Remaja Aktif di Bidang Olahraga Tingkatkan Kepercayaan Diri Juga Kemampuan Akademis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja merupakan masa dimana tubuh sedang pada titik kesehatan yang baik dan aktivitas bergerak masih sangat tinggi. Karena remaja itu selalu terkesan aktif maka akan lebih baik jika keaktifannya disalurkan ke hal yang baik sehingga bermanfaat bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Sebagai orang tua anda mungkin bisa membantu mengarahkan anak ke dalam aktivitas yang positif seperti diikutkan ekstrakulikuler di sekolah, ikut les musik atau les mata pelajaran agar tingkat kecerdasannya meningkat. Tapi, ternyata ada cara lain yang dapat anda gunakan agar anak memiliki kemampuan akademis yang baik dan tentunya percaya dirinya bagus. Cara ini cukup mudah dan bisa saja di dapatkan dengan cara gratis.

Cara tersebut yaitu dengan aktif olahraga. Berbahagialah anda jika memiliki remaja yang aktif berolahraga. Sebab sering berolahraga mampu membantu meningkatkan kepercayaan diri remaja serta kemampuan akademiknya juga akan lebih bagus dibanding anak yang tidak aktif berolahraga. Alasan remaja yang aktif di bidang olahraga lebih percaya diri dan memiliki kemampuan akademis yang bagus adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan akademis meningkat

Kebanyakan orang tua akan menyuruh anaknya rajin belajar agar kemampuan akademisnya bagus. Namun belajar saja belum cukup, anak perlu mengimbanginya dengan berolahraga. Karena menurut sebuah studi dari British Journal of Sports Medicine menyatakan bahwa aktivitas fisik atau olahraga akan membantu anak berumur 6 sampai 18 tahun dalam meningkatan kemampuan akademiknya, dan juga bermanfaat bagi perkembangan otak serta fungsi kognitif anak. Meski terkesan mengurangi waktu belajarnya, justru menurut para ahli olahraga merupakan sebuah investasi yang baik untuk meningkatkan kemampuan akademis. Meski remaja hanya melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang sudah cukup untuk meningkatkan fungsi kognitif otak dan prestasi akademik.

  • Olahraga meningkatkan kepercayaan diri

Kepercayaan diri ini sangat penting dimiliki oleh seseorang, termasuk juga remaja. Remaja yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi akan mampu bersosialisai dan melakukan hal dengan baik. Bagi remaja yang aktif beolahraga maka mereka akan mudah meningkatkan kepercayaan dirinya. Menurut Times of India alasan mengapa olahraga bisa membantu meningkatkan rasa pecaya diri adalah karena dapat memberikan rasa pencapaian, rasa nyaman meningkat, kesehatan fisik membaik karena olahraga, penampilan remaja lebih menarik, olahraga memperbaiki mood seseorang, mengenal banyak orang saat berolahraga di tempat umum, olahraga dapat meningkatkan konsentrasi. (DKA)

1 KOMENTAR

  1. Hi, i eel that i noticed you visited my sitte thus i got here
    tto go bsck the choose?.I’m attempting to to find things to improve my website!I assume its ok to make use of some off your concepts!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here