SACRAL DIMPLE

DEVINISI
Sacral Dimpel adalah indentasi yang hadir pada saat lahir, di kulit pada punggung bagian bawah. Biasanya terletak tepat di atas lipatan antara pantat. Sakral Dimple kebanyakan tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan apapun.

Sakral Dimpel yang disertai dengan seberkas rambut terdekat, kulit yang terkena atau perubahan warna kulit yang kadang-kadang dikaitkan dengan kelainan yang mendasari tulang belakang. Dalam hal ini, dokter anak Anda dapat merekomendasikan tes pencitraan. Jika ditemukan kelainan, pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasari.

GEJALA
Sakral Dimpel terdiri dari indentasi, atau “lubang,” di kulit pada punggung bawah, tepat di atas lipatan antara pantat.

PENYEBAB
Sakral Dimpel adalah suatu kondisi bawaan, yang berarti hadir pada saat lahir. Penyebab penyakit ini tidak diketahui secara jelas.

KOMPLIKASI
Jarang terjadi, Sakral Dimpel berhubungan dengan kelainan yang mendasari tulang belakang atau tulang yang berbahaya. Contoh termasuk:

  • Spina bifida. Ini adalah jenis yang ringan, disebut occulta spina bifida, terjadi ketika tulang belakang tidak menutup dengan benar di sekitar sumsum tulang tetapi tali tertinggal dalam kanal tulang belakang. Dalam kebanyakan kasus, spina bifida occulta menyebabkan tidak ada gejala.
  • Sindrom tambatkan tali. Sumsum tulang biasanya tergantung bebas dalam kanal tulang belakang. Tali ditambatkan sindrom adalah gangguan yang terjadi ketika jaringan yang terpasang ke sumsum tulang belakang membatasi gerakannya. Tanda dan gejala mungkin termasuk kelemahan atau mati rasa di kaki dan inkontinensia kandung kemih atau usus.
    Risiko masalah tulang belakang meningkat jika dimple sakralis disertai dengan seberkas rambut terdekat, kulit atau perubahan warna kulit tertentu.

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI KONSULTASI
Secara umum, anak Anda tidak perlu menemui dokter untuk sacral dimple. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang sacral dimple, Anda dapat juga membawa ini pada kunjungan rutin anak Anda.
Beberapa pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter anak Anda meliputi:

  • Apakah anak saya perlu berbagai tes untuk meyakinkan bahwa tidak ada penyebab lainya?
  • Apakah bagian tertentu memerlukan pembersihan atau perawatan khusus ?
  • Apakah perawatan lain diperlukan?
  • Apakah sacral dimple pernah berhubungan dengan kondisi yang lebih serius?

TES DAN DIAGNOSIS
Sacral dimple hadir pada saat lahir dan terlihat jelas selama tes fisik bayi awal. Dalam kebanyakan kasus, pengujian lebih lanjut tidak perlu. Namun, jika dimple sangat besar atau disertai dengan seberkas rambut terdekat, kulit atau jenis perubahan tertentu terhadap warna kulit, dokter mungkin menyarankan pencitraan tes untuk menyingkirkan masalah saraf tulang belakang.

Tes ini dapat mencakup:

  • USG. Prosedur non-invasif ini menggunakan frekuensi tinggi gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur tubuh.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). Jika membutuhkan gambar lebih detail, dokter Anda dapat merekomendasikan MRI, yang menggunakan gelombang radio dan Medan magnet yang kuat untuk membuat penampang gambar tubuh.

PERAWATAN DAN DIAGNOSIS
Pengobatan tidak perlu untuk sakral dimple sederhana.