SACROILIITIS

DEFINISI
Sacroiliitis adalah suatu peradangan dari salah satu atau kedua sendi sacroiliac tempat-tempat yang dimana tulang belakang dan panggul Anda yang lebih rendah menghubungkan. Sacroiliitis yang dapat menyebabkan rasa sakit di bokong atau punggung Anda, dan bahkan dapat memperpanjang salah satu atau kedua tungkai turun. Rasa sakit yang terkait dengan sacroiliitis sering diperparah karena berdiri terlalu lama atau menaiki tangga.

Sacroiliitis cukup sulit untuk didiagnosa, karena memungkinan terjadi kekeliruan karena penyebab nyeri yang berulang. Hal ini terkait dengan sekelompok penyakit yang menyebabkan inflamasi arthritis tulang belakang. Pengobatan sacroiliitis melibatkan kombinasi dari istirahat, terapi fisik dan obat-obatan.

GEJALA
Rasa sakit yang terkait dengan sacroiliitis paling sering terjadi di pantat dan punggung. Itu juga dapat mempengaruhi kaki, selangkangan dan bahkan kaki. Sacroiliitis dapat diperburuk oleh:

  • Berdiri Berkepanjangan atau telalu lama
  • Bantalan lebih berat pada satu kaki daripada yang lain
  • Menaiki tangga
  • berlari
  • Mengambil langkah besar

PENYEBAB
Berbagai macam faktor atau peristiwa dapat menyebabkan disfungsi sendi sacroiliac, termasuk:

  • Cedera traumatis. Dampak yang tiba-tiba, seperti kecelakaan kendaraan bermotor atau jatuh, dapat merusak sendi sacroiliac Anda.
  • Arthritis. Keausan Arthritis dan (Osteoartritis) dapat terjadi pada sendi sacroiliac, seperti spondilitis ankilosa tipe arthritis inflamasi yang mempengaruhi tulang belakang.
  • Kehamilan. Sendi sacroiliac harus melonggarkan dan peregangan untuk mengakomodasi dalam melahirkan. Bertambah berat dan mengubah kiprah selama kehamilan dapat menyebabkan stres tambahan di sendi ini dan dapat menyebabkan keausan normal.
  • Infeksi. Dalam kasus yang jarang, sacroiliac secara bersamaan bisa terinfeksi.

KOMPLIKASI
Sacroiliitis mungkin menjadi bagian dari kondisi rematik peradangan dikenal sebagai spondilitis ankilosa. Komplikasi dari kondisi ini dapat menjadi sangat serius, termasuk kesulitan bernapas, kelainan tulang belakang, infeksi paru-paru dan masalah jantung.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Anda mungkin memulai dengan melihat dokter keluarga Anda. Namun, dokter dapat mengarahkan Anda ke rheumatologist atau bedah ortopedi.

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum wawancara, Anda mungkin ingin menulis daftar jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Adakah anggota keluarga Anda lainya yang memiliki gejala yang sama?
  • Apakah Anda pernah jatuh karena kecelakaan mobil baru-baru ini?
  • Apa obat-obatan dan suplemen yang Anda ambil secara teratur?

Apa yang diharapkan dari dokter Anda
Dokter Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Kapan gejala Anda mulai terjadi?
  • Dimana persis rasa sakit Anda terjadi?
  • Apakah jenis aktivitas yang membuat rasa sakit Anda semakin memburuk atau berkurang?

TES DAN DIAGNOSIS
Selama tes fisik, dokter mungkin mencoba untuk menentukan penyebab nyeri Anda dengan menekan langsung di berbagai tempat pada pinggul dan pantat. Dia juga mungkin memindahkan kaki Anda ke dalam berbagai posisi dengan lunak untuk memeriksa sacroiliac pada sendi Anda.

Tes pencitraan
X-ray panggul Anda dapat mengungkapkan tanda-tanda kerusakan sacroiliac. Jika kemungkinan terdapat spondilitis ankilosa, dokter mungkin merekomendasikan magnetic resonance imaging (MRI) sebuah tes yang menggunakan gelombang radio dan Medan magnet yang kuat untuk menghasilkan penampang gambar tulang yang sangat rinci dan jaringan lunak pada tubuh Anda.

Karena nyeri punggung rendah dapat disebabkan oleh begitu banyak berbagai jenis masalah, dokter mungkin menyarankan menggunakan suntikan anestesi untuk membantu menentukan diagnosis. Misalnya, jika suntikan mematikan obat ke sacroiliac bersamaan dengan menghentikan rasa sakit Anda, ada kemungkinan bahwa masalahnya adalah dalam sendi sakroiliak. Namun, obat mati rasa dapat bocor ke struktur terdekat, dan dapat mengurangi keandalan dari tes ini.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Jenis perawatan yang direkomendasikan dokter tergantung pada tanda-tanda dan gejala yang Anda alami, serta penyebab sacroiliitis Anda.

Obat
Tergantung pada penyebab nyeri Anda, dokter dapat merekomendasikan:

  • Penghilang rasa sakit. Jika obat nyeri tanpa resep tidak memberikan hasil yang cukup, dokter dapat meresepkan obat ini versi yang lebih kuat. Kadang-kadang, terkadang narkotika jangka pendek tertentu mungkin akan diresepkan. Narkotika menyebabkan ketagihan dan tidak boleh digunakan untuk jangka waktu lama.
  • Perelaksasi otot. Obat-obatan seperti cyclobenzaprine (Flexeril, Amrix) dapat membantu mengurangi kejang otot yang sering dikaitkan dengan sacroiliitis.
  • TNF inhibitor. Inhibitor tumor necrosis factor (TNF), seperti etanercept (Enbrel), adalimumab (Humira) dan infliximab (Remicade) seringkali dapat membantu meringankan jenis sacroiliitis yang terkait dengan spondilitis ankilosa.

Terapi
Dokter atau ahli terapi fisik dapat membantu Anda mempelajari cakupan gerakan dan latihan peregangan untuk menjaga kelenturan sendi, dan memperkuat latihan untuk memberikan tambahan kestabilan untuk otot Anda

Bedah dan prosedur lainnya
Jika metode lain belum mengurangi rasa sakit Anda, dokter mungkin menyarankan:

  • Suntikan Sendi. Kortikosteroid dapat disuntikkan langsung ke sendi untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Tetapi Anda dapat menerima hanya beberapa suntikan sendi setahun karena steroid dapat melemahkan tulang sendi dan tendon.
  • Radiofrekuensi denervasi. Radiofrekuensi energi dapat merusak atau menghancurkan jaringan saraf yang menyebabkan sakit yang Anda alami.
  • Stimulasi listrik. Menanamkan stimulator listrik ke sakrum dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sacroiliitis.
  • Fusi sendi. Meskipun operasi jarang digunakan untuk mengobati sacroiliitis, menggabungkan dua tulang secara bersamaan dengan logam hardware kadang-kadang dapat meringankan rasa sakit sacroiliitis.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Perawatan rumahan sacroiliitis meliputi:

  • Obat penghilang gejala nyeri tanpa resep. Obat-obatan seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) dan acetaminophen (Tylenol) dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan sacroiliitis. Beberapa obat ini dapat menyebabkan sakit perut, atau ginjal atau masalah hati.
  • Istirahat. Memodifikasi atau menghindari jenis kegiatan yang memperburuk rasa sakit Anda dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi sacroiliac Anda. Postur tubuh tepat merupakan hal yang penting.
  • Es dan panas. Es dan panas dapat membantu meringankan sakit sacroiliac.