Renang Merupakan Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ada beberapa komplikasi kehamilan tertentu yang membuat olahraga dianggap berbahaya bagi kehamilan. Namun, bagi ibu hamil yang sehat, kehamilan bukan alasan untuk tidak bergerak aktif dengan rutin berolahraga. Olahraga tetap disarankan karena bermanfaat baik untuk meringankan keluhan-keluhan kehamilan serta memperkuat otot-otot panggul yang berperan dalam persalinan. Namun, olahraga saat hamil memang tak bisa disamakan dengan olahraga saat sedang tidak hamil, baik itu dari durasi maupun jenis olahraga yang dilakukan. Dari sekian banyaknya jenis olahraga yang baik untuk hamil, renang adalah salah satu yang disarankan.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa para ibu hamil disarankan untuk berenang. Ketika berenang, ibu hamil dapat bergerak tanpa menempatkan tekanan lebih pada persendian sehingga minim risiko cedera. Olahraga ini juga relatif aman dilakukan kapan saja oleh ibu hamil. Selain itu, dengan berenang, ibu hamil juga mendapatkan manfaat berikut ini:

  • Meredakan nyeri punggung. Perubahan hormon dan peningkatan berat badan dapat menyebabkan nyeri otot dan persendian, terutama punggung bagian bawah. Perut yang semakin besar membuat panggul sedikit bergeser dari posisi idealnya sehingga beban punggung pun meningkat. Namun, karena berenang melibatkan kelompok otot besar (kaki dan lengan), otot tersebut pun terlatih menjadi lebih kuat dan dapat mengurangi keluhan-keluhan otot dan persendian.
  • Meringankan kaki bengkak. Banyak wanita yang mengalami kaki bengkak di masa kehamilannya. Menggerakkan anggota badan dalam air ketika berenang juga membantu mendorong cairan yang terakumulasi dalam jaringan agar kembali ke dalam pembuluh darah. Cairan tersebut akan kembali ke ginjal dan kemudian dikeluarkan melalui urin. Dengan rutin berenang, sirkulasi darah pun akan semakin baik, sehingga ibu hamil pun lebih kecil kemungkinannya mengalami kaki bengkak.
  • Mencegah overheating. Perubahan kehamilan juga membuat ibu hamil mudah gerah dan berkeringat. Berenang adalah cara efektif mempertahankan suhu internal yang normal dan mencegah overheating.
  • Melancarkan persalinan. Berenang juga dapat menjadi latihan yang mendukung kelancaran persalinan. Olahraga air ini membuat banyak otot tubuh bergerak, termasuk otot panggul. Semakin sering dilatih, otot panggung akan semakin kuat. Selain itu, berenang juga baik untuk kesehatan mental sehingga dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan pada ibu hamil karena membanyangkan bagaimana persalinannya kelak.

Sama dengan kegiatan olahraga pada umumnya, ibu hamil juga harus tetap terhidrasi, jangan memforsir diri, dan segera berhenti jika merasakan adanya sakit yang tidak wajar saat berenang. Pastikan juga untuk memilih kolam renang yang terjaga kebersihan maupun keamanannya. Selain itu, ibu hamil juga jangan sampai melewatkan jadwal kontrol kehamilannya, sehingga dokter dapat memantau kondisi kesehatan secara menyeluruh, dan menyarankan olahraga yang paling cocok sesuai kondisi. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here