Sakit Sendi Pada Kehamilan

SehatFresh.com – Tubuh wanita mengalami banyak perubahan dramatis selama kehamilan, beberapa di antaranya membawa efek yang kurang menyenangkan. Sakit sendi adalah salah satu gejala umum yang timbul akibat kombinasi dari perubahan sirkulasi, postur, cairan tubuh dan tekanan rahim. Kabar baiknya, perawatan sederhana dapat membantu meringankan ketidaknyamanan akibat keluhan ini.

Pembengkakan sendi pada kehamilan, yang juga disebut edema, terjadi akibat rahim yang semakin tumbuh menempatkan tekanan pada pembuluh darah utama sehingga dapat mengurangi sirkulasi. Pembengkakan semacam ini umum terjadi dalam kehamilan, terutama pada kaki dan pergelangan kaki. Untuk mengatasi ketidaknyamanan akibat kondisi ini, ibu hamil dapat mengurangi penumpukan cairan pada area-area persendian seperti dengan meninggikan kaki ketika duduk atau berbaring, dan menghindari posisi menyilangkan kaki serta tidak berdiri terlalu lama.

Sakit punggung juga merupakan salah satu keluhan yang paling umum dalam kehamilan. Ini terjadi karena perubahan postur. Kehamilan membuat pusat gravitasi pada ibu hamil berubah ke arah depan, seiring dengan perut yang semakin membuncit. Hal ini menyebabkan postur tubuh berubah. Akibatnya adalah nyeri atau ketegangan di punggung. Sakit punggung moderat dapat diminimalkan dengan :

  • Mempertahankanpostur yang baikdan janganberdiriuntukwaktu yang lama
  • Hindari penggunaansepatu hak tinggi
  • Pilihkursiyang memberikandukungan yang baik untuk punggung
  • Hindarimengangkat benda berat
  • Menempelkan bantal pemanas atau botol berisi air panas di daerah yang sakit

Sakit punggung yang parah menunjukkan kondisi yang tidak normal dan harus mendapat evaluasi medis. Pembengkakan yang terjadi tiba-tiba pada tangan atau kaki kemungkinan mengindikasikan kondisi yang disebut pre-eklampsia. Segera periksakan juga jika ibu mengalami pembengkakan yang lebih besar pada satu kaki, terutama jika disertai dengan rasa sakit pada paha atau betis.

Selain itu, rasa sakit atau rasa panas pada tangan mungkin gejala carpal tunnel syndrome. Kondisi ini cukup sering teradi dalam kehamilan. Carpal tunnel syndrome juga bisa muncul dengan gejala mati rasa, kesemutan atau kelemahan pada tangan. Pada ibu hamil, kondisi seringkali memengaruhi kedua tangan dan paling sering muncul pada trimester kedua dan ketiga. Gejala carpal tunnel syndrome dapat dikurangi dengan menerapkan kompres dingin atau panas ke pergelangan tangan.

Sumber gambar : gigisusu.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY