Sakit Kepala Akibat Dehidrasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – 75% dari tubuh manusia adalah cairan, maka bisa dibayangkan jika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan sedikit saja akan berpengaruh pada berbagai macam organ yang ada di dalam tubuh. Kurangnya cairan akan berdampak buru bagi kesehatan Anda, salah satu gejala yang timbul akibat dehidrasi adalah timbulnya sakit kepala.

Sakit kepala dapat muncul saat dehidrasi karena seiring dengan banyaknya rutinitas yang dilakukan maka cairan dalam tubuh pun ikut berkurang, maka berikut adalah beberapa keadaan yang membuat sakit kepala muncul saat dehidrasi:

  • Berkurangnya potasium dan sodium. Ini adalah dua unsur penting dalam tubuh, kedua zat ini ikut hilang bersama dengan cairan tersebut. jika ini terjadi maka bisa berakibat pada perubahan zat kimia dalam darah, perubahan ini sangat berpengaruh pada otak, kekurangan cairan pun membuat otak kekurangan pasokan oksigen sehingga ini lah sebabnya mengapa dehidrasi bisa menimbulkan sakit kepala.
  • Menurunnya serotonin dalam tubuh. Dehidrasi juga dapat membuat serotonin pada tubuh menjadi menurun sehingga membuat tubuh menjadi lebih smudah terkena sakit kepala.
  • Penyempitan pembuluh darah. Kurangnya cairan dapat membuat pembuluh darah ke otak menjadi sempit dan menimbulkan migrain.

Tingkat sakit kepala yang timbul karena dehidrasi pun beragam bergantung seberapa banyak cairan yang hilang dalam tubuh. Banyak faktor yang melatar belakangi kurangnya tubuh mendapatkan cairan seperti:

  • Setelah melakukan olahraga kurang mendapatkan asupan cairan.
  • Berkeringat. Terus berkeringat dapat membuat tubuh dehidrasi karena terus mengeluarkan cairan melalui pori-pori tubuh.
  • Menderita diabetes melitus dan insipidus, gangguan ginjal, dan kelenjar adrenal. Pada penderita penyakit ini umumnya terjadi sakit kepala yang kronis, sakit kepala ini pun disertai dengan rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan.
  • Dehidrasi karena banyak faktor. Selain yang disebutkan diatas beberapa keadaan lain juga dapat menjadi penyebab tubuh mengalami dehidrasi seperti muntah, diare, luka bakar, mestruasi, kelebihan konsumsi alkohol dan kafein, mengkonsumsi obat-obat deuretik, dan antihistamin ini adalah keadaan-keadaan yang membuat tubuh kekurangan cairan ang begitu banyak sehingga menjadi dehidrasi.

Pencegahan dehidrasi sebenarnya cukup mudah, Anda bisa mulai dengan cukup konsumsi air putih yaitu dalam sehari Anda bisa konsumsi air putih sebanyak 8-9 gelas. Cairan juga bisa didapatkan dari buahdan sayur maka mulailah konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air untuk menambaha supan cairan dalam tubuh. Pada saat cuaca panas sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah hindari konsumsi kafein dan alkohol secara berlebihan. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY