Rutin Berhubungan Seks di Bulan Puasa Dapat Terhindar Dari Stres

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu cara menjaga kesehatan fisik dan mental serta keharmonisan dalam hubungan rumah tangga adalah dengan rutin melakukan hubungan intim bersama pasangan. Namun, selama menjalani puasa Ramadan, umat islam tidak bisa melakukan hubungan intim di waktu-waktu tertentu yakni pada waktu siang hari.

Lantas, bagaimana cara menyiasati agar ibadah puasa dapat dijalani dengan khusyuk, namun juga tetap rutin memenuhi kebutuhan hubungan intim dengan baik agar terhindar dari stres?

Seorang dokter dari Kanada, mengatakan jika melakukan hubungan intim selama bulan Ramadan sebenarnya tidak dilarang asal tidak dilakukan selama berpuasa atau pada siang hari. Sebagai gantinya, anda dapat melakukan hubungan intim dengan pasangan setelah berbuka puasa hingga waktu menjelang sahur. Kondisi ini juga diperkuat dengan firman Allah yang berbunyi:

“Dihalalkan bagi kamu sekalian pada malam hari di bulan puasa (Ramadhan) bercampur dengan isteri-isterimu; mereka adalah pakaian bagi kamu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampunimu dan memberi maaf kepada kamu. Maka campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu dan segera makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yakni fajar. lalu sempurnakanlah ibadah puasa sampai (datang) malam, tetapi janganlah kamu campuri mereka (istri-istrimu) itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid. Itu larangan Allah, maka janganlah kamu mendekati. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatNya kepada manusia, supaya mereka bertakwa,” (QS 2:187).

Selain menambah keintiman hubungan sepasang suami istri, rutin berhubungan seks juga mempunyai beberapa manfaat secara medis bagi kesehatan mental dan fisik seseorang, yaitu:

Mengurangi stres

Melakukan hubungan seks yang rutin dapat mengurangi rasa stres mental. Terlebih selama bulan puasa Ramadhan banyak sekali hal yang membuat anda stres, dan anda harus tetap menahan emosi. Dengan melakukan hubungan intim bersama pasangan di malam hari,  maka hal ini bisa menumbuhkan kembali hal positif selama bulan ramadan. Selain itu, rutin melakukan hubungan seks juga dapat mengurasi risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi pada orang yang sehat. Apabila anda sering mengalami hipertensi maka sangat rentan akan merasakan stres mental.

Nah, supaya ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dan hubungan intim dapat berjalan dengan baik, dr Caesario memberi beberapa tips tentang cara hubungan seks bagi suami istri selama bulan Ramadhan, sebagai berikut:

  1. Lakukan hubungan intim dengan pasangan setelah Anda melaksanakan ibadah shalat Isya dan atau Tarawih. Anda juga bisa melakukan hubungan intim tengah malam menjelang tidur atau setelah bangun tidur sebelum sahur, sehingga tidak menganggu kualitas dan kuantitas waktu tidur anda dengan pasangan.
  2. Selama berpuasa, hindari bercumbu atau melakukan hal-hal sensitif yang bisa merangsang ke arah hubungan seks.
  3. Jangan melakukan hubungan seks secara berlebihan karena Anda harus bangun di waktu sahur untuk mengisi tenaga menjalani puasa di hari berikutnya.
  4. 4. Setelah selesai berhubungan intim, segera mungkin sucikan diri Anda dengan mandi junub sebelum waktu imsak tiba. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here