Risiko Dari Penggunaan Lensa Kontak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan seseorang. Mata memancarkan pesona tersendiri dalam mempercantik tampilan terutama wajah. Walaupun semua orang sudah memiliki mata yang indah, ada beberapa orang yang masih ingin mempercantik matanya.

Salah satu cara untuk mempercantik mata yaitu dengan menggunakan lensa kontak. Lensa kontak memiliki tiga jenis diantaranya lensa keras, lensa lembut dan lensa tonis.

Saat ini, sudah sangat marak penggunaan lensa kontak di kalangan masyarakat. Ada yang memanfaatkannya sebagai alat bantu penglihatan bagi yang memiliki gangguan mata, atau bahkan menggunakan lensa kontak hanya untuk trend fashion saja.

Sayangnya, tidak semua lensa kontak bereaksi sama pada mata anda. Ada yang aman, dan ada juga yang berisiko merusak mata apabila tidak digunakan secara benar. Risiko yang muncul dari penggunaan lensa kontak meliputi :

  1. Keratitis

Keratitis merupakan peradangan yang terjadi pada kornea, iris dan pupil. Pengguna lensa kontak berisiko menderita keratitis karena penggunaan lensa yang terlalu lama dan cara membersihkan lensa kontak yang tidak benar sehingga membuat kornea mata terinfeksi oleh bakteri dan terjadi peradangan. Orang yang terkena keratitis matanya akan berwarna merah, terasa perih, sulit membuka kelopak mata, penglihatan kabur dan sensitif terhadap cahaya.

  1. Mata menjadi kering

Terlalu lama beraktivitas di luar ruangan dengan memakai lensa kontak juga berbahaya bagi mata anda. Karena dapat menyebabkan mata anda kering atau terkena sindrom mata kering. Mata kering terjadi karena adanya asap atau angin yang terlalu lama mengenai mata anda. Untuk mengatasi mata kering karena lensa kontak mungkin anda dapat menggunakan tetes mata. Namun jika semakin parah sebaiknya periksa ke dokter, karena dapat mengganggu kenyamanan anda seperti mata menjadi merah, terasa berpasir, penglihatan buram dan sulit membuka mata saat bangun tidur.

  1. Abrasi kornea

Keadaan lensa kontak yang kotor ataupun karena pemasangan lensa kontak yang sering dapat menyebabkan kornea mata tergores dan terluka. Terkena abrasi mata tidak kalah sakitnya dengan risiko lain yang didapat dari penggunaan lensa kontak, abrasi kornea yang tidak segera ditangani akan mengakibatkan penurunan penglihatan menetap.

  1. Kebutaan

Kebutaan merupakan hal yang mengerikan bagi semua orang. Kebutaan dapat menjadi risiko yang paling berat dari penggunaan lensa kontak. Kebutaan terjadi karena pemakaian lensa kontak yang melebihi waktu atau terlalu lama dimana dapat meningkatkan risiko ulkus kornea dan terjadi kebutaan.

Memang cukup mengerikan risiko-risiko dari penggunaan lensa kontak yang tidak benar. Oleh karena itu, agar terhindar dari risiko-risiko tersebut. Sebaiknya bagi anda yang memakai lensa kontak harus tetap menggunakan sesuai dengan aturan dan menjaga kebersihan lensa kontak yang dipakai. Jaga lensa kontak dan tangan benar-benar bersih ketika memegang, memakai dan melepas lensa kontak. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here