrol tekanandarah untuk tetap di bawah kontrol. Selain itu, Anda juga perlu menjaga berat badan tetap pada tingkat yang ideal.
  • Makanantidak secara langsung mempengaruhiregurgitasi katup mitral, tetapidiet yang sehatdapatmembantumencegah penyakit jantunglain yangdapatmelemahkanotot jantung. Makanlahberbagai sayurandan buah-buahan, biji-bijian, dan proteinsepertidagingtanpa lemak, ikandan kacang-kacangan.
  • Berolahraga secara teratur dengan intensitas dan pola yang sesuai dengan anjuran dokter.
  • Lakukan pemeriksaan teratur untuk melihat sebarapa baik kondisi Anda.

Jika Anda seorang wanita usia subur dengan regurgitasi katup mitral, diskusikan kehamilan dengan dokter sebelum Anda hamil. Kehamilan menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Bagaimana jantung dengan regurgitasi katup mitral mentolerir pekerjaan ekstra ini tergantung pada tingkat kebocoran dan seberapa baik fungsi pompa jantung. Selama kehamilan dan setelah melahirkan, ahli jantung dan dokter kandungan harus memantau kondisi Anda.

Pencegahan

Jika Anda memiliki masalah jantung, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara teratur untuk pemantauan dan kemungkinan menangkap regurgitasi katup mitral sebelum berkembang atau dalam tahap awal agar lebih mudah diobati. Anda juga harus waspada terhadap kondisi yang berkontribusi untuk mengembangkan regurgitasi katup mitral seperti:

  • Demam rematik: Jika Anda memilikisakit tenggorokanyang parah, maka segera berobat ke dokter. Radang tenggorokan yang tidak diobati dapat menyebabkandemam rematik. Untungnya, radang tenggorokanmudah diobatidengan antibiotik.
  • Darah tinggi: Periksa tekanandarahsecara teraturuntuk mencegahregurgitasikatup mitral.
  • Prolapsus katup mitral: Jika Anda memilikikondisi iniatau kondisi lainnyayang mempengaruhikatup jantung, lakukan pemeriksaan secara teratur. Anda perlu mendapatkan perawatan medis dengan segera jikaAndamengalami demamataugejalainfeksiselaputjantung(endokarditis).
  • Serangan jantung:Untukmengurangiresiko seranganjantung, jangan merokok, berolahraga secara teratur, mengelolatekanan darah dankolesterol, dan makanlahmakanan yang sehatuntuk jantung.