Risiko dan Cara Mencegah Kanker Prostat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika Anda khawatir tentang risiko kanker prostat, Anda mungkin tertarik dalam mempelajari cara pencegahan kanker prostat. Tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker prostat. Hasil penelitian sering bertentangan satu sama lain dan kebanyakan studi tidak dirancang untuk secara definitif membuktikan apakah sesuatu dapat mencegah kanker prostat. Akibatnya, tidak ada cara yang jelas untuk mencegah kanker prostat.

Secara umum, dokter menyarankan bahwa pria dengan risiko rata-rata kanker prostat membuat pilihan yang menguntungkan kesehatan mereka secara keseluruhan jika mereka ingin melakukan pencegahan kanker prostat tersebut. Ada beberapa bukti bahwa memilih makanan yang sehat yang rendah lemak, buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko kanker prostat menjadi lebih rendah, meskipun ini belum terbukti secara nyata.

Jika Anda ingin mengurangi risiko kanker prostat, pertimbangkan untuk mencoba:

  • Pilih diet rendah lemak. Makanan yang mengandung lemak termasuk daging, kacang-kacangan, minyak dan produk susu, seperti susu dan keju.
    Dalam beberapa penelitian, pria yang makan jumlah lemak dalam dosis tinggi setiap hari memiliki peningkatan risiko kanker prostat.
    Untuk mengurangi jumlah lemak yang Anda makan setiap hari, batasilah makanan berlemak atau memilih variasi makanan rendah lemak. Misalnya, mengurangi jumlah lemak yang Anda tambahkan ke makanan saat memasak, pilih potongan daging yang lebih ramping dan memilih produk susu yang rendah lemak.
  • Makan lebih banyak lemak nabati dibandingkan lemak hewani. Dalam studi terlihat bahwa mengkonsumsi lemak dari hewan berisiko lebih tinggi untuk terkena kanker prostat . Produk hewani yang mengandung lemak seperti daging, lemak babi dan mentega.Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan lemak nabati bukan lemak hewani. Misalnya, memasak dengan minyak zaitun daripada mentega. Taburkan kacang pada salad Anda daripada keju.
  • Tingkatkan jumlah buah-buahan dan sayuran yang Anda konsumsi setiap hari. Buah-buahan dan sayur-sayuran kaya vitamin dan nutrisi yang dipercaya dapat mengurangi risiko kanker prostat, meskipun penelitian belum membuktikan bahwa nutrisi tertentu dijamin untuk mengurangi risiko tersebut.Makan lebih banyak buah dan sayuran juga cenderung membuat Anda memiliki ruang jauh lebih sedikit untuk makanan lain, seperti makanan tinggi lemak.Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah buah-buahan dan sayuran yang Anda makan setiap hari dengan menambahkan porsi tambahan buah atau sayuran setiap kali makan. Pertimbangkanlah makan buah-buahan dan sayuran sebagai makanan ringan.
  • Makan ikan. Ikan berlemak – seperti salmon, tuna dan herring – mengandung asam lemak omega-3, sejenis asam lemak yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Jika Anda saat ini tidak makan ikan, Anda harus mulai mempertimbangkan menambahkannya ke pola makan Anda.
  • Kurangi jumlah produk susu yang Anda minum setiap hari. Dalam studi, pria yang makan produk susu  – seperti susu, keju dan yogurt – setiap hari memiliki risiko kanker prostat yang tinggi. Tapi hasil studi telah terlalu banyak, dan risiko yang terkait dengan produk susu dianggap kecil.
  • Menjaga berat badan sehat. Pria yang mengalami obesitas – indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi – mungkin memiliki peningkatan risiko kanker prostat. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, berusahalah menurunkan berat badan. Anda dapat melakukan ini dengan mengurangi jumlah kalori yang Anda makan setiap hari dan meningkatkan jumlah latihan olahraga yang Anda lakukan. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat, berusahalan untuk mempertahankan itu dengan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu dan memilih makanan yang sehat yang kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here