Salah Pola Makan saat Berpuasa Justru Bikin Gemuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tahukah Anda kalau kebanyakan orang malah mengalami kenaikan berat badan setelah berpuasa? Kenapa ini bisa terjadi? Jawabannya adalah pola makan. Ya, salah mengatur pola makan saat bulan puasa malah akan membuat badan Anda semakin melar lho.

“Makan hanya sekali justru membuat diet untuk menurunkan berat badan selama puasa tidak akan berhasil. Dengan melewatkan sahur, terjadi penurunan pada basal metabolisme. Kalau basal rendah, turun dengan drastis. Namun ketika tidak menerapkan hal serupa, risiko untuk naik akan cepat,” kata Ahli Gizi Rita Ramayulis.

Selain itu, jangan lupa saat berpuka puasa, Anda juga harus menghindari makanan-makanan berminyak dan terlalu manis supaya rencana diet Anda selama puasa tetap berjalan lancar. Gorengan dan kue manis, misalnya, memang lezat disantap saat berbuka puasa. Tapi, jika Anda ingin melancarkan diet Anda saat puasa, ganti makanan manis tersebut dengan kurma, buah atau jus buah. Bila Anda ingin menggunakan pemanis, maka campurkan dengan pemanis alami, misalnya madu.

Hal penting lainnya adalah mengontrol konsumsi makan Anda agar berat badan tak cenderung naik di masa Ramadan ini. Makanlah secukupnya, jangan terlalu kenyang. Jarak dari jam makan sahur dan berbuka puasa memang cukup panjang. Tak heran beberapa orang ingin makan lebih banyak saat berbuka puasa.

Tak sedikit pula yang makan dengan lahap saat berbuka puasa. Padahal, mengunyah makanan dengan baik sampai halus sangat baik untuk proses pencernaan. Makanan yang dikunyah dengan baik akan lebih mudah dicerna dan diserap nutrisinya. Jadi, hindari mengonsumsi makanan banyak sekaligus dan langsung menelannya karena akan sulit dicerna sehingga menimbulkan penimbunan dalam perut. Apabila Anda bisa mengontrolnya dan melakukan dengan bersungguh-sungguh, pasti penurunan berat badan akan berhasil.

Selain berat badan akan lebih cepat naik, Anda yang melewatkan sahur juga akan kehilangan konsentrasi sehingga tidak bisa fokus. Tidak hanya menjaga tubuh agar tetap fit selama puasa, sahur tentunya juga sangat membantu mereka yang menderita sakit maag.

Bagi Anda yang merasa punya sakit maag, namun tetap ingin melakukan ibadah puasa, maka jangan pernah melewatkan sahur. Memang tidak dapat dipastikan bahwa sakit akan sembuh karena makan sahur, tetapi sahur untuk orang sakit maag lebih penting untuk menjaga kondisi selama seharian tidak makan dan minum.

Selain itu, cobalah untuk tetap aktif sepanjang hari saat berpuasa. Olahraga sangat dibutuhkan di bulan puasa ini untuk menjaga kesehatan Anda. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan antara lain berjalan, sit up, squat dan lainnya. Olahraga memegang peran penting dalam menurunkan berat badan Anda. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY