Rutinitas untuk Meningkatkan Semangat dan Produktivitas di Pagi Hari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang pasti setuju tentang betapa sulitnya mendapatkan semangat di pagi hari. Tetapi, beberapa hal mudah berikut ini bisa mematahkan pendapat Anda. Lakukan hal sederhana di bawah ini untuk meningkatkan semangat dan produktivitas di pagi hari:

  1. Tarik napas dalam-dalam

Jika terbangun dalam kondisi tidak bugar, biasanya aktivitas pertama yang dilakukan adalah menguap lalu menggeliat karena tubuh merasa kekurangan oksigen. Tidak cukup hanya dengan menguap, kebutuhan oksigen dalam tubuh juga harus dipenuhi dengan menarik napas dalam-dalam segera setelah bangun tidur di pagi hari.

  1. Menjauhi gadget

Memeriksa chatt atau email memang penting dilakukan di pagi hari, tetapi lebih baik anda lakukan bukan saat baru bangun tidur. Memeriksa email, chat atau pesan singkat, serta media sosial bisa membuat Anda menjadi stres dan menghilangkan semangat jika isi pesan tersebut mengandung hal-hal yang membuat badmood. Jadi, sebisa mungkin hindari memegang gadget ketika bangun di pagi hari.

  1. Lakukan 15 menit peregangan

Ketika bangun di pagi hari, lakukan peregangan pada otot-otot tubuh selama 15 menit. Hal ini secara alami dapat merangsang tubuh. Tidak seperti kopi yang hanya bisa meningkatkan energi selama beberapa jam, dengan melakukan peregangan pada otot-otot dapat meningkatkan energi dan menambah semangat untuk menjalani rutinitas di pagi hari.

  1. Membuat rencana untuk hari ini

Jika Anda tidak menuliskan rutinitas apa saja yang harus dilakukan besok, tak ada salahnya melakukan hal tersebut di pagi hari. hal Ini akan membantu Anda mengetahui dengan jelas apa saja yang harus dilakukan pada hari tersebut. Selain itu juga membantu untuk tetap fokus dan produktif.

  1. Minum air putih

Minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat maupun penguapan selama tidur. Pada beberapa kasus, perasaan tidak segar dan tidak bersemangat saat bangun tidur terjadi hanya karena dehidrasi kekurangan cairan tubuh. Sehingga pada saat bangun di pagi hari tubuh terasa lebih bersemangat.

  1. Olahraga

Jika pagi hari bangun dalam kondisi tidak semangat, maka sepanjang hari biasanya akan terasa membosankan dan kurang bersemangat saat bekerja. Untuk meredakannya, lakukan sesuatu yang menyenangkan sebelum memulai rutinitas sehari-hari termasuk sebelum berangkat kerja. Aktivitas yang paling bermanfaat sekaligus menyenangkan untuk dilakukan di pagi hari yaitu olahraga. Selain bisa meningkatkan kebugaran, aktivitas ini bisa membuat orang lupa pada keluhannya saat bangun tidur yakni tidak segar atau kurang bersemangat.

  1. Jangan pernah berusaha menunda atau mematikan alarm

Cara terbaik untuk bisa bangun tidur dalam keadaan bugar dan semangat adalah sesegera mungkin bangkit dari tempat tidur anda, jika memang sudah waktunya untuk bangun. Jangan sesekali menunda alarm dengan menekan tombol snooze (tunda) meski hanya untuk 5 atau 10 menit, karena perpanjangan waktu yang tidak seberapa itu hanya akan membuat tubuh semakin terasa malas untuk bangun melakukan aktivitas dan rutinitas di pagi hari. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY