Risiko Kehamilan Akibat Penyakit Jantung

SehatFresh.com – Kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Tahap hidup yang satu ini adalah tahap hidup yang paling membahagiakan dan juga mendebarkan. Namun, jika Anda mempunyai penyakit yang serius, kehamilan Anda mungkin akan menjadi kehamilan berisiko tinggi. Kecemasan seringkali melanda ibu hamil dengan riwayat penyakit tertentu. Hal tersebut tentunya dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Salah satu penyakit yang diderita ibu hamil dan dikhawatirkan akan menggangu kesehatan ibu dan janin adalah penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyakit yang berbahaya dan telah mengakibatkan banyak kasus kematian di dunia. Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita yang sulit hamil mungkin saja memiliki penyakit jantung. Kondisi kesehatan jantung sangat memengaruhi suplai darah di dalam tubuh sehingga membuat aliran darah menjadi terhambat dan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya itu, masalah jantung juga bisa menyebabkan gangguan atau komplikasi selama kehamilan.

Jika Anda memiliki kelainan jantung bawaan dan sedang merencanakan kehamilan, maka Anda perlu waspada. Pasalnya, kondisi kehamilan dengan kelainan jantung bawaan semakin meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Bahkan, ibu hamil dengan penyakit ini bisa saja sekarat atau bahkan meninggal setelah persalinan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menunda kehamilan dan memfokuskan diri pada pengobatan penyakit jantung Anda untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan.

Masalah jantung akan memengaruhi janin dalam kandungan. Penyakit ini bisa membuat janin meninggal dalam kandungan atau bayi lahir prematur. Selain itu, akan banyak darah yang keluar ketika dilakukan persalinan normal. Bayi juga bisa saja mengalami kekurangan oksigen karena terjadi masalah distribusi oksigen ketika mengejan. Karena ada beragam kemungkinan resiko yang harus dihadapi sehingga penanganan yang akan dilakukan juga akan berbeda. Maka dari itu, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi caesar.

Pada ibu hamil dengan riwayat penyakit jantung, ketika jantung tidak mampu memompa darah, maka resiko terjadinya gagal jantung semakin meningkat. Gagal jantung merupakan tahapan yang berpotensi fatal pada penyakit jantung. Jika Anda berencana untuk hamil dan berpotensi untuk terkena penyakit jantung atau telah memiliki riwayat penyakit jantung, maka persiapan kehamilan harus benar-benar matang. Kesiapan secara fisik dan psikis ibu harus disiapkan lebih awal sebelum pembuahan. Persiapan ini meliputi cek kesehatan untuk memantau perkembangan kesehatan Anda.

Perawatan khusus untuk calon ibu dapat membantu meningkatkan peluang agar ibu bisa menjalani kehamilan yang sehat. Pemeriksaan kesehatan sebelum kehamilan sangat diperlukan bagi calon ibu yang menderita penyakit jantung. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko kehamilan yang bisa membahayakan ibu dan janin. Setelah kehamilan dinyatakan aman, Anda dapat memeriksakan diri secara rutin selama kehamilan dan setelah persalinan.

Sumber gambar : segiempat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY