Risiko Kekambuhan Kanker Payudara

SehatFresh.com – Meski sudah dioperasi, kanker payudara masih bisa kambuh dan tumbuh lagi. Bahkan, sel kanker bisa bermutasi dan menjadi resisten dengan obat-obatan. Kanker dapat kembali pada payudara yang sama atau dekat bekas luka operasi. Ada tiga jenis kekambuhan pada kanker payudara, yaitu :

  • Kekambuhan lokal

Kekambuhan lokal terjadi apabila sel kanker kembali muncul pada area yang sama. Kekambuhan lokal tidak dianggap sebagai kanker yang menyebar tapi sebagai kegagalan pengobatan. Terapi kanker payudara yang konservatif dan dengan radiasi yang memiliki resiko yang cukup tinggi mengalami kekambuhan seperti ini. Terapi untuk kekambuhan kanker payudara tipe ini tergantung pada terapi yang sebelumnya sudah dilakukan. Apabila sebelumnya hanya dilakukan operasi tanpa pengangkatan payudara, maka operasi pengangkatan payudara mungkin dipertimbangkan untuk pengobatan selanjutnya.

  • Kekambuhan regional

Kekambuhan regional mengindikasikan bahwa sel kanker sudah menyebar melewati payudara dan kelenjar getah bening pada ketiak. Kekambuhan kanker yang menempati dua sisi tubuh menandakan sel kanker yang lebih agresif.

  • Kekambuhan¬† jauh

Kekambuhan jauh sering dikenal dengan metastasis adalah kasus yang paling parah dan angka harapan hidupnya sangat kecil. Sel kanker akan menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak lalu menyebar ke tulang. Pada beberapa kasus yang lain, kanker dapat menyebar ke paru, hati, otak, dan organ-organ yang lain. Pembedahan jarang menjadi pilihan terapi untuk kanker payudara yang sudah bermetastasis karena sel kanker tidak menempati satu tempat tertentu. Terapi yang dipilih biasanya kemoterapi, radiasi, dan terapi endokrin.

Kekhawatiran pasti akan menghantui para mantan pasien kanker payudara. Hal tersebut wajar jika mantan pasien kanker payudara mengalami kecemasan seperti itu, karena kekambuhan untuk penyakit kanker payudara memang sangat dimungkinkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda yang telah selesai menjalani pengobatan kanker payudara untuk terus melakukan pemeriksaan secara rutin agar segera mengetahui jika tanda-tanda kekambuhan muncul. Pengobatan kanker, merupakan pengobatan yang berkesinambungan. Setelah pengobatan utamanya baik berupa operasi, radioterapi, kemoterapi , terapi hormon, atau terapi kombinasi antara operasi dengan radioterapi atau dengan kemoterapi maupun terapi hormon, mantan penderita  harus tetap kontrol secara teratur untuk menilai ada tidaknya kekambuhan

Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara berulang. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang berat badannya naik setelah diagnosis kanker payudara mereka memiliki peningkatan risiko kekambuhan lebih tinggi. Para ahli juga telah mencari hubungan antara pola makan, risiko kanker payudara dan risiko kekambuhannya. Mereka menemukan bahwa pola makan rendah lemak dapat mengurangi risiko kanker payudara. Diet sehat yang mencakup buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dapat membuat Anda merasa lebih baik dan memberi energi yang dibutuhkan tubuh pada masa pemulihan. Bila Anda mempertimbangkan mengambil suplemen nutrisi, berkonsultasilah dengan ahli gizi untuk mengevaluasi diet Anda.

Sumber gambar : pramareola14.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY