Sakit Kepala Saat Hamil Serta Penanganannya

Asian pregnant woman having headache at home, full body sitting on floor.

SehatFresh.com – Saat hamil muda, seringkali banyak ibu hamil yang mengeluhkan sakit kepala. Umumnya, sakit kepala selama kehamilan hanya menimbulkan ketidaknyamanan dan tidak membahayakan. Sakit kepala yang disebabkan tensi darah naik merupakan hal yang paling sering dialami para wanita yang tengah hamil, apalagi ketika trimester pertama. Namun dalam beberapa kasus, sakit kepala dapat menjadi tanda dari masalah medis yang lebih serius.

Mengenai penyebab pasti dari keluhan sakit kepala ini, para ahli menduga faktor hormonlah yang menjadi penyebab ibu hamil sering mengeluhkan sakit kepala. Peningkatan volume darah dan sirkulasi darah yang terjadi dalam tubuh pun bisa jadi penyebab munculnya sakit kepala pada awal kehamilan. Pemicu sakit kepala lainnya bisa diakibatkan kelelahan, waktu tidur yang kurang, kelelahan mata, alergi, stres, depresi, lapar, dan dehidrasi. Maka dari itu, sangat disarankan agar ibu banyak istirahat dan menerapkan pola hidup sehat guna mengurangi risiko munculnya berbagai keluhan di masa kehamilan.

Saat hamil, penggunaan obat tentunya tidak boleh sembarangan termasuk obat sakit kepala. Maka dari itu, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter mengenai cara mengatasi keluhan sakit kepala yang ibu alami. Pasalnya, obat sakit kepala yang banyak dijual di pasaran umumnya mengandung aspirin dan ibuprofen, yang mana kedua bahan tersebut tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena beresiko pada janin.

Selain dengan obat, ada berbagai cara yang lebih alami untuk meredakan masalah sakit kepala, salah satunya dengan pijat. Dengan memijat tubuh, otot-otot yang tegang bisa sedikit kendur sehingga mampu mengurangi ketegangan otot di kepala Anda. Mandi juga bisa menjadi obat yang efektif untuk mereleksasi otot-otot kepala yang tegang. Anda juga dapat menerapkan kompres hangat ataupun dingin pada bagian dahi. Di samping itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keluhan sakit kepala serta mengurangi stres yang dapat menyebabkan sakit kepala karena tegang. Jika ibu sering mengalami sakit kepala atau migrain, ibu dapat memilih satu jenis olahraga yang ringan dan dilakukan secara teratur. Teknik relaksasi yang aman untuk kehamilan seperti yoga dan meditasi juga dapat membantu mengurangi stres dan sakit kepala pada beberapa ibu hamil yang sering dikeluhkan di trimester pertama.

Para ahli mengatakan bila Anda sudah merasakan rasa sakit dikepala segeralah catat semua kegiatan Anda. Catatlah mengenai apa yang dilakukan dan apa yang dikonsumsi setiap harinya, baik itu sebelum maupun sesudah sakit kepala menyerang. Ini sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab utama sakit kepala tersebut. Jangan ragu untuk menghubungi dokter bila ibu sudah merasa ada yang tidak beres dengan sakit kepala yang ibu derita. Pasalnya, salah ambil obat bisa berdampak buruk bagi kandungan.

Sumber gambar : www.907chiro.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY