Rutin Melaksanakan Sholat Tarawih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selain melakukan ibadah puasa dibulan Ramadhan ini, banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan, salah satunya selalu melaksanakan sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang dilakukan selama bulan ramadhan dengan jumlah 11 atau 23 rokaat.

Sholat tarawih termasuk kedalam golongan sholat malam dan dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Tidk hanya mendatangkan pahala bagi yang manjalankannya, sholat tarawih juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat sholat tarawih selama bulan ramadhan ini? Simak penjelasan berikut,

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Tidak hanya olahraga saja yang dapat memberikan manfaat untuk kebugaran tubuh, sholat tarawih juga memberikan manfaat ini. Hal ini terjadi karena sholat tarawih menghasilkan efek fisiologis yang sama dengan ketika kita melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan dan tanpa efek samping tentunya.

  1. Menyehatkan tulang dan persendian

Sholat tarawih termasuk sholat malam yang memiliki jumlah rokaat yang cukup banyak. Jika anda melaksanakan sholat tarawih seara rutin, maka gerakan sholat tarawih ini mampu menyehatkan tulang dan persendian.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Saat berbuka puasa, pada umumnya orang-orang akan memakan makanan yang manis. Hal ini dapat menjadi penyebab gula darah dalam tubuh meningkat dan daoat memicu penyakit diabetes. Dengan melakukan gerakan sholat tarawih anda bisa menurunkan kadar gula darah setelah berbuka puasa.

  1. Membakar kalori

Melakukan sholat tarawih seara rutin juga bermanfaat untuk membakar kalori tanpa meningkatkan nafsu makan. Asupan makanan yang terbatas ketika sahur dan berbuka puasa yang disertai sholat tarawih akan membantu untuk mengurangi berat badan.

  1. Meningkatkan funsgi otak

Sholat tarawih yang rutin dilakukan juga dapat meningkatkan peredaran darah ke otak dan mnjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan otak, sehingga otak dapat bekerja secara optimal. Hal ini juga dapat membantu anda untuk lebih berkonsentrasu terutama saat bekerja meskipun anda sedang berpuasa.

  1. Meningkatkan mood

Dengan melakukan sholat tarawih bisa menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan mood baik dan menghilangkan stress. Tubuh terutama otak akan melepaskan hormon endorpin yang bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood menjadi baik.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Saat melakukan gerakan sholat tarawih secara rutin tubuh menjaga keseimbangan detak jantung dan membuat anda lebih merasa nyaman. Sehingga dapat dikatakan bahwa sholat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here