Resiko yang Dialami Pria Setelah Melakukan Vasektomi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vasektomi merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi. Dengan kata lain vasektomi adalah salah satu cara untuk menekan angka kelahiran. Namun, pada kenyataanya masih banyak pria yang masih belum mengerti mengenai vasektomi ini sendiri. Di dunia, vaksektomi memang tidak sepopuler  pil KB, suntik KB, atau menggunakan kondom.

Vasektomi sendiri adalah salah satu operasi kecil yang dilakukan pada alat kelamin seorang pria. Operasi vasektomi ini dilakukan untuk mengikat sperma agar tidak mengalir dan tercampur ke dalam mani. Saat berhubungan intim, mani yang dikeluarkan oleh seorang pria tidak hanya mengandung sel sperma. Namun, di dalamnya juga terdapat cairan seminal dan getah yang berasal dari prostat. Percampuran ini yang membuat mani berwujud cairan kental dan volume cairannya cukup banyak.

Seperti yang telah di sebut di atas. Bahwa operasi vasektomi dilakukan untuk menekan angka kelahiran. Hal ini terjadi karena sperma tidak tercampur dalam mani, sehingga pria yang melakukan operasi vasektomi tidak akan mampu membuahi sel telur wanita selamanya. Tidak dapat menghamili wanita adalah salah satu resiko yang harus diterima seorang pria yang telah menjalani operasi vasektomi. Efek tidak bisa membuahi sel telur ini akan terjadi secara permanen.

Selain tidak dapat membuahi sel telur, operasi vasektomi juga akan mengurangi air mani yang dikeluarkan. Jika pada kondisi normal seorang pria bisa menghasikan 5 cc mani, maka pria yang telah menjalani operasi vasektomi akan menghasilkan air mani yang lebih sedikit. Tetap hal ini juga tergantung pada kesehatan pria yang bersangkutan. Jika kesehatannya bagus dan terjaga, maka bisa jadi air mani yang dihasilkan justru lebih banyak.

Langkah operasi vasektomi biasanya diambil jika isteri dari pria ini memiliki alergi terhadap alat kontrasespsi untuk wanita. Jadi, prialah yang mengambil alih untuk mengggunakan operasi vasektomi ini. Namun, jika pasangan masih mungkin menginginkan memiliki anak, sebaiknya pilih cara lain. Sebab seperti yang telah disebut di atas, bahwa efek dari operasi vasektomi adalah efek permanen.

Efek samping jangka pendek yang akan langsung dirasakan oleh pria yang telah melakukan operasi vasektomi adalah rasa gatal di bagian kulit yang baru saja selesai di jahit pasca operasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada cara untuk mengurangi rasa gatal akibat jahitan ini. Caranya adalah kompres daerah sekitar buah zakar Anda dengan menggunakan es batu. Kompres sekitar buah zakar Anda setelah 24 jam pasca operasi. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here