Risiko IMT Tinggi Pada Pria

SehatFresh.com – Terlalu banyak atau terlalu sedikit lemak tubuh dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan. Ukuran Indeks Massa Tubuh, atau IMT dapat menyediakan pengukuran berapa banyak lemak yang dibawa oleh tubuh Anda. Dengan menghitung IMT, Anda dapat menentukan berapa banyak berat badan yang harus diturunkan atau ditingkatkan agar mencapai kategori “ideal”.

Pengukuran IMT dapat memperkirakan berapa banyak lemak yang Anda miliki berdasarkan berat badan dan tinggi. Baik pria maupun wanita, keduanya dapat menghitung IMT mereka dengan membagi berat badan mereka dalam kilogram dengan kuadrat dari tinggi badan mereka dalam meter. Umumnya, semakin tinggi IMT, semakin tinggi pula risiko kesehatannya.

Membawa kelebihan lemak terutama di bagian tengah (perut) menempatkan pria dewasa berisiko lebih besar terkena penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, resistensi insulin dan sleep apnea. Pasalnya, kelebihan lemak ini lama kelamaan akan terakumulasi sebagai “lemak perut” di sekitar organ internal. Hal ini telah dikaitkan dengan masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan diabetes. Dalam hal ini, menurunkan IMT pada kisaran normal dapat memberi beberapa perlindungan dari kondisi kesehatan yang berkaitan dengan berat badan.

Baik untuk pria maupun wanita, pengukuran IMT secara umum dibagi menjadi empat kategori, yaitu kurus, normal, kelebihan berat badan dan obesitas. Pria dengan IMT di bawah 18,5 dianggap kekurangan berat badan, IMT 18,5-24,9 dianggap normal, IMT 25-29,9 dianggap kelebihan berat badan dan di atas 30 dianggap obesitas.

Meski dapat memberi informasi terkait berat badan Anda, pengukuran IMT ini tidak dapat menentukan apakah kelebihan berat badan berasal dari otot, lemak atau jaringan tubuh lainnya. Pria cenderung membawa lebih banyak otot namun sedikit lemak dibanding wanita, sehingga seorang pria dengan IMT yang sama dengan seorang wanita biasanya akan memiliki lebih sedikit lemak. Demikian pula, pria atletis atau sangat berotot mungkin memiliki IMT yang sama dan sedikit lemak daripada pria yang jauh lebih besar dengan skala badan yang sama. IMT juga tidak memberitahu di mana sumber lemak potensial dalam tubuh Anda. Dibandingkan wanita, pria lebih mungkin menyimpan lemak di sekitar perut (lemak visceral). Jenis lemak visceral merupakan masalah kesehatan yang lebih besar daripada lemak yang tersimpan di bagian tubuh lainnya.

Sumber gambar : katalogk-link.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY