Pameran Industri Kesehatan Terbesar di Indonesia Indo Medicare Expo 2016

Infotorial – Sebagai negara berpopulasi terpadat keempat di dunia, dan semakin tinggi kesadaran kesehatan masyarakat, Indonesia dianggap sebagai salah satu pasar terbesar untuk layanan kesehatan.

Pada tahun 2010, pangsa pasar produk alat kesehatan Indonesia adalah 357 juta dolar dengan tingkat pertumbuhan 17,8 %.  Pada  analisis produk lebih lanjut, produk pencitraan diagnostik memiliki pangsa pasar terbesar (35,0%). Produk bahan medis habis pakai mencapai 23,8% diikuti oleh peralatan bantu 5,7%, produk dental 2,2% dan implan ortopedik  2,2%. Sedangkan jenis lain produk alat kesehatan menyumbang 31,2% dari pangsa pasar.

Produk pencitraan diagnostik dan implan ortopedi adalah produk yang paling cepat berkembang di pasar alat kesehatan. Produk-produk tersebut diperkirakan tumbuh dari  ukuran pasar sekarang  sebesar 137 hingga  800 juta dolar dolar pada tahun 2010 dan 334 hingga 1,800 juta dolar pada tahun 2015 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan mencapai 19,6% dan 18,0%.

Indonesia hanya dapat memproduksi alat kesehatan seperti sarung tangan bedah, perban dan produk ortopedik. Impor alat kesehatan terbesar adalah produk habis pakai, khususnya jarum suntik dan kateter dengan proporsi 20%. implan ortopedi memiliki pertumbuhan terkuat, diikuti oleh produk pencitraan diagnostik di mana mesin X-ray memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi .

Melihat besarnya pasar alat kesehatan di Indonesia dan masih minimnya produksi alat kesehatan dalam negeri, para produsen alat kesehatan luar negeri perlu untuk memperkenalkan produk unggulan mereka dan membuka pangsa pasar di Indonesia. Promosi berupa pameran alat kesehatan menjadi pilihan yang tepat.

Yenni Fransisca sebagai Assistant Public Relations Krista Exhibitions PT Kristamedia Pratama mengatakan,” Indomedicare Expo 2016 merupakan pameran berskala internasional untuk bidang kesehatan dan farmasi yang  bertujuan untuk mempromosikan investasi asing di industri kesehatan di Indonesia dan memediasi kemitraan produsen alalt kesehatan dan farmasi asing dengan perusahaan lokal untuk mempercepat pertumbuhan produksi dan distribusi peralatan ksehatan dengan memaksimalkan konten lokal.”

Kegiatan Indomedicare Expo 2016 dilaksanakan di Hall D1 – JIExpo – Kemayoran, Jakarta pada tanggal 23- 25 November 2016 dengan menampilkan pameran :

  • Peralatan kesehatan dan rumah sakit.
  • Produk farmasi baik generik maupun paten
  • Obat herbal
  • Peralatan dental
  • Produk barang habis pakai kesehatan
  • Peralatan Rehabilitasi
  • Bahan material peralatan kesehatan
  • Bahan untuk Perlengkapan Medis
  • Peralatan terkait rumah sakit
  • Prealatan terkait olah raga dan kebugaran

Pada tahun 2015, Indomedicare Expo 2016 diikuti oleh  112 peserta pameran, 31 peserta pameran asing, dan 81 peserta lokal. Dengan total pengunjung 5.126, 522 pengunjung asing dan 5.104 pengunjung lokal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY