Remaja Penderita Asma Memiliki Reaksi Alergi Terhadap Dingin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja yang menderita asma memiliki alergi terhadap hawa dingin. Asma bisa terjadi karena alergi dan itu dinamakan dengan asma alergik. Asma alergik merupakan asma yang bisa muncul karena adanya alergen. Alergen merupakan substansi lingkungan yang bisa menimbulkan kondisi tubuh menjadi tidak normal seperti contohnya ialah hawa dingin.

Mengapa Penderita Asma Juga Mengalami Alergi Hawa Dingin?

Asma secara umum banyak dialami oleh para remaja yang memiliki kesensitifan terhadap suatu substansi alergen seperti hawa dingin, debu, jamur, bulu binatang, dan lain sebagainya. Alergi yang diderita remaja bisa menimbulkan asma. Sebaliknya seorang penderita asma juga sering mengalami alergi.

Seseorang yang menderita asma, maka pernafasan menjadi tidak normal dan sangat sensitif terhadap substansi alergen. Reaksi alergi akan semakin membuat saluran pernafasan mengalami penyempitan dan menimbulkan berbagai macam alergi. Jadi secara wajar jika seorang remaja yang menderita asma juga akan menderita alergi hawa dingin. Kemudian memunculkan reaksi seperti berikut ini:

  1. Muncul bunyi saat bernafas atau mengi.
  2. Batuk.
  3. Dada terasa sesak.
  4. Tarikan nafas sangat pendek.
  5. Nafas sangat cepat.

Seorang remaja yang menderita asma, sebaiknya membawa obat-obatan dan peralatan kesehatan ketika berada di lingkungan dingin. Sebab bisa jadi akan timbul berbagai masalah yang bisa fatal jika dibiarkan. Ketika hawa dingin, akan muncul alergen yang terbawa oleh angin dari rumput, pohon, dan lain sebagainya. Angin juga membawa berbagai macam debu, kotoran hewan, dan lain sebagainya.

Asma juga bisa muncul karena adanya asap rokok, asap dari kebakaran, udara dingin, aroma yang sangat menyengat, dan efek kelelahan. Asma yang menimbulkan alergi, termasuk pada alergi hewan dingin perlu penanganan yang cukup berbeda jika dibandingkan ketika menangani asma biasa. Dokter akan fokus pada tipe asma dan pemicu terjadinya asma.

Dokter akan berusaha memberikan berbagai macam obat-obatan untuk mengontrol berbagai serangan asma yang bisa jadi timbul di masa yang akan datang. Penderitanya juga bisa jadi akan tersiksa dengan efek yang timbul karena alergi. Selain penderita akan sulit bernafas karena asma, bisa jadi akan muncul berbagai persoalan alergi seperti bintik merah pada kulit, tiba-tiba merasa lemah, dan lain sebagainya.

Seorang remaja yang menderita asma sangat disarankan untuk memakai jaket tebal saat hawa dingin sebab bertujuan untuk menurunkan adanya reaksi asma yang bisa jadi akan dirasakan oleh seseorang yang menderita asma. Penyakit asma bisa kambuh kapan saja dan penderitanya akan sangat terganggu saat lingkungannya dingin dan kotor.

Demikian informasi mengenai remaja yang menderita asma sangat dimungkinkan akan memiliki reaksi alergi pada hawa dingin. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY