Remaja Mempunyai Peran Penting untuk Menjadi Generasi Penerus Bangsa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja merupakan masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Seseorang termasuk dalam kategori remaja jika berusia diantara 12 sampai 21 tahun.

Pada masa remaja banyak sekali hal yang dapat anda pelajari karena memang pada tahap ini remaja meliliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga membuat remaja mengetahui hal yang baru.

Dalam arti ini, belajar pada tahap remaja tidak hanya urusan pengetahuan saja tetapi harus mulai ditanamkan pembelajaran tentang negara.

Penanaman nilai atau pengetahuan tentang negara di mulai sejak dini khususnya pada usia remaja merupakan hal yang penting. Dimana remaja ini juga memiliki tugas penting sebagai penerus bangsa.

Mungkin kebanyakan remaja jaman sekarang cenderung terlihat negatif dan mengkhawatirkan bangsa. Akan tetapi jika kita mulai menggerakan dan mengembangkan potensi mereka, pasti mereka tetap akan bertanggung jawab terhadap tugasnya sebagai penerus bangsa.

Sebagai remaja penurus bangsa yang tentunya ingin negara kita lebih maju, sebaiknya kita harus selalu berusaha memperjuangkan proses pembangunan yang ada di negeri tercinta kita ini. Jangan menyerah dan lepas tanggung jawab kepada pihak lain, justru kitalah yang harus melakukannya karena remaja merupakan penerus bagi perjuangan dari generasi yang terdahulu.

Untuk meningkatkan peran remaja sebagai generasi penerus bangsa dan tidak terjerumus dalam penyimpangan atau hal negatif berikut ada beberapa solusi yang dapat anda terapkan :

  1. Mengajarkan pendidikan agama dengan baik dan maksimal terhadap remaja. Jika landasan agama yang dimiliki remaja sudah baik, otomatis remaja tersebut tidak akan melakukan perbuatan yang menyimpang, karena pada dasarnya penyimpangan sosial terjadi diakibatkan kurangnya pendidikan agama bagi anak remaja.
  2. Menanamkan pendidikan moral dan memberikan penjelasan tentang akibat yang akan dirasakan remaja jika remaja tersebut melakukan penyimpangan sosial.
  3. Kenalkan negara kepada remaja melalui pelajaran sejarah di sekolah ataupun di rumah, karena pelajaran sejarah ini merupakan pondasi bagi remaja sebagai tombak di masa depan bangsa ini.

Itulah betapa pentingnya peran kita sebagai remaja generasi penerus bangsa. Intinya kita sebagai kaum yang muda. Dimana kaum yang sedang dalam keadaan penuh kesehatan, energi dan lain sebagainya. Tetap jalani sesuatu hal yang positif, buatlah masa remaja kita sebagai masa kejayaan dengan banyak prestasi di bidang apapun, sehingga dapat digunakan sebagai pijakan awal atau bekal kita dalam memajukan negara tercinta kita negara Republik Indonesia. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here