Risiko Masalah Kesehatan yang Mengintai Pekerja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang pasti memiliki pekerjaan, entah menjadi seorang guru, pekerja kantoran atau satpam dan jenis pekerjaan lainnya. Seseorang bekerja karena memiliki tujuan tertentu. Salah satunya yaitu untuk mendapatkan penghasilan berupa uang sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk kelangsungan hidupnya.

Untuk mendapatkan uang pasti orang akan bekerja sekuat tenaga memberikan yang terbaik kepada atasanya hingga mereka tidak memperhatikan diri dari sisi kesehatan. Padahal jika bekerja terlalu lelah maka akan berisiko pada kesehatan anda. Oleh karena itu pekerja biasanya berisiko mengalami masalah kesehatan, ada beberapa risiko kesehatan yang mengintai pekerja yaitu:

  1. Nyeri pungung, bahu dan leher

Nyeri pungung, bahu dan leher merupakan keluhan kesehatan dan risiko kesehatan yang paling umum pada pekerja. Masalah tersebut terjadi karena adanya aktivitas yang dominan. Seperti orang yang pekerjaannya menuntut untuk berjam-jam berdiri maka berisiko sering mengalami gangguan sirkulasi darah dan pembengkakan pada bagian tertentu tubuh serta memiliki risiko nyeri pungung dua kali lipat dari pekerja yang duduk. Namun, pekerja yang duduk juga tak jauh dari risiko nyeri pungung, bahu dan leher.

  1. Sering sakit

Aktivitas yang padat dan banyaknya pekerja di kantor memberikan risiko bakteri yang menyerang anda sehingga banyak pekerja kantor yang sakit. Satu studi juga dilakukan oleh National Science Foundation Amerika bahwa sekitar 26 persen pekerja yang datang ke kantor dalam keadaan sakit.

  1. Gemuk

Pekerja yang risiko menjadi gemuk adalah mereka yang aktivitas terseringnya adalah duduk. Bekerja dengan duduk terlalu lama akan sedikit membakar lemak dalam tubuh sehingga kalori menumpuk dan gemuk. Padahal orang yang gemuk berisiko mengalami maslah kardiovaskuler dan meningkatkan risiko kematian dini.

  1. Mata sering lelah

Bagi anda yang menghabiskan waktu bekerja di depan komputer seharian, pernahkah merasa mata nyeri dan kering, pusing dan pandangan kabur?. Jika pernah maka anda harus berhati-hati. Bisa saja anda terkena computer vision sindrom yaitu gangguan pada penglihatan karena terlalu lama di depan komputer.

  1. Stress

Risiko stress memang sering dialami oleh pekerja. Hal itu dibuktikan pada data di Amerika Serikat mengungkapkan sekitar 75 persen pekerja di sana stres. Kondisi tersebut sampai-sampai berpengaruh ke kondisi fisik seperti sakit kepala, lelah, mual. Stres sendiri juga berdampak pada produktivitas pekerja yang menurun.

  1. Rusaknya hubungan dengan pasangan

Bagi anda yang workholic pasti waktu untuk keluarga atau pasangan akan berkurang sehingga risiko kerusakan keluarga juga akan meningkat. Dampak dari stress yang anda rasakan juga dapat mempengaruhi kerusakan hubungan anda dengan pasangan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here